PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

GeneralAnti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi

Anti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi

Membangun sebuah rumah tangga sama seperti mengelola sebuah negara. Kita sebagai kepala keluarga harus pintar mengatur segala hal dengan baik bak seorang presiden, mulai dari mengatur keuangan bulanan, mencari pendapatan tambahan hingga melindungi sekeluarga dengan asuransi.

Gak terasa udah 2 bulan saya menikah. Walaupun semua belum begitu sempurna, saya mencoba sebaik mungkin untuk menjadi kepala keluarga yang baik.

Berbagai upaya sudah saya pikirkan untuk memulai hidup baru berdua bersama istri. Rencana masa depan juga sudah mulai ditata secara perlahan. Alokasi keuangan mulai ditempatkan pada pos-pos yang telah dibentuk.

Pada artikel kali ini, saya mau berbagi cerita cara saya mengelola keuangan pasca menikah yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dan masukan ide juga untuk saya tentunya.

Kehidupan rumah tangga adalah level yang berbeda

Kita lagi bahas tentang keuangan di sini.

Sebelum nikah, tanggung jawab hanya untuk diri seorang. Mau di gimanain uangnya juga terserah saya.

Untungnya, saya termasuk orang yang gak banyak mau. Saat menerima gaji, langsung transfer ke Rekening Dana Nasabah untuk diinvestasikan ke saham atau reksa dana.

Dulu circle keuangan saat single memang seperti itu. Gajian, investasi, dan sisihkan untuk dana darurat dan amal.

Sekarang mulai berubah.

Saya gak cuma berpikir untuk diri sendiri saja. Tetapi juga berpikir untuk keluarga, khususnya untuk istri dan anak kelak.

Malahan sekarang lagi rencana untuk beli rumah. Rumah tersebut punya 3 kamar dan cocok untuk keluarga baru seperti kami

Dengan adanya rencana beli rumah, tentu alokasi uang bulanan bakalan berubah untuk menutupi kewajiban bulanan.

Kebutuhan keluarga adalah prioritas utama saya untuk saat ini dan harus mengesampingkan kebutuhan yang hanya bermanfaat untuk diri sendiri saja.

Jadi, agar tidak terkejut batin dalam masa perubahan dari singel menjadi kelapa keluarga, saya sudah menyiapkan beberapa persiapan penting dalam menjalankan rumah tangga kelak, khususnya dari sisi finansial.

6 Persiapan penting untuk wujudkan keluarga yang terlindungi secaran finansial

Karena banyak kebutuhan dalam membangun rumah tangga. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan menurut saya penting.

Bukan sebagai hiasan belakan, rencana yang sudah disepakati bersama pasangan sebelum dan setelah menikah harus diwujudkan demi menggapai keluarga yang bahagia.

Anti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi 1

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang menurut saya harus diterapkan saat mulai berkeluarga:

1. Sebelum menikah, diskusi visi misi dan tujuan finansial bersama

Jauh sebelum menikah, tentu kita harus cocokkan dulu visi misi dan tujuan finansial bersama calon pasangan.

Tujuannya agar kita dan pasangan nantinya bisa saling cocok untuk membangun rumah tangga bersama.

Saya sudah buat artikel yang berjudul Pentingnya Ngomongin Keuangan Keluarga Bersama Pasangan Sebelum Menikah, sebagai bahan pembicaraan bersama pasangan.

Salah satu bahasannya bisa tentang karir nanti mau seperti apa, lalu tinggal di mana dan berapa uang yang ingin ditabung setiap bulannya.

Dengan adanya visi misi yang sama, kita bakalan mudah membuat timeline kehidupan pasca menikah dan menyusun rencana pencapaiannya.

2. Disiplin catat keuangan bulanan bersama

Agar arus uang bisa dilacak dengan baik, ada baiknya kamu bersama pasangan mencatat keuangan secara bulanan.

Gak perlu ribet-ribet pakai buku atau table excel, karena sekarang sudah ada aplikasi pencatat keuangan gratis di play store sesusai dengan tipe smartphone kamu.

Dengan aplikasi pencatat keuangan bisa memudahkan dalam melacak pemasukan dan pengeluaran rumah tangga.

Pengeluaran yang tidak perlu bisa dengan mudah dikurangi dengan mengevaluasi keuangan setiap bulannya.

Dalam case saya bersama istri, kami menggunakan aplikasi pencatatan keuangan masing-masing. Karena saya dan istri sama-sama memiliki penghasilan.

Jadi kami catat keuangan masing-masing tanpa batasan pengelolaan, sehingga kepercayaan pada pasangan juga semakin kuat.

3. Cari side hustle buat tambahan

Pernah dengar phrase yang bunyinya…

“cewek kalau udah nikah, socmednya udah mulai upload baju-baju untuk dijual, bukan pamer gaya hidup lagi”

Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena memang sudah melihat langsung di IGnya teman. Setelah menikah mulai pada jadi reseller.

Tujuan dari menjadi reseller ini tentu sebagai tambahan uang masuk.

Dalam mencari side hustle juga tidak hanya melibatkan istri seorang, suami juga harus bantu atau mencari penghasilan tambahan lainnya.

Karena kalau boleh jujur, kebutuhan rumah tangga itu banyak banget. Saya udah rasa sendiri sih. Bener memang kata orang-orang kalau kebutuhan akan terus bertambah seiring berjalannya rumah tangga.

Jadi harus kerja sama bareng pasangan agar dapat menghasilkan lebih untuk kebutuhan rumah tangga.

Menulis blog seperti saat ini yang saya lakukan adalah salah satu side hustle yang menjanjikan loh.

4. Buat tabungan darurat

Untuk jaga-jaga, punya tabungan dana darurat adalah hal yang wajib saat ini.

Apalagi sedang musim pandemi, banyak hal tak terduga terjadi. Maka dibutuhkan dana darurat untuk persiapan.

Alokasi dana darurat harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan:

  1. Lajang: Berstatus lajang atau single, dan tidak memiliki tanggungan, setidaknya harus memiliki dana darurat sebesar 6 kali dari jumlah pengeluaran bulanan rutin.
  2. Pasca menikah: Bagi yang sudah menikah tapi belum memiliki anak, dana yang kamu butuhkan untuk keluarga setidaknya 9 kali jumlah pengeluaran bulanan rumah tangga.
  3. Keluarga yang memiliki anak: Untuk yang sudah punya anak, dana darurat setidaknya 12 kali jumlah pengeluaran bulanan rumah tangga.

Dana darurat umumnya dipersiapkan untuk kebutuhan selama setahun.

Saya dan istri juga sudah mulai gendutkan dana darurat yang kami tempatkan di tabungan biasa dana dalam bentuk reksa dana pasar uang.

5. Rutin investasi untuk berbagai tujuan masa depan

Setelah punya dana darurat yang cukup, baru pikir investasi.

Investasi adalah salah satu hal wajib yang dilakukan saat ini.

Tujuan berinvestasi adalah untuk mendapatkan imbal balik yang diharapkan pada masa depan setelah tujuan investasi tercapai.

Investasi dapat dilakukan untuk tujuan menyiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak hingga dana persiapan liburan akhir tahun bersama keluarga.

Saya sendiri lebih merekomendasikan kamu untuk berinvestasi pada instrumen yang regulasinya jelas di Indonesia, seperti obligasi, reksa dana dan investasi saham.

Ketiga instrumen investasi tersebut banyak diminati oleh masyarakat kita.

Investasi tidak hanya meningkatkan kekayaan yang kita miliki, tetapi juga mendidik kita khususnya kepala rumah tangga untuk lebih baik dalam mengelola keuangan keluarga.

6. Siapkan asuransi buat jaga-jaga

“Asuransi melindungimu dan kekayaanmu”

Itu merupakan ungkapan yang cocok untuk mendeskripsikan bagaimana asuransi berdampingan sebagai pelindung keluarga.

Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Asuransi sendiri banyak macamnya, ada asuransi jiwa yang siap menjaga kita dan sekeluarga dan juga ada asuransi mobil buat jaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.

Jangan sampai nanti udah capek nyari duit sana-sini, punya investasi menggunung, ehh…. malah gak punya asuransi.

Nanti kalau tidak punya asuransi untuk cover biaya pengobatan saat sakit, bagaimana?

Kekayaan lagi kan yang terkuras?

Biaya kesehatan gak murah loh!

Kenapa asuransi begitu penting?

Tidak semua kita terbiasa dengan istilah asuransi.

Oleh karena itu saya mau bahas sedikit bagaimana asuransi dapat melindungi kamu dan keluarga.

Kalau ingat-ingat lagi kejadian masa lalu saat saya sakit, itu bikin nyesel karena gak sedini mungkin buat asuransi dulu.

Saya ada 2 kali masuk rumah sakit saat tahun 2017. Banyak biaya yang dikeluarkan.

Anti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi 2

Investasi saham saat itu rasanya gak berguna, karena tergerus biaya pengobatan. Boncos juga jadinya

Tapi itu untung karena masing lajang, recovery keuangan masih tergolong cepat.

Sekarang tentu beda lagi tata kelolanya pasca menikah.

Sekarang saya sudah tinggal di rumah kontrakan (lagi proses cari rumah sendiri) dan punya mobil juga bareng istri, sehingga butuh pengelolaan yang lebih baik dari masa lajang.

Malah baru-baru ini kami juga baru benerin mobil yang rusak.

Biaya perbaikan mobil 1,2 juta gak kemana juga tuh.

Bayangkan aja, kalau kejadian luar biasa terjadi pada properti dan kendaraan yang kita miliki, sedangkan asuransi gak punya?

Lebih banyak lagi hilang uangnya.

Itu baru beberapa cerita saya saja. Ada beberapa alasan lainnya perlu kamu ketahui kenapa asuransi itu penting bagi kehidupan.

Saya dan istri saat ini sudah tercover asuransi.

Kalau sudah punya asuransi, semua bisa terlindungi.

Anti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi 3

Investasi dapat meningkatkan kekayaan, pendidikan bisa membuat orang lebih berilmu.. Asuransi melindungi segalanya

Tapi yang lebih penting lagi sebenarnya adalah bagaimana pilih produk asuransinya.

Karena tau sendiri kan, asuransi itu ada banyak produknya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia.

Oke karena itu, sebagai calon nasabah kita harus jeli memilih asuransi yang tepat dan cocok untuk kita sekeluarga.

Untungnya sekarang pilih asuransi lebih mudah karena ada Lifepal.

Lifepal merupakan marketplace asuransi terlengkap dan terpercaya di Indonesia.

Kamu dapat membandingkan, membeli, dan menggunakan asuransi sesuai kebutuhanmu. Melalui ulasan dan penjelasan yang objektif, dan bisa memandumu mendapatkan asuransi terbaik untuk kamu dan sekeluarga.

Pilih asuransi terbaik lebih mudah berkat Lifepal

Sebagai marketplace asuransi, Lifepal memili berbagai jenis produk asuransi yang ditawarkan. Mulai dari:

Anti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi 4

Dan masih banyak lagi, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, kita juga bisa dengan mudah menjumpai promo menarik

Yang jadi pertanyaan, mulainya dari mana nih?

Secara umum sebenarnya kita bisa dengan mudah menemukan berbagai produk asuransi lengkap dengan ulasan di situs Lifepal.

Tapi ada cara yang lebih gampang lagi, yaitu dengan berkonsultasi langsung ke ahli asurannasi di Lifepal.

Yuk, kenalan dengan Lifepal dulu dan alasan kenapa harus beli asuransi di Lifepal

Anti Boncos! Pentingnya Lindungi Keluarga & Kekayaan dengan Asuransi 5

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini