Jakarta – Saat ini dunia teknologi semakin berkembang dan maju. Seiring dengan kemajuan ini, tidak sedikit orang yang tergila-gila dengan teknologi, baik dari segi hardware hingga software. Dengan kata lain, minat sesorang untuk mempelajari pemograman agar mereka juga bisa membuat sesuatu untuk kemajuan teknologi juga tinggi. Oleh karena itu, tidak tabu lagi bagi kita semua banyak situs yang menawarkan cara belajar programming online berbayar atau pun gratis.

Berikut ini adalah 12 situs yang menyediakan belajar coding tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun:

1. CodeAcademy

Salah satu tempat gratis yang paling populer untuk mempelajari coding adalah CodeAcademy . Bahkan, lebih dari 24 juta orang telah belajar bagaimana kode melalui pengalaman menarik perusahaan pendidikan ini. Di CodeAcademy, Kamu dapat menemukan langsung secara khusus pemograman apa yang Kamu minati seperti HTML & CSSJavaScriptjQueryPHPPython dan Ruby

2. Coursera

Didirikan pada tahun 2012 , Coursera telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan pendidikan – teknologi utama untuk – profit yang telah menawarkan lebih dari 1.000 program dari 119 lembaga. Meskipun Kamu dapat membayar untuk program tertentu untuk menerima sertifikat, ada sejumlah program pengantar pemrograman gratis di berbagai spesialisasi dari universitas seperti University of Washington, Stanford, University of Toronto dan Vanderbilt.

3. eDX

EDX adalah online platform-learning terkemuka yang bersifat open source bukan nirlaba. Didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012, sehingga Kamu akan belajar tentang teknologi mutakhir dan teori-teori terbaru.

4. Udemy

Didirikan pada tahun 2010 , Udemy adalah sebuah platform pembelajaran online yang dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan atau belajar keterampilan kerja. Walaupun ada program yang harus dibayar, ada juga kursus pemrograman gratisnya, yang diajarkan melalui pelajaran video, seperti  Programming for Entrepreneurs – HTML & CSS or Introduction to Python Programming.

5. aGupieWare

AGupieWare adalah pengembang aplikasi independen yang disurvei program ilmu komputer dari beberapa lembaga terkemuka di AS itu kemudian menciptakan kurikulum yang sama berdasarkan program gratis yang ditawarkan oleh Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley dan Columbia. Program ini kemudian dipecah menjadi 15 program: tiga kelas pengantar, tujuh kelas inti dan lima pilihan.

6. GitHub

GitHub situs yang menyediakan lebih dari 500 buku pemrograman gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda pada layanan Git repositori hosting populer berbasis web, yang berarti sering diperbarui oleh kolaborator.

7. MIT Open Courseware

Jika Kamu sudah belajar dasar-dasar, dan ingin masuk ke sesuatu yang sedikit lebih berat – seperti menjelajahi teori di balik coding – memanfaatkan situs courseware gratis MIT yang termasuk kelas seperti Introduction to Computer Science and Programming, Introduction to Programming in Java dah Practical Programming in C.

8. Hack.pledge ()

Ini adalah komunitas pengembang, yang meliputi beberapa pengembang tinggi-profil seperti Bram Cohen, penemu BitTorrent. Di sana, Kamu dapat menyempurnakan keterampilan pemrograman dengan belajar dari beberapa pengembang terkemuka di dunia

9. Code Avengers

Berdasarkan dari Selandia Baru, Code Avengers menyediakan kursus pemrograman interaktif yang akan mengajarkan Kamu bagaimana coding game, aplikasi dan situs web menggunakan JavaScript, HTML dan CSS. Setiap kursus memakan waktu hanya 12 jam dan tersedia dalam bahasa Inggris, Rusia, Belanda, Spanyol, Italia, Turki dan Portugal.

10. Khan Academy

Dibuat pada tahun 2006 oleh pendidik Salman Khan , Khan Academy adalah salah satu lembaga belajar online gratis. Dengan langkah demi langkah melalui video tutorial, Kamu dapat mempelajari bagaimana program gambar, animasi dan game menggunakan JavaScript dan ProcessingJS, atau mempelajari cara membuat halaman web dengan HTML dan CSS.

11. Free Food Camp

Di Free Food Camp Kamu akan belajar HTML5, CSS3, JavaScript, Database, DevTools, Node.js, Angular.js dan Agile oleh jaringan dan bergabung dengan komunitas profesional dan mahasiswa. Kamu bahkan akan bekerja sama pada keterampilan coding Kamu sehingga dapat membangun aplikasi gratis.

12. HTML5 Rocks

Proyek Google ini diluncurkan pada 2010 untuk melawan HTML5 Apple. Situs ini penuh dengan tutorial, sumber daya dan update HTML5 terbaru. Ini merupakan open source, sehingga para pengembang dapat bermain-main dengan kode HTML5. Karena ini lebih maju daripada kebanyakan kursus pengantar, Kamu mungkin ingin mendapatkan beberapa pengetahuan dan pengalaman sebelum melompat.

Itu dia, situs-situs untuk belajar pemograman online. Dengan begini, Kamu dapat menambah wawasan terurama di bidang coding.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.