Cara Mudah Belajar Bahasa Korea, Tempat Belajar Bahasa Korea Gratis!

“Bahasa adalah jendela dunia” mungkin itu adalah kalimat yang mungkin biasa kita dengan dimana-mana kalau udah bicarain soal belajar bahasa. Selain sebagai alat komunikasi bila pergi keluar negeri, belajar bahasa asing dapat meningkatkan daya ingat otak karena terus diasah dengan kosa kata baru.

Bahasa asing yang semakin sering kita lihat dan dengar memaksa kita untuk membuka google translate dan kamus agar dapat mengetahui artinya. Sedikit cerita pribadi saya lebih sering terdorong menggunakan bahasa asing sejak kelas lulus SD, karena setelah lulus SD saya masuk Pesantren selama 4 tahun, sehingga bahasa Arab dan bahasa inggris sudah jadi makanan sehari-hari belum lagi saat kuliah juga full-english hingga kerja saat juga sama bule, jadi masih pakai bahasa inggris juga.

Jadi… Pada artikel kali ini saya akan membahas cara belajar bahasa dengan mudah, khususnya Korea. Kenapa belajar bahasa Korea yang saya bahas? Ya… simplenya karena kebetulan saat ini saya sedang mencoba belajar bahasa Korea untuk mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan S2 di Korea, walaupun tercapai atau tidak yang pasti coba belajar dulu.

Tidak bisa dipungkiri lagi pasti kebanyakan orang (tidak hanya di Indonesia) belajar bahasa Korea karena demam K-POP, K-Drama, K-RealityShow, dan K… lainnya termasuk saya sendiri dan orang yang sedang baca artikel ini. Pasti kita akan menemukan kesulitan untuk memahami bahasa mereka karena kalakter huruf yang beda, alhasil ketika dengan lagu Kpop dan KDrama cuma bisa terpaku pada subtitle yang kadang hilang kadang ada.

Oleh karena itu, saya mau mengajak yang ingin belajar bahasa korea untuk berbagi cara belajar bahasa korea tanpa mengeluarkan uang (biaya internet gak termasuk). Ada banyak cara untuk belajar bahasa sebenarnya, khususnya korea. Karena kita bisa mengandalkan media musik dan video untuk belajar.

Nah…. untuk Step 1: Mengenal Huruf Korea belajar bahasa korea adalah menguasai karakter huruf. Berikut ini adalah komponen penting bahasa, yaitu huruf hidup dan huruf matinya. perlu dingat saya disini tidak mengajarkan bahasa korea, tapi hanya memberi referensi cara belajar dan tempat dimana biasa saya belajar bahasa korea.

Vowels : –
“a”
“ya”
“eo”
“yeo”
“o”
“yo”
“oo” or “u”
“yoo” or “yu”
“eu”
“i”
Consonants : –
“g” or “k”
“n”
“d” or “t”
” r ” or ” l “
“m”
“b” or “p”
“s”
” ch “
” ch’ “
” g’ ” or ” k’ “
” d’ “
” p’ “
” h “

Oke… kalau sudah lihat tabel diatas dan merasa tambah penasaran untuk belajar bahasa korea. saya akan memberikan table yang sudah berbentuk silabus dan sudah ada bunyinya. silahkan download dan print table warna di bawah ini, lalu tempelkan di tempat kamu bisa lihat setiap hari.

Hangul Hangul

Agar kareakter hangul diatas lebih meresapi hati, cobalah tulis dan temukan nama artis favorit kamu, atau coba cari sebuah kaliat hangul lalu tulis dalam karakter alpabet. Sering-sering dilihat tabelnya agar selalu nempet di otak.

Setelah pengenalan hangul selesai, di Step 2: Pengenalan & cara baca hangul merupakan langkah selanjutnya. disini kamu akan belajar lebih dari dari karakter-kareakter diatas melalu media video yang akan saya arahkan langusng untuk belajar bahasa korea ke ahlinya. Kabar buruknya adalah sang guru merupakan orang korea yang native berbahasa inggris, jadi tidak ada bahasa indonesia disini… eemmm tapi akan saya usahakan mencari sumber baru dengan bahasa indonesia.

Guru bahasa korea yang saya masuk adalah nara sumber dari situs Seemile.com, kamu dapat langsung belajar melalui website atau video.

Saya pribadi lebih senang melalui video, karena disamping mudah untuk dipahami karena kita langsung mendengarkan dan juga dapat langsung melihatnya. berikut ini saya berikan playlist step 2 untuk memahami hangul.

Kalau sudah menguasai pengentahuan dasar, boleh dilanjut ke playlist selanjutnya untuk pemula bahasa korea. di playlist ini kamu akan di ajarkan mengekspresikan berbagai ungkapan seperti memperkenalkan diri, tanya waktu, lokasi dan masih banyak lagi. silahkan liat dibawah ini untuk lebih lanjut.

Intro to Hangul 2
(seemile.com) Korean alphabet & reading 한국어 자음, 모음, 읽기 by seemile.com
22:27
2. Korean alphabet 2 (Korean language) by seemile.com
30:21
3. "My name is Jenny" +"Good bye" (Korean language) by seemile.com
26:21
4. "Location" expression (Korean language) by seemile.com
34:38
5. about "Action", Verb (Korean language) by seemile.com
39:01
6. "Time" expression 시간, 수 (Korean language) by seemile.com
37:21
7. Leisure time - watching movie, climbing 주말 활동 영화기기 등산 (Korean language) by seemile.com
35:52
8. Shopping expression 저는 오늘 백화점에 갔습니다. (Korean language) by seemile.com
38:23
9.Day & Month, appointment expressions 날짜 약속 표현 (Korean language) by seemile.com
35:15
10. Season, Weather expressions (Korean language) by seemile.com
37:08
11. Expressions about Family 가족 (Korean language) by seemile.com
38:38
12. Thanks, 감사합니다 - Gratitude, Apologies 감사 사과 표현 (Korean language) by seemile.com
28:28
13.Hobby expression in Korean 취미 (Korean language) by seemile.com
31:41
14. "Places" expression in Korean (Korean language) by seemile.com
43:59
15.Health, cough, cold, heat related expressions 건강 감기 열 표현 (Korean language) by seemile.com
28:58
16. Means of transportation 교통 수단 (Korean language) by seemile.com
37:08
17. "Travel & Vacation" expression 여행 휴가 표현 (Korean language) by seemile.com
33:09
18. Appearance and Clothes expression 외모 (Korean language) by seemile.com
34:33
19. Feels good, sad - Emotions and moods 감정 및 기분 (Korean language) by seemile.com
42:20
20."Letter" expression 편지 쓰기 (Korean language) by seemile.com
31:54

Nahh… kalau sudah sampai sini, sudah mantap. saya pribadi baru sampai pemula video diatas. tapi akan saya lanjut lagi kebagian selanjutknya. Setelah belajar dasar karakter dan kelas pemula, pasti sudah tau banyak dong.. saatnya untuk menjutkan ke Step 3: Korean Basic Conversation. disini kamu akan belajar percapakan sehari-hari bila suatu saat kamu terpilih traveling ke korea, bisa jadi dasar untuk berinteraksi dengan warga sekitar.

Berikut ini ada 2 playlist yang masih sama nara sumbernya Seemile.com, percakapan dasar 1 dan percakapan dasar 2.

Yeee… Lengkap sudah untuk pendidikan dasar belajar bahasa korea. perlu diingat lagi ini adalah sumber yang saya pakai selama ini, kalau ada kekurangan harap di maklumi.

Tapi.. pasti tidak lengkap kalau kita belajar bahasa tapi tidak menambah kosa kata baru disetiap harinya. tenang saja, saya punya sumber bagus lainnya untuk belajar bahasa korea, yaitu KoreanClass101.com. Situs belajar bahasa korea ini memiliki fitur-fitur terbaik untuk belajar bahasa, sehingga perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan fitur premium. Tapi saya tidak mengarah ke sana, karena ada fitur gratis yang bisa kita dapatkan, yaitu kosa kata harian. Dimana setiap hari kamu akan mendapatkan emial berupa kosa kata baru besarta kalimatnya, sehingga dapat menambah ilmu bahasa korea, bagus bukan?

Untuk mendaftar, bisa langsung ke KoreaClass101.com melalui email atau sosial media.

screenshot-25

Setelah mendaftar dan menjadi anggota, kamu akan di tawarkan paket premium untuk memakai fitu-fitur terbaik mereka, tapi sebelumnya ada TRIAL selama 7 Hari.

screenshot-27

Ini dia contoh email yang akan di dapatkan setiap hari.

screenshot-26

Selain belajar bahasa korea melalui situs dan video kursus, kamu juga dapat belajar melalui lagu Kpop atau Reality Show korea, jangan hanya mendengar dan melihat, tapi coba artikan dan pahami, sehingga bisa jadi mendorong semangat belajar bahasa.

Seemile.com adalah situs favorit saya untuk belajar bahasa korea, bila kamu punya referensi lainnya bisa saling share di kolong komentar. Mohon maaf karena saya hanya bisa memberikan sumber tempat belajar yang berbasis bahasa inggris karena belum coba mencari versi bahasa indonesia.

Cukup sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. silahkan bertanya apabila ada yang kurang jelas di kolom komentar atau untuk saling sapa. Terima Kasih.

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
200PengikutMengikuti

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja