Buat kamu yang web developer mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Analytics, bukan?. Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Buat kamu yang baru pertama kali mendengar tentang Google Analytics, pasti bertanya-tanya “produk apa ini?” “apa gunanya?” dan “bagaimana cara menggunakannya?”. Dari banyaknya produk Google, tidak semuanya digunakan oleh end-costumer, ada beberapa produk yang hanya digunakan oleh web developer, salah satunya Google Analytics ini.

Nahhh… salah satu penggunaka wajibnya adalah blogger atau web developer karena ini sangat penting digunakan dalam sebuah blog dan website.

Oleh karena itu, pada artikle kali ini saya akan membahas sangat dalam tentang Google Analytics membuat kamu yang sebelumnya seorang beginner menjadi seorang yang expert di Google Analytics. Jadi, buat yang baru mau belajar ini saat yang tepat karene saya akan membahas dengan menggunakan poin sehingga kamu mudah memahaminya.

Berikut ini adalah tips dan trik menggunakan Google Analytics:

1. Apa itu Google Analytics, pengertian fungsi dan cara kerjanya

Seperti yang sudah saya ungkapkan di awal tadi Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Bila situs/blog kamu sudah terdaftar di Google Webmaster, maka Google Analytics adalah tempat dimana kita bisa memonitori apapun yang terjadi di blog kita, seperti mengetahui jumlah pengunjung baik dalam jumlah harian atau bulanan, data demografis usia serta jensi kelamin pengunjung hingga lokasi pengunjung. Pokoknya banyak deh, semua bisa dilihat di Google Analytics.

Google Analytics
Tampilan awal Google Analytics setelah login

Cara menggunakannya pun juga sebenarnya gampang-gampang susah. Tampilannya juga sangat simple dan mudah dipahami dalam bentuk umum, karena dihalaman awal saja kita sudah dapat melihat fitur-fitur seperti jumlah kunjungan, lokasi pengunjung hingga perangkat apa yang digunakan pengunjung.

Bagian yang sulitnya nanti ada saat kita mencoba memahami Google Analytics lebih dalam, karena setelah saya lihat-lihat lagi, menunya lumanyan komples sehingga membuat para blogger pemula mungkin akan sedikit kesulitan untuk memahami seluhu fitur Google Analytics tanpa bantuan.

Tapi jangan risau, di artikle ini kita akan sama-sama belajar cara menggunakan Google Analytics secara optimal yang mengubah kamu dari pengguna pemula hingga expert.

2. Cara Mendaftarkan Blog/Website di Google Analytics

Untuk mulai menghubungkan blog ke Google Analytics adalah dengan mendaftarkannya melalui akun Gmail.

  • Langkah pertama, kunjungi laman Analytics di https://analytics.google.com/analytics/. Google AnalyticsKlik pada tombol “Pendaftaran” bagi kamu yang baru pertama kali menghubungkan email ke GA.
  • Langkah kedua, isi detail akun dengan mengisi form. Harap diperhatikan untuk memilih antara HTTP dan HTTPS, bila situs kamu menggunakan HTTPS, maka wajib pilih yang HTTPS.Pilih juga katogri fokus blog kamu serta zona waktunya (pastinya zona Indonesia). Kalau sudah lengkap, klik “Dapatkan ID Pelacak”. Nanti akan muncul S&K untuk dibaca, kalau sudah memahami S&K, klik “Setuju”.
  • Selanjutnya setelah pendaftaran selesai, kini saatnya menghubungkan blog/situs kamu ke akun Google Analytics dengan menambahkan kode ID Pelacak sepeti dibawah ini. Cara memasang ID pelacak ada 2 cara, pertama secara manual dengan menyalin script situs seperti blok biru dibawah ini.Google Analytics Kemudian salin ke Tampilan>Editor>header.php (diatas </head>)Google Analyticsatau dapat juga menggunakan cara yang lebih gampang dengan menggunakan plugin (khusus WordPress). Yang kamu lakukan cukup menginstall plugin “MonsterInsights” (dapat dicari dengan keyword Google Analytics). Google AnalyticsGoogle AnalyticsKamu bila mulai menyambungkan plugin MonsterInsights dengan Google Analytics dengan memberikan izin akses, klik “Auth with your Google account”. Google AnalyticsSaat akun sudah teringrasi setelah memasukkan kode khusus, kamu tinggal pilih profil yang sesuai dengan blog/website yang sudah didaftarkan tadi.
  • Dan akhirnya….. blog kamu kini sudah secara resmi terhubung dengan akun Google Analytics. Google Analytics
  • Coba buka blog/situs yang sudah kamu daftarkan tadi, lalu pastikan untuk me-refresh kembali halaman Google Analytics. Bila sudah terlihat 1 orang online langsung itu artinya blog kamu sudah terhubung.

Bagaimana, mudah bukan cara mendaftarkan blog ke Google Analytics? Itu baru permulaannya saja, selanjutnya kamu akan mempelajadi lebih dalam bagaimana cara menggunakan Google Analytics untuk keperluan data statistik blog kamu.

Bersambung… (ditunggu updatenya besok ya)

3. Cara menambah admin di Google Analytics

4. Cara membaca real-time visitor di Google Analytics

5. Belajar langsung Google Analytics bersama Google

6. Cara memahami laporan di Google Analytics

7. Set target pengunjung blog

8. Cara Menghubungkan Google Adsense dengan Google Analytics

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.