Belajar dan bermain merupakan dua aktifitas yang berbeda dan tidak mudah disatukan karena salah satunya pasti akan mendominasi, setidaknya untuk jaman dulu. Namun keadaan kini berubah setelah kehadiran teknologi yang terus mengalami kemajuan dari masa ke masa, sehingga menciptakan sebuah terobosan dimana belajar dan bermain kini dapat dilakukan bersama dengan porsi seimbang


Belajar sambil bermain kiini dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi gadget yang menyediakan permainan dalam bentuk aplikasi, sehingga anak-anak kini dapat mengakses gadget yang mulai dipenuhi dengan permainan yang edukatif. Tentu ini dapat menguragi keinginan anak untuk bermain game konvestional yang manfaatnya lebih sedikit dirasakan. Maka hadirlah aplikasi buatan Agate yaitu Sahabat Sholeh. Sahabar Sholeh akan mendidik putra-putri yang kanak-kanak agar Sholeh Sejak Dini

Menghadapi tangangan, belajar sambil bermain ala tradisional ke ala modern

Masa Transisi ala tradisional ke ala modern

Saya masih teringat saat usia sekolah dasar dulu, kalau main game dan belajar itu sangat terpisah. Jaman anak 90an bisa dibilang masa transisi dari belajar ala tradisional ke ala modern, kenapa demikian?


Bayangkan saja, dulu kalau mau main itu pasti diluar rumah terus. Banyak aktifitas yang saya lakukan dalam bermain, seperti main bola, main kejar-kejaran dan lainnya. Berbeda dengan anak-anak sekarang. Anak jaman dulu itu hobinya banyak main di luar rumah. Pantang pulang kalau belum azan Magrib berkumandang, maklum anak kecil. Barulah saat waktu Magrib tiba, kegiatan yang menyengkan tersebut harus berhenti dan berganti menjadi kegiatan belajar agama yaitu berupa belajar membaca Al-Qur’an dan doa sehari-hari di rumah ustad di komplek. Seingat saya dulu di rumah ustad itu ada sampai 50 orang anak belajar ngaji disana, banyak.


Jujur saja, belajar tentang agama merupakan hal yang berat saat saya masa kanak-kanak dulu. Bukannya tidak suka belajar agama, hanya saja cara dulu masih tradisional dan masih pakai cara yang tegas. Masih ada rotan yang menemani saat belajar dulu, jadi kalau macam-macam langsung disikat dengan ustadnya. Hehehe.. Jadi, belajar dulu lumayan extream. (masa-masa yang indah dan tidak terlupakan.)


Berbeda dengan jaman dulu, jaman sekarang ini sistem belajar dan bermain anak-anak sudah berubah drastis. Tentu saya bisa merasakannya karena sebagai anak 90an yang hidup dijaman transisi ala tradisional ke ala modern.


Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju. Anak-anak kini mulai menyesuaikan diri dengan permainan yang ada, tidak lagi main diluar rumah tapi asik main gadget didalam rumah saja. Tentu ini tidak hanya berdampak pada kesehatannya, tapi juga pada semangat belajar yang aka nmenurun bila terus dibiasakan main dengan gadget. Jadi, tidak sedikit orang tua yang melarang anaknya bermain gadget.


Padahal menurut saya itu sah-sah saja, tergantu orang tuanya saja ingin bagaimana mengatur waktu anak bermain gadget dan belajar.

Jangan larang anak main smartphone, tapi didik anak memakai smartphone dengan baik dan benar

Ayo melek teknologi!

Saat ini, teknologi merupakan hal yang paling banyak disoroti oleh banyak pihak diseluruh dunia. Baik hari orang yang sudah tua hingga anak-anak sudah terlibat dalam pemakaian dan pengembangan teknologi. Jadi, tidak ada alasan untuk menghingar dari teknologi. Jangan kan saya sendiri, kini nenek saya pun juga juga beralih jadi ponsel jadul ke smartphone karena ada kebutuhan social dimana teman-temana mengaji nenek saya sudah memakai WhatsApp sebagai forum untuk bertukan informasi.


Oleh karena itu, saya harap orang tua saat ini peka terhadap teknologi masa kini, sehingga dapat mengawasi aktifitas anak saat mereka memakai smartphone. Saya mengatakan seperti ni karena banyak saya lihat orang tua yang masih acuh membiarkan anaknya memakai smartphone tanpa diawasi, sehingga mereka dapat melakukan apapun yang mereka mau, termasuk main game sampai berjam-jam. Perlu diingat, tumbuh kembang anak sangat berpengaruh bila terus disuguhi smartphone tanpa dikontrol oleh orang tua.


Bukan hanya saja mata yang rusak akibat pemakaian smartphone terus menerus, namum juga masalah social karena tidak bergabung dengan teman-temannya karena keasikan main gadget. Akibatnya tidak sedikit orang tua yang marah dengan kelakuan anaknya ini yang terus menerus bermain gadget, sehingga berakibatkan melarang mereka untuk memegang smartphone. Belum lagi akibat sering bermain gadget, mereka malas belajar dan tidak peduli lagi tentang pentingnya belajar agama.


Akibatnya tidak ada lagi anak-anak yang pergi ke rumah ustad-ustad untuk belajar mengaji dan menghafal doa sehari-hari.


Tapi syukurlah, saat ini permainan konvestional sudah dapat disaingi dengan permainan yang lebih mendidik dan lebih bagus, sehingga orang tua tidak perlu lagi was-was untuk memperkenalkan permainan yang baik bagi anak-anak mereka. salah satu permainan tersebut adalah Game anak sholehSahabat Sholeh. Masih baru dengan nama game Sahabat Sholeh?. Game ini saat ini memang masih dalam status BETA dan masih dalam tahap pengembangan. Namun, sudah cukup asik untuk digunakan karena fitur-fiturnya sangat berkarakter dan sangat dibutuhkan anak.

Game Anak Sholeh merupakan permainan seru yang dibalut dengan ajaran Islam. Dikemas sangat menarik dan interaktif dengan gambar animasi yang disukai anak. Dapat dipastikan tidak membuat bosan si kecil yang memainkannya.


FItur-fitur terbaik Sahabat Sholeh

  • Cerita menarik dengan nilai Islami
  • Puluhan mini games atraktif dengan menyisipkan edukasi seperti berwudhu, surat pendek, shalat dan lain-lain

Dalam permainan Sahabah Sholeh terdapat beberapa karakter yang dapat dikenal oleh anak-anak. Saat ini sudah tersedia banyak karakter berbeda, yaitu Ali, Muza, Ayah Ali, Ibu Ali, Ibu Guru dan teman-temannya. Namun, saya yakin masih banyak karakter-karekter yang keren di masa yang akan datang mengingat game yang tersedia saat ini masih dalam bentuk BETA.


“Gadget dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar anak,”


Sahabat Sholeh, Permainan terbaik untuk anak

Mungkin kamu sudah melihat foto diatas saya bersama kedua adik saya yang mukanya murung tidak semangat. Yaa... murung karena saya suruh foto dulu baru boleh main gamenya. Bagaimana tidak, game Sahabat Sholeh sangat digemari oleh mereka. Mereka bilang sangat suka dengan game tersebut karena meriah.


Saat pertama kali membuka game Sahabat Sholeh, anak-anak akan disuguhi oleh animasi loading yang mengandung kata-kata bijak dan baik diucapkan oleh anak. Untuk dapat menikmati semua fitur dan permainan terbaik, silahkan daftarkan diri sebagai anggota Sahabar Sholeh agar dapat mengakses konten secara maksimal

Mungkin kamu sudah melihat foto diatas saya bersama kedua adik saya yang mukanya murung tidak semangat. Yaa... murung karena saya suruh foto dulu baru boleh main gamenya. Bagaimana tidak, game Sahabat Sholeh sangat digemari oleh mereka. Mereka bilang sangat suka dengan game tersebut karena meriah.


Saat pertama kali membuka game Sahabat Sholeh, anak-anak akan disugui oleh animasi loading yang mengandung kata-kata bijak dan baik diucapkan oleh anak.


Serunya Berpetualang Bersama Ali Dan Teman-Temannya

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun wajib dalam Islam. Oleh karena itu, orang Islam selalu di didik untuk berpuasa sejak kecil. Tidak sedikit orang tua yang sudah mulai mengajak anaknya untuk berpuasa pada masa-masa sekolah dasar.


Seperti adik saya Ichsan yang sudah berumur 9 tahun dan sudah berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan mendasar saat puasa, agar dia terbiasa berpuasa.


Dalam hal memberikan pengetahuan tentang pausa kepada anak, aplikasi Sahabat Sholeh akan dengan setia menemani anak dalam menjalankan ibadah puasanya. Banyak sekali fitur-fitur ramadhan yang dimiliki oleh Sahabat Sholeh, seperti: pegetahuan waktu imsak dan berbuka, Doa niak puasa, pengetahuan tentang shalat tarawih dan masih banyak lagi yang dikemas dalam bentuk game, asikk bukan?

Screenshot_2017-07-10-06-15-55

Loading picture yang bermanfaat


Setiap melakukan loading dari satu game ke game yang lain, Sahabat Sholeh memberikan pesan card positif yang dapat memberikan pengetahuan kepada anak
Screenshot_2017-07-09-18-15-09

Pilih Pertualangan Ali Favorit


Petualangan Ali dan teman-temannya begitu banyak dan seru. Pilih dan mainkan sesuai dengan kesukaan anak
Screenshot_2017-07-10-06-19-26

Berbagaimacam Game Seru


Game seru pertualangan Ali dan teman-teman tidak ada habis-habisnya. Game seru dikemas dengan manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang anak dan membuat mereka lebih kreatif.
Screenshot_2017-07-10-06-22-44

Percakapan Atraktif Ali dan teman-temannya


Petualangan Ali bersama teman-temannya akan membawa anak kedalam dunia baru yang penuh misteri. Ali bersama temannya melakukan kegiatan sehari-hari mereka bersama-sama dan menghadapi hal-hal baru setiap saat. Penasaran? Yukk ikuti petualangan Ali
Screenshot_2017-07-09-18-18-41

Mini Game Seru


Permainan yang ditawarkan Sahabat Sholeh sangat beragam dan bermanfaat. Anak diajak belajar sambil bermain
Screenshot_2017-07-10-06-36-51

Berkata baik dan sopan


Sahabat Sholeh juga akan mengajak anak-anak untuk berkata baik dengan memberikan pertualangan pertanyaan yang terdiri dari 2 kalimat, 1 kalimat baik dan 1 kalimat buruk. Orang tua dapat mengarahkan anak untuk berkata baik dan sopan dengan menuntun mereka memilih jawban yang tepat
Screenshot_2017-07-10-06-31-05

Dapatkan kartu kebaikan


Pertualangan Ali dan teman-temana semakin seru dengan hadirnya "Kartu Kebaikan" yang muncul setiap hal-hal positif dilakukan oleh Ali dan teman-temanan. Yukk.. koleksi kartu kebaikannya!
Screenshot_2017-07-09-18-16-48

Kumpulan Bintang Setiap Selesai Bermain


Ada lebih dari puluhan mini game yang terdapat dalam pertualangan Ali dan temn-temannya. Ayo main, dan kumpulkan semua bintangnya!

Kalau sudah begini, saya rasa akan sangat mudah bagi anak-anak untuk memahami islam dengan hanya bermain game di gadget.


Yaa.. setidaknya tidak seperti jaman dulu lagi yang harus bolak-balik ke rumah ustad dan harus siap kena rotan kalau gak bener belajarnya. Semgoa transformasi teknologi ini dapat menyadarkan orang tua akan pentingnya memperhatiakan anak-anaknya dalam bermain gadget agar tidak salah game yang mereka mainkan


Nikmati puluhan mini Game terbaik dari Sahabat Sholeh

Sahabat Sholeh bersih dari iklan-iklan, sehingga tidak mengganggu anak bermain

 
 

Agate menjawab tantangan orang tua memberikan permainan edukasi islami berkualitas pertama di Indonesia

Sahabat Sholeh merupakan Game yang dirancang agar mudah digunakan oleh anak-anak berusia 4 hingga 10 tahun



Indahnya melihat kakak dan adik bermain game bersama

 

Kini Menperkenalkan Puasa Ramadhan Lebih Mudah Dengan Sahabat Sholeh

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun wajib dalam Islam. Oleh karena itu, orang Islam selalu di didik untuk berpuasa sejak kecil. Tidak sedikit orang tua yang sudah mulai mengajak anaknya untuk berpuasa pada masa-masa sekolah dasar.


Seperti adik saya Ichsan yang sudah berumur 9 tahun dan sudah berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan mendasar saat puasa, agar dia terbiasa berpuasa.


Dalam hal memberikan pengetahuan tentang pausa kepada anak, aplikasi Sahabat Sholeh akan dengan setia menemani anak dalam menjalankan ibadah puasanya. Banyak sekali fitur-fitur ramadhan yang dimiliki oleh Sahabat Sholeh, seperti: pegetahuan waktu imsak dan berbuka, Doa niak puasa, pengetahuan tentang shalat tarawih dan masih banyak lagi yang dikemas dalam bentuk game, asikk bukan?


Sahabat Sholeh merupakan Game Ramadan pengisi liburan terbaik untuk anak Indonesia

  • Aisyah Hanifah
    Aku suka banget game anak sholeh, bisa main bareng Ali, Muza, Abro, Danis, dan karakter favoritku Jana! Sambil main sama mereka aku bisa belajar juga macem-macem dari sholah, baca alquran, surat pendek, doa harian, dan juga puluhan game seru lainnya dari 1 aplikasi aja. Pengen terus main, karena tiap main pasti ada aja belajar hal baru.
    Aisyah Hanifah
    Youtuber cilik
  • Zaskia Adya Mecca
    Game Anak Sholeh bikin Sybil dan Kala seneng banget belajar agama, membantu banget buat ngebantu ngajarin anak macem-macem mulai dari sholat, doa sehari-hari, surat pendek, hingga pendidikan karakter, semoga anakku jadi anak sholeh, amiin.
    Zaskia Adya Mecca
    Aktris

User Interface

Fitur

Konten

BETA

Sekilas Agate

Developer Sahabat Sholeh

Agate adalah pengembang game pemenang yang banyak menerima penghargaan berbasis di Bandung, Indonesia.


Didirikan pada bulan April 2009 oleh 18 pendiri yang penuh gairah dan 'gila'. Agate fokus pada kerajinan permainan hiburan berkualitas tinggi serta memberikan permainan serius untuk perusahaan dan merek melalui permainan pelatihan, permainan periklanan, dan permainan edukasi.


Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang pengembang, silahkan kunjugi laman ini

apps
IMG_20170612_204706_144-300x300

8 Comments

  1. Iqbal says:

    Mantap bang reviewnya.. semoga kedepannya lebih banyak lagi developer buat game untuk anak-anak 🙂

  2. Cenda Andika says:

    Wahh kayaknya gamenya bagus ni.. bisa dicoba buat anak nanti

  3. Khairunnisa says:

    Akhirnya ada juga game yang cocok buat anak-anak indonesia ya, semoga jaya deh

  4. Rizky Ramadhan says:

    Ini baru game belajar sambil bermain yang paling oke buat anak-anak. Kayaknya yang dewasa juga boleh ikutan nih, sepertinya gamenya asik

    • B_Irfan_Blok_M says:

      Emang biasa gimana gamenya bermain dambil belajar ya.. udah kebalik-balik nih. Yang dewasa liat-liat aja ya hohoho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *