PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Reksa DanaGimana Cara Kerja dan Keuntungan Reksadana di Bibit?

Gimana Cara Kerja dan Keuntungan Reksadana di Bibit?

Artikel ini adalah

Baru kenal reksa dana atau kamu lagi cari cara kerja reksadana? Kamu ada di artikel yang tepat. Soalnya saya mau bahas cara kerja reksadana di artikel kali ini.

Reksa dana adalah sebuah instrumen investasi.

Investasi reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Portofolio efek itu ada banyak, mulai deposito, obligasi dan saham.

Contoh gampangnya nih…

Kamu punya uang 1 juta, lalu ingin investasi di tiga portofolio efek di atas. Tapi sayangnya kamu gak ngerti sama sekali soal investasi.

Nah, di sinilah tercipta yang namanya instrumen reksa dana yang isinya ada tiga portofolio efek tadi.

Yang kelola produk reksa dana adalah Manajer Investasi. Jadi kamu tinggal investasi di produk reksa dana terbaik dan biarkan Manajer Investasi yang berpikir keras untuk mengelola uang kamu.

Asik kan ya?

Deposito vs Reksa dana

Kalau kita mau tarik struktur berdasarkan risiko, reksa dana berada dua tingkat di atas deposito dan obligasi.

Mayoritas kita mungkin lebih banyak tau dengan deposito. Yaitu produk yang diterbitkan oleh Bank.

Keuntungan deposito didapat dari hasil penerapan suku bunga yang sudah disepakati saat awal kamu ingin menyimpan dana kamu di deposito tersebut. Karena menggunakan sistem bunga, jadi keuntungan kamu sudah bisa dipastikan.

Beda dengan reksa dana yang mempunyai keuntungan yang tidak bisa dipastikan, sebab keuntungannya berupa return atau imbal hasil dan mempunyai risiko yang sangat kecil untuk jenis reksa dana pasar uang hingga risiko yang besar untuk jenis reksa dana saham.

Oleh karena itu, keuntungannya bisa jadi lebih besar dibanding deposito.

Reksa danaDeposito
Keuntungan tidak tetapMenjanjikan keuntungan yang tetap (fixed)
Reksadana di banyak keranjangMenempatkan uang di satu keranjang
Reksa dana dikelola oleh Manajer InvestasiDeposito dikelola oleh bank
Beda reksa dana VS deposito

Tapi ingat…. Di balik manisnya imbal balik reksa dana, ada risiko juga. Namanya juga investasi, pasti ada risikonya lah.

Risikonya sendiri berbeda-beda setiap jenisnya. Mulai dari yang low risk reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham yang punya risiko tinggi.

Untuk membeli produk reksa dana, kamu bisa langsung menghubungi Manajer Investasi atau bisa juga beli via Bank. Soalnya bank juga bantu jualin produk investasi reksa dana.

Kedua cara beli reksa dana yang saya sebut di atas termasuk cara yang ribet sih untuk di tahun 2021.

Ada cara yang lebih mudah untuk beli reksa dana, yaitu melalui APERD yang punya platform reksa dana.

Agen Penjual Efek Reksa Dana atau biasa dikenal dengan singkatan APERD adalah pihak ketiga dari investasi reksa dana. Mereka inilah yang menghubungkan antara pemilik modal, yaitu kamu dengan Manajer Investasi yang membuat dan mengelola produk reksa dana.

Ada banyak APERD yang tersedia di Indonesia dengan berbagai keunggulan masing-masing, hanya saya lebih memilih aplikasi Bibit sebagai marketplace reksa dana pilihan untuk saat ini.

Jadi, sekarang kamu udah tau kan cara kerja reksadana?

Apa aja keuntungan aplikasi reksadana Bibit?

Mungkin kamu bakalan bertanya-tanya kenapa beli reksa dana harus di marketplace seperti Bibit?

Ini tidak lain karena banyak kemudahan dan keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika membeli reksa dana dari APERD, khususnya Bibit.

Kalau beli di Manajer Investasi, kamu cuma bisa beli reksa dana produk keluaran Manajer Investasi tersebut. Tapi kalau di marketplace reksa dana, kamu bisa beli berbagai macam produk reksa dana dari berbagai Manajer Investasi.

bibit

Khusus di Bibit, kamu juga bisa banyak lakukan banyak hal saat berinvestasi reksa dana.

Bibit bakalan bantu wujudkan impian investasi kamu agar mencapai tujuannya.

Nah salah satunya ada fitur Goal Setting untuk menentukan tujuan investasi kamu. Bibit bakalan memberikan ilustrasi besar dana yang kamu perlukan tiap bulannya untuk mencapai goal tersebut. 

Jadi kemungkinan besar impian kamu bakalan terwujud kalau investasi bareng Bibit. 

Bayarnya juga mudah banget. Kamu bisa pakai Gopay Autopay agar setiap bulannya konsisten nabung reksa dana

Bagaimana, oke banget kan investasi reksa dana dengan aplikasi Bibit.

Selain mudah bisa beli berbagai produk reksa dana dari Manajer Investasi terbaik di Indonesia, kamu juga bisa dapat berbagai kemudahan dan keuntungan mulai investasi reksa dana bersama Bibit.

Udah jangan ragu, mulai aja dulu dengan modal kecil, sambil belajar reksa dana.

Yakinlah, kalau udah tau nikmatnya investasi, nanti bakalan ketagihan cuan dan lebih milih banyak investasi ketimbang belanja gaya hidup.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya! Jika ingin berbagai pengalaman investasi reksa dana bersama Bibit atau pertanyaan lainnya terkait cara kerja reksadana dan aplikasi Bibit, jangan ragu untuk tinggalkan komentar di bawah ini ya!

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend