Blogging Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Baca Juga

5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya mau coba untuk menulis hal-hal dasar tapi banyak dilewatkan oleh blogger, khususnya pemula.

Mungkin diantara kamu yang sedang membaca artikel ini, ada yang merupakan blogger atau juga yang ingin memulai ngeblog. Jadi, saya ingin kembali berbagi tips tentang blogging untuk pemula agar tidak salah arah kedepannya.

Buat blogger pemula, tentu harus menghindari kesalahan-kesalahan yang membuat ngeblog jadi tidak asik, sehingga mengakibatkan sepi pengunjung. Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan agar blog kamu tidak sepi pengunjung dan dipandang bagus oleh Google.

Berikut adalah 9 kesalahan yang harus dihindari oleh blogger pemula menurut sudut pandang blog irfan.id:

1. Tidak punya tujuan untuk blogging

Paling dasar dalam hal blogging adalah memiliki tujuan… Ya tujuan untuk ngeblog.

Kamu harus tahu kemana arah blog akan mengalir agar tidak salah langkah. Hal yang paling mudah untuk menentukan tujuan untuk blogging adalah dengan membuat visi misi dan niat yang kuat untuk ngeblog.

Sebagai blogger pemula, kamu dituntun untuk membuat misi agar memiliki pegangan. Misalnya, kamu ingin berbagi tips liburan, maka harus fokus membuat artikel tips liburan. Untuk spesifikasinya, pilih niche yang paling kamu senangi saja.

2. Tidak mau belajar menulis dan mengerti SEO

Menjadi blogger adalah indentik dengan menulis. Kalau tidak bisa menulis, bagaimana mau jadi blogger yang hebat?

Agar tulisan menjadi indah, mudah dibaca dan bermanfaat, kamu harus belajar untuk menjadi penulis yang baik. Ada banyak sekali blogger profesional yang memberikan tips cuma-cuma diblog mereka, agar kamu bisa menulis lebih baik.

Bila perlu, tidak ada salahnya ikut kelas-kelas menulis yang diadakan komunitas blogger saat kopdar.

Selain belajar menulis, kamu juga wajib belajar Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Ini akan berguna untuk membuat kualitas konten yang kamu buat bernilai dimata Google dan mesin pencari lainnya. Belajar SEO tidak sulit, bahkan ada beberapa ebook tentang SEO yang tersebar gratis.

3. Tidak berinteraksi dengan pembaca melalui komentar

Menerbitkan suatu artikel berarti harus siap-siap untuk menjawab pertanyaan dari pembaca.

Ya, selain menulis hal-hal yang bermanfaat, kamu nanti akan berjumpa dengan komentar oleh pembaca kamu. Ntah itu belupa apresiasi atau pertanyaan seputar artikel yang kamu tulis.

Perlu diketahui, membalas komentar itu sangat penting, ini bisa menjadi tanda kalau kamu care pada pembaca. Bila satu komentar dibalas dengan baik, maka pembaca lainnya juga ikut memberikan komentar di artikel kamu dan secara otomatis, reputasi kamu jadi meningkat di dunia maya.

Jadi, jangan malas-malas balas komentar pembaca ya, kecuali komentar SPAM yang wajib dihapus.

4. Punya blog loading lambat dan tidak responsive

Hari gini masih punya blog loading lambat, gak jamannya!

Blogger pemula harus tau, kecepatan akses sebuah blog akan penentu kesuksesan. Semakin cepat blog, semakin disukai oleh pembaca dan mesin pencari.

Lalu apa saja faktor-faktor yang menyebabkan sebuah blog menjadi lelet dan lambat saat diakses?

  1. Punya gambat/foto gak di kompres dulu sebelum di publish
  2. Terlalu banyak pakai plugin atau widget yang tak berguna
  3. Salah pilih tema atau template
  4. Tidak kompress script CSS & HTML

Selain isu blog lambat, blogger pemula tidak peduli terhadap tema responsive, apa itu?

Tema responsive adalah tema atau template yang jika dibuka melalui desktor dan mobile tampilannya akan mengikuti ukuran gadget-nya. Dengan punya tema atau template responsive, seorang blogger tidak perlu repot untuk memikirkan tema untuk versi mobile.

5. Tidak bergabung ke komunitas blogger

Jadi blogger itu harus banyak asupan energi, gak bisa sendirian jalan nanti bisa cepat bosan dan mengakibatkan blog terbengkalai.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, seorang blogger sangat disarankan untuk ikutan sebuah grup blogger, baik online atau offline. Ini berguna untuk menambah jaringan pertemanan, serta meningkatkan blogging skill karena bertemu para master dan tentunya menjadi motivasi tersendiri untuk dapat sebaik mereka.

6. Tidak mempromosikan blog

Ketika kamu membuat blog, itu artinya kamu telah membentuk sebuah bisnis baru.

Sama dengan kebanyakan bisnis lainnya yang membutuhkan promosi agar dikenal orang, sebuah blog juga butuh promosi agar keberadaannya diketahui dan artikelnya dibaca orang.

Oleh kararena itu, jangan sampai blog sudah bagus-bagus dibuat, tapi tidak pernah di promosikan. Harus ada sistem jemput bola untuk mempromosikan blog, apalagi masih baru dan belum terkanal.

Banyak cara untuk mempromosikan blog, bisa melalui forum-forum online, sosial media, hingga iklan di facebook ads atau media iklan lainnya.

Jika kamu blogger pemula dan belum punya cukup dana untuk promosi, maka bisa coba cara yang sederhana, yaitu dengan membagikan artikel terbaru di forum online atau membahkan alamat blog di setiap profil kamu, gampang bukan?

Tapi semua kembali ke diri masing-masing blogger. Jika Anda menggangap mempromosikan blog tidak penting dan menjalankan blog hanya untuk kesenangan belaja. Anda dapat melakukan yang diinginkan.

7. Terlalu sibuk memikirkan traffic blog

Punya blog yang banyak dikunjungi oleh orang setiap harinya, siapa yang tidak ingin? Semua blogger ingin seperti itu.

Tapi terlalu berharap banyak pada pengunjung akan tinggi ketika awal mulai ngeblog adalah sebuah hal yang mustahil. Butuh proses yang panjang untuk mendapatkan traffic yang tinggi, salah satunya dengan memiliki konten yang berkualitas.

Lihat gambar dibawah ini.

Gambar diatas adalah statistik blog saya dari awal ngeblog sampai bulan ini. Dapat dilihat saat pertama kali ngeblog bulan April 2016, trafficnya tidak ada, nol.

Jadi intinya, pengunjung akan datang pada saatnya. Jangan khawatir soal traffic!

8. Tidak peduli pada keamanan blog dan pembaca

Tahukan kamu, kalau browser Chrome versi 68 keatas akan melabelkan blog atau situs yang tidak aman dengan kode “Not Secure”?

Hal ini bertujuan untuk memperingatkan pengguna blog/website bahwa situs yang dikunjunginya tidak aman.

Pernah terbayang ini terjadi pada blog kamu?

Tentu kamu ingin menghindari hal ini terjadi diblog kamu, agar blog yang kamu buat dipercaya oleh pengunjung. Blog yang di cap “Not Secure” merupakan blog yang tidak menggunakan sertifikat SSL. Jika blog sudah memiliki sertifikat SSL, maka akan terlihat dari gembok disampil alamat blog dan akan berubah dari HTTP ke HTTPS.

Asal tau saja, sertifikat SSL bukan hanya untuk keamanan blog dan pembaca saja, namun juga telah menjadi factor rank yang menentukan blog masuk halaman pertama google.

Apakah sertifikat SSL berbayar? Tentu!

Untuk mendapatkan label HTTPS dialamat blog kamu, harus membayar beberapa rupiah dengah harga yang bisa menyentuh 3 jutaan. Wooww, mahal ya?

Tapi tidak perlu khawatir, kini kamu bisa beli SSL murah untuk menjaga blog kamu tetap aman dan dipercaya oleh pengunjung.

9. Salah pilih hosting untuk blog

Pernah dengar istilah hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan data blog atau bisa dibilang sebagai rumah. Bila alamat blog berperan sebagai alamat rumah, maka hosting itu adalah rumah itu sendiri.

Sebagai seorang blogger, tentu kamu enggan untuk punya rumah jelek, nanti bisa malu sama blogger lainnya. Untuk menghindari salah pilih hosting atau rumah blog, maka kamu harus jeli memilih.

Kecepatan dan keamanan blog juga dipengaruhi oleh jenis hosting apa yang dibeli dan provider apa yang dipakai.

Oleh karena itu, untuk membuat blog lebih oke kamu harus membeli web hosting Hostinger yang telah terbuki kehandalannya.

web hosting HostingerHostinger merupakan perusahaan layanan hosting yang bediri pada 2004 silam dengan lebih dari 29 juta pengguna, sehingga layanannya sudah pasti terjamin.

Sssttt… saya sudah pakai Hostinger dari tahun 2014 loh

9 poin kesalahan blogger pemula diatas harus kamu hindari untuk menjadi blogger profesional yang handal. Jangan malas-malas ngeblog jika ingin banyak pengunjung.

Semoga bermanfaat dan keep blogging!

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

274FansSuka
56PengikutMengikuti
219PengikutMengikuti

2 KOMENTAR

  1. – ketika membuat blog tidak berarti kamu mempunyai bisnis. Tergantung pada niat dan tujuan,
    tetapi tidak selalu berarti bertujuan mengejar uang. Pernyataan yang tendensius. Banyak yang
    membuat blog sekedar untuk menulis
    -SEO bukan keharusan karena banyak blogger yang tidak memakai SEO pun berhasil. Jadi kata
    wajib itu dasarnya apa? Siapa yang mewajibkan. Itu pilihan masing-masing mau pakai cara apa
    – Mempromosikan Blog juga bukan kewajiban. Memangnya kenapa kalau tidak mau, apakah berarti tidak
    akan ada yang datang? Tidak juga blog saya tidak pernah promosi tetapi tetap saja banyak pengunjungnya
    – SSL biasanya dipergunakan untuk website yang melakukan transaksi untuk melindungi transaksinya
    Kecuali ada transaksi di blog, maka sebenarnya penggunaan https tidak memebrikan pengaruh banyak
    Lihat saja tetap banyak tulisan dan artikel dari web tanpa HTTPS yang nongkrong di halaman SERP

    Saran saya, berpandangan boleh, tapi jangan memastikan. Banyak hal yang tidak seperti terlihat
    dan untuk itu sebaiknya banyak membaca dari berbagai sudut pandang agar bisa memberikan
    gambaran yang lebih lengkap dan bukan sekedar ini salah itu salah.

    • Hi Anton, terima kasih atas feedback. Pernyataan Anda diatas benar semua. Blogger bebas mau apa saja.

      Tapi seperti yang saya sampai kan diatas, untuk blogger profesional. Saya rasa yang baca artikel ini juga mereka yang ingin blognya bagus dan baik reputasinya. Saya juga menulis berdasarkan apa yang saya baca dan pengalaman blogger lainnya yang ingin hobinya bisa menghasilkan uang.

      Saya juga orang yang memulai sebuah blog karena hobi. Uang bukan prioritas saja, karena malas nulis juga. Tapi kalau blog bisa biayain domain dan hostingnya sendiri kenapa tidak?.

      Terima kasih

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...