Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka akun saham, bisa datang langsung ke sekurtias terkait, minta dijemput berkas, hingga pendaftaran online.

Setiap kesulitan dan kemudahan tentu memili nila plus dan minusnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ingin membahas dua metode yang sering dipakai calon investor untuk membuka aku efeknya, yaitu datang langsung ke sekuritas atau daftar via online akun saham.

Baik datang langsung ataupun daftar online memilik kelebihan dan kekurangannya. Saya pribadi dulu buat akun saham datang langsung ke sekuritas terkait. Tapi, tidak ada salahnya juga bila Anda mungkin lebih memilih daftar secara online.

Membuat akun saham dengan cara datang langsung ke kantor sekuritas

Opsi pertama untuk membuat akun saham atau akun efek bisa dengan cara datang langsung ke sekuritas terkait (tatap muka), menurut saya ini cara yang paling baik diaplikasikan untuk mereka yang baru pertama kali kenal saham.

Ini bertujuan agar saat mendaftarkan akun, Anda bisa dengan leluasa bertanya tentang saham atau informasi lainnya.

Mendaftar secara langsung akan mempertemukan Anda dengan CS sekuritas terkait. Namun, sebelum datang ke sekuritas, pastikan Anda memiliki dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar, seperti KTP, NPWP (optional) dan Cover buku tabungan.

Kelebihan daftar offline

  • Bisa bertanya tentang saham lebih banyak
  • Dibantu isi formulir pendaftaran oleh CS
  • Materai disediakan sekuritas (biaya tambahan)

Kekurangan daftar offline

  • Menyita waktu Anda karena harus meninggalkan kegiatan lainnya
  • Lupa bawa KTP atau Cover tabungan bisa berakibat gagal daftar

Membuat akun saham secara online

Pendaftaran akun saham online adalah kemudahan yang luar biasa dari sekuritas dan IDX. Pendaftaran online ini sangat berguna untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu ke sekuritas atau bagi mereka yang di daerahnya belum tersedia sekuritas.

Hampir semua sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh IDX sudah memiliki sistem daftar online akun saham atau akun efek dengan produser yang sama dengan daftar offline, hanya saja terdapat upaya lebih untuk mendaftar online ini.

Anda harus bersedia mengeluarkan uang lebih untuk biaya print formulir, fotokopi, materai hingga biaya pengiriman jasa kurir (kurir apa aja boleh). Namun, setidaknya dengan cara ini Anda bisa lebih menghemat waktu dalam mendaftar akun saham.

Kelebihan daftar online

  • Waktu untuk mendaftar lebih flexible
  • Tidak banyak menyita waktu Anda, karena disini secara online

Kekurangan daftar online

  • Tidak bisa bertanya tentang saham lebih lanjut
  • Tidak ada yang bantu dalam pengisian form
  • Harus menyiapkan Materai sendiri
  • Menyiapkan dokumen untuk dikirim
  • Biaya extra untuk pengiriman (kecuali minta pick up)
  • Waktu pendaftaran lebih lama karena termakan waktu pengiriman kurir

Jadi, lebih baik daftar secara online atau datang langsung ke sekuritas?

Sampai disini jelas, kalau mendaftar secara offline atau online memiliki kekurangan dan kelebihan masing-maising. Lalu, cara mana yang terbaik untuk mendaftar akun saham?

Jawabnya dua dan tergantung Anda sendiri.

Pertama: mendaftar secara offline menjadi keharusan menurut saya, bila anda seorang pemula saham yang baru pertama kali buka akun saham. Ini karena, bila Anda seorang pemula dapat bertanya banyak hal tentang saham, tentu pertanyaan simple saja.

Saya pribadi dulu pertama kali kenal saham juga daftar secara offline guna untuk bertanya secara detail tentang saham, mulai cari pembelian, jam dagang bursa, hingga komisi yang dibebankan. Semua bisa dijawab dengan mudah oleh CS bila Anda mendaftar secara tatap muka langsung.

Jadi, saya menyarankan untuk Anda yang pemula untuk menyempatkan waktu untuk pergi ke kantor sekuritas terdekat di kota Anda. Saat ini banyak sekuritas yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Kedua: mendaftar secara online lebih baik dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa dengan saham dan untuk mereka yang di daerahnya memang belum tersedia kantor cabang sekuritas.

Karena secara garis besar tidak ada prosedur yang berbeda antara daftar secara offline maupun online. Formulir yang disuguhkan juga sama dan perlakuannya juga sama, hanya saja akan terasa sulit mengisinya bagi mereka yang pertama kali buka akun saham.

——————–

Nahh… begitulah sekiranya tentang pendapat saya tentang pendaftaran akun sekuritas baik secara tatap muka atau secara online. Semua ada kelebihan dan kekurangnya, sehingga Anda tidak perlu galau untuk berpikir lebih baik daftar offline atau online.

Sekian artikel saya kali ini, bila Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang pendaftaran silahkan meninggalkan komentar atau bertanya langsung via email: halo@irfan.id.

Bergabung dengan irfan™

262FansSuka
50PengikutMengikuti
50PengikutMengikuti
202PengikutMengikuti

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Wajib Baca