Untuk Hiburan Lifestyle Menjalankan Gaya Hidup Sehat Untuk Mewujudkan Hidup Yang Bahagia

Menjalankan Gaya Hidup Sehat Untuk Mewujudkan Hidup Yang Bahagia

Baca Juga

5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

Sehat sepanjang umur, siapa yang tidak mau?

Memiliki tubuh sehat adalah impian semua orang, agar dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan tenang dan bahagia. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, maka gaya hidup lah yang menjadi penentunya. Namun faktanya, keinginan punya tubuh sehat adalah impian belaka, banyak sekali praktek gaya hidup tidak sehat dilingkungan sekitar kita.

Gak usah jauh-jauh pakai data riset, disekitar kita saja banyak sekali orang dengan perut buncit, yang sudah jelas-jelas mencermin cara gaya hidup buruk yang tidak sehat.

Dampak gaya hidup buruk bagi kesehatan dan aktifitas sehari-hari

Tanpa kita sadari, ada beberapa gaya hidup buruk yang mungkin tak segaja kita lakukan. Hal ini dapat berakibat buruk pada tubuh dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, saya mencoba benjabarkan 20 gaya hidup buruk yang dapat merusak tubuh manusia:

*Buka pada halaman baru untuk memperbesar gambar dibawah ini

Poin-poin gambar diatas hanyalah beberapa aspek dari penerapan gaya hidup yang tidak sehat, sebenarnya masih banyak lagi gaya hidup tidak sehat yang harus kita hindari. Gaya hidup tidak sehat akan mengakumulasikan penyakit dimasa yang akan datang.

Tidak ingin mengarang cerita, saya adalah orang yang dulunya mejalankan gaya hidup tidak sehat, yang menyebabkan saya terkena penyakit asam lambung. Tapi Alhamdulillah, sejak menerapkan gaya hidup sehat, tubuh saya menjadi lebih baik.

Saya, Asam Lambung, dan Gaya Hidup Sehat

Sekitar 8 tahun yang lalu, saya adalah mahasiswa perantau yang jauh-jauh datang dari kampung untuk menuntut ilmu dikota besar. Jauh dari orang tua membuat saya bebas melakukan apapun suka hati, mulai dari bangun pagi kesiangan, sering melewatkan makan pagi, bergadang dan masih banyak lagi gaya hidup tidak sehat yang saya jalankan dulu semasa kuliah. Sekali lagi mohon dimaklumi, semua kejadian tersbut terjadi saat jauh dari orang tua.

Tapi siapa sangka, selama 4 tahunan melakukan gaya hidup tidak sehat, saat selesai kuliah dan masuk dunia kerja, saya jatuh sakit. Setelah periksa sana-sini, ternyata saya terkena penyakit asam lambung.

Karena sakit asam lambung ini bentuknya seperti sakit jantung karena membuat berdebar-debar, saya terlebih dahulu memeriksa jantung. Alhamdulillah hasilnya tidak ada gangguan apapun.

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari tempat kerja dan kembali lagi ke kampung halaman untuk menjalani pengobatan.

Hasil Periksa Lambung

Untungnya, saat pemeriksaan lambung dengan menggunakan metode Endoscopy, saya hanya menderita iritasi ringan. Hanya saja, saya kebanyakan stres saat kerja yang meningkatkan asam lambung meningkat.

Pada saat itulah dokter sangat merekondasikan saya agar mengubah pola gaya hidup untuk lebih sehat lagi.

Oleh karena itu, saat ini saya sudah sangat peduli dengan yang namanya kesehatan. Setiap hari, ada saja artikel kesehatan yang saya baca guna untuk menambah wawasan akan berbagai penyakit dan menerapkan gaya hidup sehat.

Alhamdulillah… setelah menjalani pengobatan dan menerapkan gaya hidup sehat, sakit lambung saya sudah hilang, tetapi dengan catatan agar terus menjalankan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa poin yang mungkin bisa kamu ambil pelajaran sebagai gaya hidup sehat yang saya lakukan:

1. Mendekatkan diri kepada sang pencipta

Menurut saya, rumus utama agar hidup sehat adalah dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta. Karena sehat itu bukan dari jasmani saja, tapi dari rohani. Hati juga harus bersih dan sehat.

Dengan begini, kita nantinya akan lebih dapat menghargai hidup ini dan menjauhi segala hal-hal buruk yang ada. Lebih dekat kepada sayang pencipta, menjalani hidup juga lebih tenang.

2. Dukungan dari keluarga dan sahabat dekat

Untuk dapat sembuh dari suatu penyakit, dukungan dari kelaurga dan sahabat itu sangat diperlukan. Setidaknya itulah yang saya rasakan ketika melalui proses penyembuhan sakit asam lambung.

Karena pada umumnya orang yang sakit itu mentalnya down, sehingga dukungan secara mental pun sangat dibutuhkan agar penderita menjadi lebih baik dan lebih kuat untuk melawan penyakit yang diderita.

Mau hidup sehat pun juga harus ada dukungan dari keluarga dan sahabat dekat, agar semua terlaksana dan ada yang menegur bila kita berbuat kesalahan.

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat? itu sudah tentu wajib dilakukan bagi mereka yang ingin sembuh dari suatu penyakit dan saya berhasil melakukannya.

Sejak menderita asam lambung, saya lebih memperhatikan gaya hidup, seperti membiasakan mandi subuh sebelum ke masjid untuk shalat subuh (faktanya mandi subuh dengan air dingin dapat memperlancar tekanan darah). Lalu saya juga lebih sering ngemil dengan buah-buahan, minimal buah pepaya atau pisang.

Dok. pribadi

Olahraga memang yang paling berat, tapi saya mengusahakan dengan berjalan sentai di perkarangan rumah, atau juga melakukan cocok tanam dibelakarang rumah agar dapat mengeluarkan keringat.

Investasi kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat sangat penting untuk masa yang akan datang agar terhindar dari segala jenis penyakit.

4. Melakukan pemeriksaan berkala pada diri sendiri

Cek kesehatan teratur secara turun dapat membuat kita lebih peduli untuk menjalankan gaya hidup sehat. Cara sederhana yang sering saya lakukan adalah dengan menimbang berat badan dan mengukur takanan darah.

Kebetulan dirumah saya sekarang sudah ada dua alat medis (timbangan berat badan dan alat pengukur tekanan darah) yang sangat membantu saya dan keluarga di rumah untuk melakukan cek kesehatan secara mandiri.

alat kesehatan
Dok. Pribadi

Di pusat layanan kesehatan seperti puskesmas pun kini juga bisa cek gratis, seperti konsultasi kesehatan dan periksa darah. Jadi, jangan malas-malasan untuk cek kesehatan ya.

5. Bekali diri dengan informasi kesehatan dan gabung komunitas sehat

Untuk merasakan gaya hidup sehat yang lebih baik, alangkah baiknya agar kita mengetahui lebih banyak tentan informasi kesehatan. Karena seperti yang kita ketahui, sekarang infotmasi sangat mudah di dapatkan melalui internet, khususnya artikel tentang kesehatan.

Selain itu, bergabung dalam komunitas sehat seperti SEMBUTOPIA juga bisa menjadi cara mudah untuk menerapkan gaya hidup sehat. Follow instagram dan twitter di @sembutopia.  Dengan bergabung dengan komunitas seperti ini, maka kita akan menjadi lebih semangat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan pastinya bisa dapat informasi kesehatan lebih banyak lagi.

Nah… kalau sudah menerapkan gaya hidup sehat, mewujudkan Indonesia menuju negara dengan kesadaran kesehatan lebih tinggi bukanlah sebuah impian. Mari sembuhkan Indonesia dengan memulai gaya hidup sehat untuk hidup yang lebih bahagia.

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

274FansSuka
57PengikutMengikuti
219PengikutMengikuti

4 KOMENTAR

    • Iya mas, hal-hal buruk memang disekitar kita, tapi penawarnya juga ada disekitar kita juga, tinggal kita aja yang mau berubah atau tidak. Semoga kita semua bisa lebih baik menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat hehe

  1. Gue perokok. Dan udah banyak teman-teman gue yang kena penyakit gara-gara rokok. Sialnya, lebih banyak yang masih sehat. Lebih sialnya lagi, gue nggak takut kena penyakit gara-gara masih banyak yang sehat. Ini pola pikir bahaya sih. Gue tau. Dan anehnya masih tetap terjebak. Huhuhu

    • Kebanyakan penyakit akumulasi mas.. sekarang gak terasa, nanti 40-50 baru deh (katanya sih gitu). Kalau banyak-banyakin baca artikel kesehatan kesadarannya mungkin bisa tumbuh mas. ditambah lain lingkungan sekitar sangat berpengaruh untuk ubah pola hidup.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...