PANDUAN PEMULA UNTUK INVESTASI

/

Keuangan #JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar

Kamu bisa dapatkan pinjaman dari Kredit Pintar hingga 10 juta dengan cicilan 12 bulan, tergantung credit scoring masing-masing nasabah tentunya.

Siapa tau mau baca

Ingin Nambah Teman Dan Ilmu Saham? Yuk Gabung Ke Komunitas-Komunitas Saham Ini

Untuk dapat memahami investasi saham secara detail dan luas, maka diperlukan yang namanya mentorship baik dengan cara berkumpul dengan teman-temana sesama investor ataupun bergabung...

Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang? (Update 22/2/20)

Marketplace Reksa Dana - Saat ini dunia investasi terus berkembang dari segi teknologi, terutama di instrumen reksa dana. Sudah banyak perusahaan berbentuk...

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar

Kamu bisa dapatkan pinjaman dari Kredit Pintar hingga 10 juta dengan cicilan 12 bulan, tergantung credit scoring masing-masing nasabah tentunya.

Pernah gak bermimpi bisa hidup kaya dan bebas finansial? Dalam arti, kamu gak perlu lagi capek lagi bekerja keras dan hanya perlu menikmati uang yang kamu miliki sampai hari tua nanti.

Eemmm… Saya rasa bukan kamu aja yang pengen bisa menikmati hidup yang layak, tanpa perlu memikirkan lagi, bagaimana kondisi keuangan di masa yang akan datang. Semua orang pasti ingin seperti itu.

- Iklan -

Tapi….. dalam pengaplikasiannya, menjadi orang sukses dan kaya butuh proses, tidaklah mudah.

Keluar dari zona nyaman dan melalukan sesuatu lebih daripada orang lain merupakan kunci menuju menjadi orang sukses dan kaya yang bebas finansial.

Apalagi, kini sudah banyak pinjaman online produktif atau biasa dikenal dengan utang produktif yang bisa kamu gunakan sebagai modal awal usaha atau untuk sebagai modal mengembangkan bisnis yang sudah kamu milik ke level yang lebih tinggi.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk menunda apalagi sampai mengabaikan potensi yang kamu miliki sebagai calon pengusaha sukses.

#JadiBerani buka usaha adalah mindset awal yang harus ditanamkan pada diri kamu.

Asal tahu saja, menjadi pengusaha bukan hanya baik untuk kamu saja, tapi juga dapat membuka lapangan perkerjaan untuk orang lain.

Bayangkan, bagaimana berpengaruhnya kamu dalam dampak sosial di lingkungan kamu.

Oleh karena itu, untuk memuluskan niat kamu untuk jadi pengusaha dengan membuka bisnis sendiri, saya mau berbagi tips dan trik bagaimana cara mendapatkan ide bisnis yang cocok untuk kamu dan juga cara mendapatkan pinjaman online untuk modal usaha.

Yuk, lanjut baca terus!

3 Ide bisnis modal kecil dibawah 2 juta

Kamu yang belum terbiasa dengan dunia wirausaha tentu bakalan bingung, bisnis apa enaknya di buat dan bisa menghasilkan banyak uang.

Untuk itu, saya punya beberapa ida bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah dengan modal minim.

Bisnis makanan ringan

Disukain berbagai kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa, makanan ringan termasuk bisnis yang menguntungkan dan dapat dimulai dengan modal minim.

Saya sendiri sudah coba membuat bisnis makanan ringan ini saat project kuliah dulu, yaitu bisnis singkong goreng dengan berbagai macam rasa. Saya lupa keuntungannya totalnya berapa, tapi saat itu setelah projectnya selesai, saya dapat 600 ribuan.

Bisnis katering

Bisnis kuliner yang satu ini juga popular loh. Dengan semakin banyaknya orang yang mager masak, kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk mendulang rupiah. Kalau kamu tidak talenta dalam memasak, kamu bisa ajak teman yang jago masak untuk bekerja sama.

Apalagi kini sudah ada ojek online yang bisa menjadi sarana kamu memasarkan produk.

Bisnis minuman rasa-rasa

Siapa yang gak tau thai tea atau kopi kenangan yang sedang tren beberapa tahun terakhir. Bisnis minuman yang disajikan dalam cup tersebut juga dapat memberikan untung yang besar loh.

Kamu bahkan bisa dapatkan bahan dengan mudah di toko online. Karena setelah saya pantau, ternyata tidak sedikit toko online yang menjual bubuk thai tea berbagai rasa yang dengan mudah kamu racik sendiri dengan tambahan boba atau cincau. Bahan-bahan tersebut tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

————————————

Selain 3 jenis bisnis tersebut, sebenarnya masih banyak ide bisnis lain yang bermodal murah, hanya saja akan sangat panjang jika dijabarkan. Ketiga bisnis diatas menurut saya lebih mudah dijalankan daripada bisnis lainnya.

Walau pun dibilang butuh modal kecil saja dibawah 2 juta, tentu uang segitu tidaknya sedikit untuk didapatkan.

Oleh karena itu, untuk memulai semua itu kamu harus bisa mendapatkan utang produktif.

Utang produktif adalah pinjaman yang digunakan untuk kepentingan bisnis atau usaha yang dapat memberikan pendapatan untuk kamu.

Berbeda jauh dengan utang konsumtif yang hanya digunakan untuk kesenangan sementara, utang produktif dapat kamu tempatkan pada ide-ide bisnis seperti yang diatas.

Mendapatkan utang produktif juga tidak sulit loh, karena ini semua serba mudah dan serba instan. Modal usaha bisa cair dalam hitungan beberapa hari saja.

Begini cara dapat utang produktif dengan mudah

Berbeda dengan investasi yang bisa dimulai dengan modal 100 ribu saja, untuk mulai bisnis sendiri tentu membutuhkan lebih banyak uang.

Untuk menggunakan uang dari kantong pribadi tentu tidaklah mudah. Karena saya pernah dengar sebuah pernyataan, bahwa membuat bisnis sendiri itu sebaiknya memakai pinjaman modal.

Pinjaman ini bertujuan untuk membuat kita lebih semangat berbisnis dan juga menjadi lebih terpacu. Karena kalau pakai modal sendiri, ada rasa malas dan tidak terlalu tertekan untuk mengembangkan bisnis.

Pernyataan itu menurut saya ada benarnya juga. Kalau pakai uang pribadi untuk bangun bisnis, jika mengalami kendala dan bangkrut, kita merasa biasa saja.

Untung saja di era yang sudah maju saat ini, mendapatkan pinjaman tidaklah sulit karena sudah banyak plaform pinjaman online atau biasa dikenal pinjol.

Per Januari 2020, jumlah penyaluaran pinjaman sudah mencapai 88.374,06 miliar. Jumlah ini meningkat 239,85% dari Januari 2019.

Tingginya angka pinjaman ini membuktikan bahwa pinjaman tersebut sangat efektif untuk dimanfaat baik untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif.

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar 3

Kemudahan dalam proses pinjaman online juga menjadi alasan kenapa orang lebih memilih melakukan pinjaman secara online dibanding pinjaman KTA ke bank.

Ada beberapa alasan kenapa pinjaman online lebih unggul dari pinjaman KTA bank:

  1. Kemudahan pendaftaran

Proses pendaftaran untuk mengajukan pinjaman lebih mudah dan cepat dengan aplikasi di smartphone di pinjaman online, berbeda dengan bank yang memerlukan lebih banyak waktu untuk ke bank dan melengkapi dokumen fisik.

2. Waktu pencairan dana

Pinjaman online umumnya membutuhkan waktu yang cepat untuk proses pencarian dana dalam hitungan hari, paling lama biasa 3 hari. Ini sangat berbeda dengan bank yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pencairan dana.

3. Kredit scoring

Bank pada umumnya akan mengecek score kredit si peminjam dana pada data BI dan ini memakan waktu bagi petugas bank untuk melakukan pengecekan. Berbeda dengan Fintech yang menggunakan scoring kredit khusus sesuai regulasi masing-masing perusahaan pinjaman online.

Dengan begini kita sudah dapat membandingkan bahwa untuk melakukan pinjaman lebih mudah dilakukan di perusahaan pinjaman online.

Kalau ditelusuri lebih dalam, berdasarkan data OJK Januari 2020, kini sudah ada 164 perusahaan fintech di Indonesia. Itu artinya kamu punya kesempatan besar untuk meminjam diantara 164 perusahan tersebut.

Tapi, kalau mau lebih teliti lagi, hanya 25 fintech yang sudah berizin.

Apakah perbedaan Penyelenggara Fintech Lending terdaftar dengan berizin?

Keduanya dapat menjalankan kegiatan operasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penyelenggara terdaftar dapat menjalankan kegiatan operasional hingga 1 (satu) tahun setelah mendapat tanda terdaftar dan selanjutnya wajib mengajukan permohonan perizinan, apabila tidak mengajukan permohonan perizinan maka Penyelenggara terdaftar harus mengembalikan tanda terdaftarnya kepada OJK. Sementara Penyelenggara berizin tidak memiliki masa kadaluwarsa atas tanda berizin yang dimilikinya.

Untuk menjamin perusahan tempat kamu pinjam modal bisnis, ada baiknya memilik yang sudah berizin dari OJK, yang artinya perushaan tersebut sudah steady sebagai perusahan pinjaman online di Indonesia.

Untuk itu kamu bisa memilih Kredit Pintar yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK sebagai partner bisnis kamu untuk mewujudkan keinginan menjadi kaya dan bebas finansial dimasa yang akan datang.

#JadiBerani buka usaha bersama Kredit Pintar

Dengan layanan pinjaman online yang disediakan, Kredit Pintar kini turut mendukung penuh usaha yang kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang pembisnis sukses melalui kampanye #JadiBerani Terus Lakukan Lebih.

Kini kamu tidak perlu lagi takut dan ragu untuk melebarkan sayap bisnis, karena Kredit Pintar siap menjadi partner kamu dalam urusan kebutuhan modal kerja baru.

Persyaratan untuk melakukan pinjaman di Kredit Pintar juga mudah, karena hanya membutuhkan beberapa syarat, seperti umur mulai dari 18 tahun dan memiliki KTP.

Mudah kan, syaratnya?

Kredit Pintar
Tampilan awal situs Kredit Pintar

Modal yang dapat kamu pinjam juga sesuai banget dengan ide bisnis diatas tadi loh. Bahkan, kamu bisa dapatkan pinjaman dari Kredit Pintar hingga 10 juta dengan cicilan 12 bulan tergantung credit scoring masing-masing nasabah tentunya.

12 bulan adalah waktu yang ideal bagi kamu untuk mengembangkan bisnis pertama dan menutupi cicilan pinjaman yang ada dari keberhasilan bisnis yang kamu jalankan.

Kalau bingung cara pengajuan pinjaman di Kredit Pintar, kamu bisa tonton video dibawah ini.

Oh ya, saya mau kasih tips sedikit tentang membangun sebuah bisnis buat pemula.

Sebelum kamu memulai bisnis, pastikan kamu punya co-founder dan tim yang punya satu visi misi dengan kamu, ini bertujuan agar kalian bisa saling support satu sama lain, jangan mulai sendirian.

Siapkan juga business plan yang simple tapi isinya bagus.

Mulai dengan membuat logo dan profil bisnis. Lalu, kamu bisa siapkan marketing plan, yaitu 4 P’s dan SWOT analysisnya. Untuk membuat bisnis running well, kamu juga lengkapi dengan production plan untuk mengetahui perkakas apa yang kamu butuhkan dan alur produksi produknya. Terakhir, buat financial plan yang berkaitan dengan menghitung kebutuhan modal, cash flow, income statement dan ratio analysis.

Walaupun terkesan ribet, bisnis plan itu perlu untuk membuat bisnis kamu sukses.

Nah, itu lah beberapa tips saya buat yang pertama kali baru kenal dunia usaha.

Kesimpulan

Membangun bisnis kini bukan lagi sebuah impian belaka. Dengan kemudahan akses informasi di internet, kamu bisa mencari banyak ide bisnis yang bisa sesuaikan dengan passion kamu.

Modal bisnis yang dibutuhkan juga terjangkau untuk beberapa model bisnis seperti bisnis makanan dan minuman yang hanya butuh modal 2 juta kebawah saja.

Apalagi, dengan hadirkan Kredit Pintar yang turut menyukseskan bisnis yang kamu jalankan dengan pinjaman modal usaha hingga 10 juta dengan jangka waktu pelunasan 12 bulan.

Tapi, ingat ya! Lakukan pinjaman yang sesuai dengan kampuan kamu membayar. Jangan sampai bisnis buntung, hutang menggunung.

Yuk, #JadiBerani bangun bisnis impian kamu bersama Kredit Pintar!

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar 4
- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Mengenal P2P Lending, Landasan Hukum, Cara Investasi, Untung dan Ruginya

Peer to peer lending atau yang bisa dikenal P2P lending merupakan instrumen investasi yang populer ditengah gejolak padar modal. Saat ini, kesadaran...

Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin, Begini Caranya!

Pensiun merupakan salah satu proses yang akan dihadapi semua orang pekerja jika telah memasuki usia tua. Kesehatan yang menurun dan tidak produktif lagi adalah...

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar

CATAT: Ini merupakan artikel kerja sama irfan+ X Kredit Pintar. Namun, materi dan informasi yang ada dalam artikel ini merupakan murni...

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana?

Dengan 100 ribu bisa dapat apa? Untuk makan? Tentu!Tapi, bagaimana jika dengan modal 100 ribu rupiah...

Menuju Financial Freedom, Ini yang Saya Lakukan Dan 4 Tips Mewujudkannya

Financial Freedom - Setiap hari kerjanya jalan-jalan terus, siapa yang gak mau?Saya rasa kebanyakan kita ingin seperti itu....

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu