Bagaimana jadinya jika kita dan pasangan punya hobi sama, yaitu belanja online?
Yang satu hobi belanja di luar negeri dan selalu anxiety pantengin posisi paket. Yang satunya belanja sampai membeludak keranjang belanja, tapi gak sabaran selalu tanya paket udah sampai mana?
Menang tidak bisa dipungkiri lagi, jika belanja online didominasi oleh para Milenial dan Gen Z. Termasuk saya dan istri yang saat ini berada di usia produktif belanja online.
Hal ini bisa kita lihat dari survei di bawah ini, yang menunjukkan proporsi belanja online berdasarkan kelompok umur.
Pengetahuan akan internet menjadi nilai lebih milenial dan Gen Z, sehingga kita bisa dengan mudah melakukan transaksi online.
Ditambah lagi pada usia tersebut rata-rata kita sudah punya penghasilan sendiri, sehingga dapat melakukan pembelian mandiri tanpa bantuan finansial dari orang lain.
Tapi yang perlu diingat, belanja online juga harus bijak ya!
Tolong biasakan belanja sesuai kebutuhan, bukan hanya memenuhi keinginan saja.
Yaa… kalau sekedar mau kasih reward ke diri sendiri boleh-boleh aja, asal jangan kebablasan aja.
Jangan lupa juga untuk atur keuangan bulanan kamu. Pastikan sudah melakukan alokasi gaji untuk kebutuhan, bayar hutang dan untuk investasi. Baru deh disisihkan untuk kebutuhan gaya hidup, termasuk belanja online.
“Belanja online tidak semata-mata untuk memuaskan hasrat keinginan saja, tetapi juga bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”
Kabar baiknya, hasil survei yang dilakukan oleh Populix yang bertajuk Indonesia Shopper Behavior on Promotion Week in the Face of Economic Uncertainty 2023 menunjukkan, bahwa motivasi terbesar konsumen Indonesia dalam belanja online adalah kebutuhan.
Ya, sudah sepantasnya belanja online tidak hanya atas dasar suka dimata saja, tapi juga harus sesuai dengan kebutuhan juga.
Karena produk kebutuhan sehari-hari pun sekarang bisa dibeli secara onlie. Bahkan sayuran saja sudah bisa dibeli online
Dengan lengkapnya semua kebutuhan ada di marketplace saya dan istri, sering belanja untuk kebutuhan sehar-hari melalui online.
Saat Raja & Ratu belanja online bersatu
Sejak menikah pada tahun 2021 silam, saya telah pindah dari kota ke kabupaten untuk mengikuti istri yang bekerja di sana.
Saat ini kami berdomisili diujung Indonesia dan bertempat jauh dari perkotaan, sehingga banyak produk kebutuhan yang tidak dapat terpenuhi.
Belanja online sudah menjadi kegiatan rutin bagi saya dan istri untuk dapat kebutuhan sehari-hari.
Mulai dari kebutuhan obat-obatan, fashion hingga beli produk elektronik hampir semuanya dilakukan secara online.
Jadi sudah menjadi hal yang lumrah jika tempat tinggal kami selalu didatangi oleh kurir ekspedisi, sampai kenal dengan abang-abang kurirnya.
Sebelum menikah, saya dan istri memang hobi belanja online.
Jika dulu belanja hanya untuk kebutuhan pribadi, kini kami belanja untuk kebutuhan bersama.
Si Raja yang hobi belanja online diluar negeri
Sama seperti orang pada umumnya, saya kalau belanja online lebih mementingkan pricetag.
Nemu barang yang dicari murah, simulasi ongkir juga murah… Langsung bungkus aja.
E-commerce favorit saya adalah Tokopedia dan AliExpress.
Pembelian terbesar saya selama belanja online adalah beli laptop Lenovo Yoga Slim 7.
Laptop kebanggaan yang bikin kerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
Tapi di sisi lain, saya juga hobi belanja di luar negeri melalui AliExpress. Alasan saya belanja di luar negeri adalah karena produk yang ditawarkan lebih banyak, gak dijual di Indonesia, harganya juga lebih murah.
Yaaa… walaupun nunggu lama hingga 3 minggu dan harus melewati pemeriksaan cukai dan bayar pajak lebih. Saya puas dengan pengalaman belanjanya.
Kebiasaan belanja online ini membuat rekan kantor saya menjuluki “Si Paling Belanja Online”.
Tentu bukan tanpa alasan. Soalnya paket saya sering banget kirimnya ke kantor agar mudah di ambil. Karena di rumah biasa gak ada orang.
Si Ratu yang paling gak sabaran paketnya sampai
Beda dengan saya, istri lebih senang belanja di Shopee, tempat favoritnya ciwi-ciwi (you know why).
Ya, Shopee terkenal dengan gratis ongkirnya yang bikin kaum hawa gatal tangan untuk selalu belanja online.
Produk yang dijual juga bervariasi, harga bersaing dan uniknya ada Shopping Live yang bikin pengalaman belanja lebih mengasyikkan.
Saya iseng cek aplikasi oren punya istri, dan kaget lihat isi keranjangnya. Banyak banget produk yang mau di check out dan lagi antri pengiriman.
Biasanya nih, kalau udah masuk antrian pengiriman tugas saya adalah ngecek posisi paketnya, agar memastikan sampai dengan selamat.
Berikut ini 6 alasan kenapa saya dan istri sering belanja online untuk kebutuhan sehari-hari.
Belanja online dibanyak tempat, jadi bingung cek paketnya!
Yang menjadi tantang dalam belanja online adalah semakin banyak belanja, semakin repot untuk melacak paketnya.
Tentu kita gak mungkin belanja dari 1 toko aja, ada banyak toko di berbagai macam e-commerce.
Belum lagi jumlah ekspedisi ada banyak, tidak mungkin harus cek satu persatu dari satu website ekspedisi, ke website ekspedisi lainnya, buang-buang waktu banget.
Sebagai online shopper tentu kamu tahu dong, betapa pentingnya cek posisi paket saat ini. Apakah sudah dikirimkan, atau malah nyasar ke alamat yang salah.
“Jadilah smart shopper yang selalu cek keberadaan paket agar sampai di tujuan dengan selamat”
Untung sekarang ada situs yang bisa cek posisi paket belanja online kita dengan mudah. Satu situs untuk cek semua resi ekspedisi pengiriman.
Situs andalan saya untuk cek paket belanja online adalah Cekresi.com
Mau belanja di mana aja, toko oren, toko ijo, toko biru… ekspedisi JNE, TIKI, POS Indonesia, semua bisa dicek hanya dalam satu website.
Cekresi.com, situs cek resi no #1 di Indonesia
Bagi orang-orang yang sering belanja online mungkin tidak asing lagi dengan situs yang satu ini.
Soalnya kalau nulis di Google dengan kata kunci “Cek Resi” maka yang keluar pertama adalah situs Cekresi.com.
Buat kamu yang belum tau, Cekresi.com adalah situs yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengecek status setiap resi. Cukup masukkan nomor resi, kamu bisa langsung mengetahui posisi paket setelah menentukan pilihan kurir yang digunakan.
“Dengan Cekresi.com kita bisa dengan mudah lacak paket dari semua ekspedisi dalam satu tempat”
Situs ini cocok banget untuk kamu yang suka belanja online di banyak e-commerce dengan jasa ekspedisi yang berbeda-beda.
Karena Cekresi.com mendukung hingga lebih dari 60 ekspedisi pengiriman, baik perusahaan nasional maupun perusahaan ekspedisi internasional.
Dengan begini, kamu gak perlu repot-repot untuk pergi dari satu situs ke situs lainnya untuk sekedar cari tau di mana posisi paketmu saat ini.
Yang paling menarik, kamu juga bisa cek resi kiriman luar negeri. Ini cocok banget untuk saya yang sering belanja di AliExpress.
Berikut ini adalah contoh hasil cek resi pengiriman luar negeri yang saya lakukan di situs Cekresi.com
Jika kamu ingin melacak paket kamu, bisa lihat gambar di bawah ini cara masukkan nomor resi ke situs Cekresi.com.
Cekresi.com tidak hanya menyediakan layanan cek paket saja. Namun, juga terdapat fitur menarik lainnya, seperti TanyaPaket, Cek ongkir hingga artikel informatif yang bermanfaat untuk online shopper pemula.
Dengan semua fitur yang berada di Cekresi.com belanja online bisa lebih mudah tanpa harus gelisah menunggu pengiriman paket.
Kenapa harus gunakan Cekresi.com untuk cek resi belanja online?
Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus pakai situs Cekresi.com?
Ini beberapa alasan yang perlu kamu ketahui.
1. Satu platform untuk cek resi semua jasa ekspedisi
Seperti yang sudah saya utarakan di atas, Cekresi.com punya banyak opsi pengecekan paket yang kita kirimkan melalui ekspedisi.
Terdapat lebih dari 60 jasa ekspedisi yang tersedia di Cekresi.com, yaitu: JNE Express, J&T Express, SiCepat, Ninja Xpress, Anteraja, Shopee Express, ID Express, Lion Parcel, Pos Indonesia, Lazada Express, Wahana, Indah Logistik Cargo, TIKI, SAP Express, Kerry Express, Paxel, REX, NCS, Pandu Logistics, Pahala Express, GTL, Rosalia Express, First Logistics, RPX, Dakota Cargo, PCP Express, MGS Express, NEX, ASP Express, ESL Express, aCommerce, Star Cargo, RCL, Standard Express, LWE, JX Express, City Link Express, IJX Logistics, Quantium Solutions, NSS Express, 21Express, KLC Cargo Express, Janio, J Express, KGP Kerta Gaya Pusaka, KGXpress, Sentral Cargo, XSYS Cargo Express Network, Indopaket, QRIM Express, Baraka Express, Karyati.
Dengan begini, kamu gak perlu lagi pergi ke setiap situs untuk cek beberapa paket kamu yang sedang dikirimkan.
2. Tampilan simpel dan mudah digunakan
Yang paling saya suka dari Cekresi.com adalah tampilan yang simple dan mudah dipahami.
Siapa pun yang mencoba situs ini, pasti akan sangat mudah digunakan, termasuk orang awam sekalipun.
3. Bisa cek ongkir dari berbagai jasa ekspedisi
Fitur terbaru dari Cekresi.com ini sangat membantu kamu yang sedang melakukan simulasi harga ongkir pengiriman paket.
Kamu bisa cek ongkir dari satu tempat ke tempat lainnya dengan berat 1Kg dari semua ekspedisi pengiriman yang tersedia.
Atau…. Kamu juga bisa simulai ongkir dengan menentukan volume atau ukuran paket yang ingin dikirimkan.
4. TanyaPaket langsung ke admin Cekresi.com
Jika punya keluh kesah atas paket kiriman kamu, bisa tanya aja langsung ke admin.
Cekresi.com punya forum unik yang memberikan informasi seputar paket yang sedang ingin kamu lacak.
Fitur ini memungkinkan kamu memasukkan kode resi, gambar dan tulisan yang ingin disampaikan ke admin Cekresi.com.
5. Dapat informasi menarik dan inovatif hanya di Cekresi+
Baru dengan dunia kirim-kirim barang? Gak masalah, kamu bisa temukan artikel edukasi di Cekresi+.
Terdapat lebih dari 750+ artikel terkait pengiriman paket yang harus diketahui oleh pemula.
6. Bagikan status paket ke sosial media
Kamu juga bisa bagikan history paket kamu ke sosial media agar mudah dilacak.
Bagaimana, menarik kan situs Cekresi.com?
Jika kamu punya hobi belanja online dan sering menerima paket lainnya, maka situs ini wajib banget kamu bookmark di browser kamu.
Bebas belanja online di mana aja dengan jasa pengiriman apa aja, karena cek resinya bisa di Cekresi.com
Akhir kata, saya ingin mengucapkan selamat hari jadi ke-10 untuk Cekresi.com. Semoga bisa terus online sepanjang masa dan membantu banyak orang untuk dapat melacak paket mereka.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.