Plugin Yang Wajib Di Install Pada WordPress, FREE Based (Update: 9/10/16)

WordPress merupakan sebuah platform blogging yang cukup populer di kalangan blooger di seluruh dunia. WordPress sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu WordPress.com yang berbasis FREE dengan domainanda.worpdress dan WordPress.org yang berbasis untuk self-hosting.

Terdapat lebih dari ratusan bahkan ribuan tema dan plugin yang mendukung WordPress untuk digunakan penggunanya. Namun, tahukah kamu plugin apa saja yang wajib di install pada wordpress?

Pada artikel kali ini saya akan sedikit memberikan rekomendasi plugin yang bisa kamu install pada WordPress kamu dan yang pastinya rekomendasinya merupakan plugin yang berbasis gratis. Saya sendiri belum terlalu lama memakai platform WordPress, karena sebelumnya menggunakan blogger.com sebagai platformnya. Namun, sejak pindah ke hosting dan domain sendiri, saya memilih WordPress sebagai platform yang saya gunakanan, selain lebih strukturan dalam segi coding, WordPress memiliki banyak pilihan tema dan plugin yang dapat mempercantik dan meningkatkan performa blog.

Berikut ini adalah beberapa plugin WordPress yang wajib kamu install di WordPress.

1. Yoast SEO

banner-772x250

Yoast SEO bukan hanya plugin SEO, ini merupakan plugin optimasi situs web/blog yang lengkap. Selain menambahkan Judul dan deskripsi untuk artikel kamu, plugin ini juga memungkinkan kamu untuk menambahkan meta data grafik terbuka, melakukan analisis halaman, mempublikasikan xml sitemap, dan banyak lagi. Saya pribadi menggunakan plugin ini untuk mengoptimalkan SEO di blog ini dan beberapa situs saya yang lainnya.

2. Jetpack by WordPress.com

banner-772x250-1

Jetpack menawarkan fitur canggih untuk situs WordPress kamu. Jatpack dapat meningkatkan keamanan, meningkatkan kinerja situs, banyak alat konten, dan fitur untuk menghitung visitor. Fitur tambahan lainnya juga tersedia, seperti bebas spam komentar, sosial sharing, related posts, post by email, dan banyak lagi. Jetpack bahkan menawarkan pilihan tema mode mobile yang ringan dan responsif, yang dirancang untuk ponsel dan tablet.

3. W3 Total Cache

Apa yang diharapkan oleh penggunjung blog kalau bukan kecepatan loading? loading halaman yang berat akan mudah ditinggalkan oleh penggunjung.

banner-772x250

W3 Total Cache adalah salah satu metode utama untuk mempercepat website WordPress kamu. Apa yang di lakukan plugin adalah menyimpan versi HTML statis situs kamu, sehingga memotong kebutuhan untuk menghasilkan halaman dengan cepat. Akibatnya, permintaan lebih sedikit dibuat untuk server dan database serta halaman yang dimuat lebih cepat. Pengunjung akan senang dan peringkat pencarian meningkatkan.

4. Disqus Comment System

banner-772x250-2

Disqus merupakan sistem komentar yang paling bagus menurut saya. Karena penggunjung akan sangat mudah untuk berkomentar di artikel kamu, cukup login dengan sosial media seperti Facebook, Twitter dan media lainnya, pengguna dapat langsung berkomentar dan lebih struktrul pastinya.

5. Contact Form 7

banner-772x2500

Contact Form 7 dapat mengelola beberapa bentuk kontak, ditambah kamu dapat menyesuaikan bentuk dan isi surat fleksibel dengan markup sederhana. Bentuknya mendukung Ajax-powered mengirimkan, CAPTCHA, Akismet penyaringan spam dan sebagainya.

6. Akismet

banner-772x250-1

Komentar spam pasti akam membuat kamu jengkel karena bisa sering muncul. Dengan Akismet, komentar spam tersebut dapat di blok dengan mudah sehingga kamu tidak akan terganggu lagi dengan komentar spam.

7. WP Smush

Blog bukan lah ajang pamer resolusi gambar yang berukuran sampai MB, cobalah untuk mengecilkan ukuran gambar kalau tidak mau pengunjung kamu lari. Ukuran gambar yang terlalu besar membuat halaman situs lama dibuka.

banner-772x250-2

WP Smush dapat membantu kamu untuk menangani masalah tersebut. WP Smush dapat mengoptimasi ukuran gambar lebih kecil, sehingga lebih meringankan halaman tempat gambar berada.

8. Really Simple SSL

banner-772x250-3

Bila kamu menggunakan SSL sebagai pengaman blog seperti saya (gembok hijau) dengan HTTPS://, maka kamu wajib menginstall Really Simple SSL ini agar sertifikat SSL tersebut dapat tertempel sempurna di website/blog kamu. Cukup klik install makan plugin secara otomatis melakukan optimasi SSL.

9. iThemes Security

Ini yang paling penting, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti di hack atau di selipkan virus pada situs kamu, iThemes Security bisa jadi solusinya.

banner-772x250-3

Setelah menginstal, plugin akan melindungi situs kamu terhadap serangan hampir secara otomatis. Kebanyakan fitur, dari otentikasi dua faktor untuk mengajukan perbandingan untuk mendeteksi malware, aktifkan dengan sekali klik. Blog aman, hati senang 🙂

10. WPS Hide Login

banner-772x250

WPS Hide Login merupakan plugin yang ampuh untuk mengelabui mereka yang jahil ingin ke halaman admin WordPress. kalau biasanya halaman loginnya www.domain.com/wp-admin, dengan plugin ini kamu bisa mengubah halaman login menjadi www.domain.com/apapun sehingga halaman login bawaan akan di non-aktifkan.

Nah… itu dia beberapa plugin yang bisa saya rekomendasikan untuk di install pada WordPress. Semoga bermanfaat.

 

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
199PengikutMengikuti

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja