Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Lebih Dekat Dengan “Si Sawit”, Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia

Sawit cuma untuk minyak goreng? Jangan bercanda, manfaat sawit ternyata lebih dari sekedar minyak, ini buktinya!

“Bangun tidur, kuterus mandi...

Tidak lupa menggosok gigi…”

“Habis mandi kutolong Ibu, goreng nasi untuk dimakan…” (sebenarnya yang betul “membersihkan tempat tidurku…”) 🙂

Familiar dengan lagu diatas? Kalau iya, berarti masa kecil kamu penuh dengan kesenangan dalam bernyanyi. Saya modif sedikit karena memang pagi-pagi bantu Ibu di dapur untuk menyiapkan sarapan, maklum sudah besar, gak mungkin cuma membersihkan tempat tidur.

Lebih Dekat Dengan "Si Sawit", Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia 1

Ngomong-ngomong menyiapkan sarapan dengan nasi goreng, tahu gak sih kalau salah satu bahannya adalah minyak goreng berbahan sawit?

Ya, sawit adalah salah satu bahan wajib nasi goreng. Tapi saya yakin, Kamu pasti hanya berpikir bahwa kegunaan sawit untuk bahan minyak goreng saja, bukan?

Eeettsss, Kamu keliru!

Nyatanya, Si Sawit ini banyak sekali manfaatnya. Bahkan selama 24 jam dalam sehari kita selalu menggunakan dan melihat produk-produk berbahan dasar sawit.

Contohnya ada disekitar kita… Sebut saja seperti bahan untuk mandi, mulai dari odol, sabun, shampoo yang ada bahan sawit. Lalu juga ada pakaian, kertas, alat make-up, makanan, dan bahkan sawit juga disulap menjadi biodiesel sebagai bahan bakan kendaraan.

Banyak kan, kegunaan sawit dalam kehidupan sehari-hari kita?

Tentu Kamu bertanya-tanya, kenapa sawit bisa begitu banyak manfaatnya Bahkan sawit sendiri kini telah menjadi komoditas unggulan Indonesia yang berhasil memakmurkan rakyatnya.

Lebih Dekat Dengan "Si Sawit", Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia 2

Yuk, lebih dekat dengan Si Sawit

Kenapa harus sawit?

Sebelum kita melangkah jauh ke manfaat dan kontribusinya untuk perekonomian rakyat, saya mau bahas dulu bagaimana komoditas sawit begitu besar di Indonesia. Bahkan, Indonesia merupakan eksportir sawit nomor satu di Indonesia, lho!

Sawit secara konsisten masih menjadi menyumbang devisa nomor 1 di Indonesia. Menurut GAPKI, devisa ekspor Sawit US$ 21 Miliar pada 2018

“Dengan produksi yang mencapai 47 juta ton tahun lalu, di mana 32 juta ton diekspor, sawit menyumbang devisa devisa ekspor hingga USD21 miliar atau lebih dari Rp300 triliun, ini sangat besar,” – Togar Sitanggang , Wakil Ketua Umum Gapki

Berkat tingginya nilai ekspor sawit, menjadi berkah tersendiri dengan semakin banyaknya lahan tumbuhan sawit.

Luas lahan sawit pun juga tidak semua dikuasai oleh swasta saja, namun juga oleh rakyat sendiri. Lahan perkebunan sawit rakyat tumbuh paling kencang, yaitu lebih dari 94,02% sepanjang periode 1980-2019 atau rata-rata sebesar 2,41% per tahun.

Salah kaprah Kelapa Sawit

Namun sayangnya, keunggulan komonitas terbaik Indonesia ini sering diserang dengan black campaign yang merusak reputasi sawit di mata dunia. Dampak negatifnya tidak hanya menurunkan ekspor sawit, tapi juga mengancam lapangan pekerjaan petani sawit.

Coba deh, Kamu lihat gambar dibawah ini.

Lebih Dekat Dengan "Si Sawit", Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia 3

Dengan membekali ilmu untuk mengetahui mana yang salah dan benar pada sawit, dapat meningkatkan pengetahuan bahwa sawit tidak seburuk yang dipikirkan.

Apalagi, mengingat manfaat yang besar yang diberikan oleh sawit tidak sebanding dengan hal buruk yang dihasilkan.

Manfaat tumbuhan sawit

Berbanding terbalik dengan kampanye hitam selama ini, sawit justru memiliki kegunaan yang lebih banyak dibanding tumbuhan lainnya, lebih dari sekedar penghasil minyak nabati.

Ini kerena sawit dapat digunakan untuk keseharian manusia dalam bahan baku produksi produk yang dikonsumsi maupun produk yang dipakai.

manfaat sawit (1)
Lebih Dekat Dengan "Si Sawit", Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia 4

Yang tidak kalah penting dari penggunaan sawit yang kita lakukan, industri sawit menjadi sumber penghidupan bagi 21 juta orang dan sumber pendapatan bagi 5,3 juta pekerja.

Cek fakta lainnya tentang besarnya potensi sawit Indonesia dibawah ini.

Lebih Dekat Dengan "Si Sawit", Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia 5

Kini saatnya era kejayaan Sawit, demi kemakmuran rakyat & kekuatan baru Indonesia

Sawit merupakan kekuatan terbesar Indonesia di dunia komoditi. Disaat industri minyak kita sudah pudar, kini saatnya era kejayaan sawit dimulai.

Presiden RI dan Pertamina secara jujur sudah menyampaikan bahwa era minyak Indonesia telah usai.

Untungnya, Indonesia yang memiliki posisi pertama dalam komoditas sawit berhasil menciptakan trobosan dalam menjadikan sawit sebagai energi terbarukan menggantikan minyak fosil.

Lebih Dekat Dengan "Si Sawit", Tumbuhan Dengan 1001 Manfaat Untuk Aku, Kamu dan Seluruh Rakyat Indonesia 8

Jika minyak B20, B30 hingga yang terbaru B100 berhasil dikembangkan dengan baik dan menggantikan BBM yang ada saat ini, bukan tidak mungkin Indonesia menjadi produsen minyak dan menjadi kaya seperti Arab Saudi.

Sawit kembali membuktikan bahwa khasiatnya tidak hanya untuk minyak goreng atau bahan baku produk sehari-hari saja, tapi juga menjadi tulang punggung Indonesia dalam menghadapi inovasi terbarukan dalam hal energi.

Oleh karena itu, kita perlu mendorong agar komoditas utama Indonesia ini memiliki citra yang baik dimata dunia, sesuai dengan manfaat sawit yang begitu banyak.

Sumber:

2 KOMENTAR

  1. ternyata sawit bukan penyebab deforestasi utama ya,

    memang kalau diamati, tiap hari kita ga jauh-jauh sama hasil sawit. ada banyak kegunaan, selain itu penyumbang devisa terbesar di dunia

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu