Museum Negeri Aceh – Aceh dikenal sebagai destinasi wisata yang unik, mulai dari budaya, kuliner, alam hingga wisata yang ramah untuk keluarga. Banyak sekali tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi, apalagi kalau perginya bareng teman-teman atau keluarga, liburan ke Aceh akan semakin sempurna.

Tapi tahukah kamu, rasanya tidak akan lengkap menikmati semua keindahan itu tanpa mengenal sejarah Aceh. Museum Negeri Aceh adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila kamu ke Aceh, kenapa?

Berbeda dengan Museum Tsunami Aceh, Museum Negeri Aceh akan memperkenalkan kamu dengan sejarah Aceh jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

Nah… bagi kamu yang belum pernah ke Aceh dan penasaran dengan isi Museum Negeri Aceh, saya akan memberikan sedikit gambaran tentang objek-objek apa saja yang ditampilkan pada museum ini.

Foto-foto dibawah ini beresolusi tinggi 3000 X 1700 HD. Jadi, kamu bisa menikmati foto objek-objek di Museum Negeri Aceh secara detail. Untuk membuka foto lebih besar, klik kiri pada gambar, setelah pop up kelaur klik “view image atau open image in new tab”.

Suasana perkarangan Museum Negeri Aceh

Gedung Pameran Tetap

Gedung ini adalah yang utama di Museum Negeri Aceh karena mejadi tempat koleksi objek sejarah. Gedung ini memilik 4 lantai dengan anak tangga sekitar 8-10 (tidak terlalu tinggi). Setiap lantainya memiliki tema yang berbeda-beda yang dapat dilihat pada peta informasi.

Rumoh Aceh

Bagaimana cara agar bisa sampai ke Museum Negeri Aceh?

Museum Negeri Aceh merupakan destinasi wisata sejarah yang populer dikalangan wisatawan. Oleh karena itu, museum ini sangar mudah didapatkan informasinya di internet, termasuk lokasinya.

Museum Negeri Aceh terletak di pusat Kota Banda Aceh yang berdekatan dengan rumah dinas Gubernur Aceh. Kalau tidak mau repot-repot tanya warga sektiar, kamu bisa dengan mudah menggunakan Google Maps dan ketik “Museum Negeri Aceh” agar ditunjukkan jalannya.

Untuk bisa masuk ke Museum Negeri Aceh dikenakan biaya tiket dengan rincian:

  • Anak-anak: Rp 2.000
  • Grup Anak-anak: Rp 1.000
  • Dewasa: Rp 3.000
  • Grup Dewasa: Rp 2.000
  • Orang Asing: Rp 5.000

Tiket masuk termasuk untuk Rumoh Aceh dan Gedung Pameran Tetap.

Jam kunjungan Museum Negeri Aceh:

  • Buka: Selasa -Minggu
  • Pagi: 08:30 WIB – 12:00 WIB
  • Siang: 14:00 WIB – 16:15 WIB

Informasi lebih lengkap bila dilihat di Situs Resmi Museum Negeri Aceh

Foto-foto yang saya ambil hanya highlight saja. Untuk objek-objek sejarah lainnya dapat kamu lihat sendiri dengan berkunjung ke Aceh. Jadi, pastikan Aceh masuk dalah daftar destinasi liburan kamu selanjutkanya ya.

Disclaimer: Foto-foto diatas saya ambil dengan kamera smartphone dengan izin petugas Museum. Mohon jangan asal ambil foto-foto diartikel ini. Bila kamu menyukai foto diartikel ini dan ingin menggunakannya, harap meminta izin dulu.

 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.