PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20)

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20)

Cocok untuk pemula dengan modal yang terbatas dan Software trading BNI Sekuritas sangat mudah digunakan

Siapa tau mau baca

Kartu Kredit BRI Easy Card, Menjawab Kebutuhan Keluarga Millenial “Jaman Now“

Di jaman era digital saat ini, kemudahan transaksi perbankan adalah hal yang paling utama untuk membuat hidup lebih mudah dan aman. Ditambah lagi, saat...

Mengenal Kartu AKSes KSEI, KTPnya Para Investor Saham (UPDATE: 20/6/19)

Sudah punya kartu AKSes KSEI? kalau belum punya berarti anda belum termasuk sebagai investor saham di Indonesia. Jika anda sudah punya kartu...

Wujudkan 1001 Impian Dengan Cara Cerdas Kelola Keuangan Bersama BNI “Pengelolaan Finansial Pribadi”

Mengelola keuangan pribadi merupakan hal yang wajib dipelajari dan dilakukan oleh setiap individu, baik muda ataupun yang sudah berkeluarga. Ini bertujuan untuk mengwujudkan kestabilan...

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20)

Cocok untuk pemula dengan modal yang terbatas dan Software trading BNI Sekuritas sangat mudah digunakan

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko dibawah Forex dan di atas Reksa Dana.

Lalu, bagaimana cara agar dapat terlibat dalam transaksi jual-beli saham di bursa saham Indonesia?

- Iklan -

Untuk melakukan transaksi jual-beli di pasar saham, yang pertama kali anda lakukan adalah memilih dan mendaftarkan diri pada broker saham terdekat di kotamu. Ada lebih banyak broker saham domestik dan internasional yang terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), oleh karena itu pastikan broker tempat anda menanam modal saham terdaftar dan di awasi oleh OJK ya.

Broker yang saya pilih untuk mendaftarkan diri agar dapat bertransaksi saham adalah BNI Sekuritas. BNI Sekuritas adalah salah satu broker terpercaya di Indonesia, bagaimana tidak BNI Sekuritas adalah anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk yang berdiri pada 12 April 1995.

Kenapa  mendaftar di BNI Sekuritas?

Asalannya cukup mudah bagi saya untuk menjawab kenapa mendaftar di BNI Sekuritas dari pada di broker-broker lainnya. Itu karena pada saat pertama kali saya kenal pasar saham di tahun 2014 hanya BNI Sekuritas yang memberikan kemudahan pendaftaran dengan modal minimal 1 juta rupiah.

Bahkan saat sedang promo, setoran awal cukup 100 ribu. Ini merupakan termasuk kategori dengan dana awal yang kecil, jadi siapapun bisa daftar dengan modal sekecil itu.

Bagaimana cara mendaftar di BNI Sekuritas? (Update 10/8/17)

Mendaftar di BNI Sekuritas di tahun 2017 kini lebih mudah, karena sudah ada sistem pendaftaran online. Ini sangat berguna bagi mereka yang di kotanya tidak terdapat kantor cabang BNIS.

Berikut cara daftar BNI Sekuritas secara offline dan online:

Cara daftar langsung di kantor BNI Sekuritas 

Untuk mendaftar menjadi anggota di BNI Sekuritas, anda di haruskan memiliki modal awal untuk di setor minimal 1 juta. Modal awal yang di setor tersebut bukan untuk pendaftaran, tetapi untuk di transaksikan, jadi pure tidak ada biaya pendaftarannya.

Tapi ingat, dana setor awal itu jangan di jadikan cash dan dibawa saat daftar, tapi di simpan saja di bank untuk nanti di masukkan di rekening saham saat akun untuk transaksi sahamnya selesai.

BACA JUGA: Hal-hal Yang Wajib Dilakukan Oleh Pemula Saham Saat Masuk Dunia Saham

Setelah dana tersedia dan keyakinan untuk investasi di pasar modal saham sudah kuat, barulah anda pergi ke kantor BNI Sekuritas yang sudah menjadi pilihan untuk menjadi broker anda. Sebelum pergi ke kantor broker, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen di bawah ini:

Persyaratan Permohonan untuk Nasabah Perorangan dan Korporat :

  1. Formulir Registrasi Nasabah yang terdiri dari :
    1. Formulir Isian Pembukaan Rekening Efek Reguler
    2. Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Reguler
    3. Formulir Specimen Tanda tangan
    4. Formulir Permohonan Batas Transaksi Rekening Efek Reguler
  2. Formulir Disposisi Sales

Dokumen Pendukung untuk Nasabah Perorangan :

  1. Copy Identitas (KTP/Paspor) Nasabah dan kuasanya (jika dikuasakan)
  2. Copy Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Dokumen Pendukung untuk Nasabah Korporat :

  1. Copy Anggaran Dasar Perusahaan terbaru
  2. Copy Akta Pendirian Perusahaan
  3. Copy Akta Susunan Pengurus terbaru
  4. Copy SIUP
  5. Copy NPWP
  6. Copy Surat Izin Domisili / Surat Izin Tempat Usaha
  7. Copy Identitas (KTP/Paspor) penanggung jawab perusahaan
  8. Surat Kuasa untuk melaksanakan transaksi (jika dikuasakan)
  9. Copy identitas (KTP/Paspor) penerima kuasa (jika dikuasakan)
  10. Laporan Keuangan (Neraca dan Laba-Rugi) 3 (tiga) tahun terakhir

Buat yang tidak punya NPWP jangan risau, di situlah letak status mahasiswa akan di gunakan, jadi jangan lupa bawa kartu mahasiswa karena akan diminta untuk membuat “Surat keterangan tidak memiliki NPWP”.

Setelah persiapan dokumen selesai, bisa langsung ke kantor BNI Sekuritas yang ada di daerah anda. Silahkan cek alamat kantor cabang BNI Sekuritas disini.

Ketika anda sudah dikantor BNI Sekuritas di cabang masing-masing kota, anda dapat memilih ingin mendaftar sebagai investor di pasar Reguler atau pasar Syariah, karena baik pasar Reguler dan pasar Syariah sangat berbeda.

Di pasar saham Reguler anda dapat bertransaksi dengan jual-beli saham semua sektor seperti perbankan, konsumen, pertambangan, agro dan lainnya, sedangkan untuk pasar saham Syariah anda tidak akan bertemu dengan saham-saham yang memiliki bisnis riba dan haram, seperti sektor perbankan dan rokok atau saham minuman alkohol karena sudah pasti itu tidak sesuai dengan sistem perdagangan syariah.

Kalau sudah pilih reguler atau syariah, anda akan mengisi dokumen pendaftaran pembukaan akun efek yang akan diberikan oleh sales.

Setelah pendaftaran dan dokumen disini semuanya, akun efek akan selesai paling lambat 2 minggu setelah pendaftaran, jadi silakan menunggu. Bila akun efek selesai, akan menerima email berupa user id, password dan pin trading, harap segera di ganti password dan pinnya bila telah menerima email tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara daftar online BNI Sekuritas

Di tahun 2017, kini mendaftar di BNI Sekuritas  sebagai nasabah semakin mudah. karena situs BNI Sekuritas kini telah menyediakan form yang dapat diisi, di cetak, dan langsung dikirim kan ke kantor pusan BNIS di Jakarta.

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20) 7

Setelah klik tombol daftar, anda akan diarah ke halaman pendaftar yang terdiri dari 4 bagian:

1. Data pemohon

Bila pengisian sudah selesai dan anda yakin dengan semua data yang telah diisi, silakan klik “Simpan”.

Sampai disini, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengecek email yang telah didaftarkan, seharusnya semua data formulir tadi akan dikirimkan ke email. Print semua lampiran yang ada diemail tersebut.

Lalu, bubuhkan tanda tangan pada kolom tandan tangan yang membutuhkan materai (biasa materai 6000), setelah ditempel dan tanda tangan, masukkan kedalam berkas dokumen dengan rapi.

Perlu diingat untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan seperti foto kopi KTP, NPWP, Cover tabungan dan seluruh lampiran yang wajib dikirim ke markas BNI Sekuritas.

Sesuai dengan petunjuk diatas, kirimkan dokumen tersebut ke alamat BNI Sekuritas.

BNI Sekuritas (Unit Online Trading)
Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 16
Jl. Jend.Sudirman Kav. 76 – 78 Jakarta 12910

Telp. (021) 2554-3946

Sebisa mungkin menggunakan cara daftar online ini bila kota tempat tinggal anda tidak ada cabang BNI Sekuritas, karena bagaimanapun lebih baik berjumpa langsung dengan CS BNIS agar dapat bertanya langsung seputar produk mereka.

Jual-beli saham di BNI Sekuritas melalui software, aplikasi dan web based

BNI Sekuritas memiliki tools trading yang lengkap, mulai dari sofware, aplikasi mobile serta web based yang di beri nama Esmart V3 dan Zaisan. Semua tools tersebut dapat anda pakai sesuai dengan kebutuhan, bila sedang berada di rumah atau di kantor anda dapat menggunakan software PC untuk bertransaksi, bila sedang dalam perjalanan anda bisa menggunakan aplikasi di mobile Android/iOS/Blackberry, dan juga tersedia lewat browser.

Sebelum bertransaksi, silakan download terlebih dahulu tools-nya

Setelah tools diatas ter-install di perangkatmu saatnya untuk melakukan transaksi. perlu diingat bahwa ada tarif dan ketentuan transaksi yang harus di patuhi oleh pengguna sebagai berikut.

Fitur Rekening Reguler :

Tarif

Komisi transaksi untuk beli 0.25% dan jual 0.35% net (non online), atau sebesar 0.15% untuk beli dan 0.25% untuk jual (online). Negosiasi transaksi dapat diberikan untuk transaksi besar.

Deposit Awal / Jaminan Awal  

Deposit awal dapat berupa dana dan atau Efek yang nilainya minimal Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) kecuali pada acara-acara khusus. Deposit berupa Efek akan dikenakan haircut sesuai dengan ketentuan yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko.

 Jaminan

Dana dan atau Efek yang mengendap di Rekening Reguler dapat dijadikan jaminan penyelesaian transaksi oleh BNIS, sesuai dengan Daftar Efek Jaminan Rekening Reguler yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.

Plafon Outstanding dan Batas Rasio

Plafon Outstanding dibandingkan dengan Jaminan Awal adalah sebesar-    besarnya 3:1 dengan pemberian maksimal plafon Outstanding adalah Rp.25.000.000.000,- (Dua Puluh Lima Milyar Rupiah) atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BNIS. Plafond Outstanding bersifat tetap  berdasarkan pengajuan Nasabah, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai di bawah Rp.50 juta, Plafond Outstanding senilai dengan asset-nya (1:1) atau dengan Batas Rasio 50%, sebagaimana yang saat ini berjalan.
  2. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai Rp.50 juta sampai dengan Rp.100 juta, dapat mengajukan Plafond Outstanding senilai 200% dari asset-nya (2:1) atau dengan Batas Rasio 65%.
  3. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai lebih dari Rp.100 juta, dapat mengajukan Plafond Outstanding senilai 300% dari portofolionya (3:1) atau dengan Batas Rasio 75%

Transaksi

  1. Efek yang dapat dibeli di Rekening Reguler mengacu pada Daftar Efek Rekening Reguler yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.
  2. Efek yang dibeli namun di luar Daftar Efek Rekening Reguler, akan dikenakan haircut sebesar 100% dan maksimal pembelian senilai deposit awal.

Batas Transaksi

Batas Transaksi pada saat pembukaan Rekening Reguler adalah senilai dengan Plafond Outstanding yang diajukan oleh Nasabah.

Batas Transaksi / Trading Limit Nasabah bersifat fluktuatif ditentukan berdasarkan Plafon Outstanding, Deposit atau saldo dana dan /atau saldo efek (Portofolio) serta Kewajiban Nasabah.

Batas Transaksi / Trading Limit ditentukan yang terkecil diantara F1 dan F2 dengan formulasi sebagai berikut :

F1= Plafon Outstanding – Kewajiban

F2=((Portofolio setelah haircut * Batas Rasio) – Kewajiban) / (1-Batas Rasio)

Batas Transaksi di Rekening Reguler akan berkurang jika :

  1. Dilakukan Pembelian Efek atau penarikan Efek.
  2. Timbul bunga dan atau denda.
  3. Dilakukan penarikan dana

Jangka Waktu

Setiap transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah (T+0) wajib diselesaikan oleh Nasabah pada saat jatuh tempo ( T+2).

Pengendalian Resiko

  1. Bagi nasabah yang memiliki ratio transaksi 2:1 atau 65%, dan 3:1 atau 75% akan berlaku jual paksa (forced sell) oleh BNIS jika rasio mencapai 90% atau lebih, atau Nasabah tidak melakukan penyelesaian kewajiban transaksi pada T+2 sesi I. Sedangkan nasabah yang tidak mengajukan permohonan kenaikan ratio transaksi, tetap mengacu pada aturan yang ada saat ini.
  2. Jual paksa dilakukan untuk transaksi yang dilakukan Nasabah pada T+0, dikecualikan Efek yang dibeli Nasabah menggunakan dana sendiri, dengan atau tanpa persetujuan Nasabah.
  3. Pembelian oleh Nasabah dapat dilakukan kembali setelah penyelesaian dilakukan oleh Nasabah sebelum atau pada T+2 sesi I, atau telah dilakukan jual paksa oleh BNIS pada T+2 sesi II.

Bunga Saldo Kredit dan Denda

Bunga Saldo Kredit dan Denda ditentukan berdasarkan kebijakan yang berlaku di BNIS. Untuk denda, mulai tanggal 1 September 2011 diberlakukan sebesar 36% p.a.

Setelah anda paham betul ketentuan diatas, saya akan coba memberikan arahan dasar saja bagaimana cara menggunakan Esmart pada windows os, karena untuk bertransaksi sendiri sudah ada user guide yang dikirimkan oleh BNI Securities melalui email.

Membeli Saham Dengan ESmart BNI Sekuritas

Setelah tahap pendaftaran selesai dan user serta password telah di berikan oleh BNI Sekuritas, kini saat melakukan praktik membeli saham.

Untuk membeli saham, BNI Sekuritas menawarkan platform yang cukup beragam. Mulai dari sofware untuk PC, Aplikasi mobile dan Trading Web base. Berikut rinciannya, silakan di download terlebih dahulu.

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20) 12

Kalau sudah dipersiapkan semua, saatnya kita melakukan pembelian. Cara singkat pembelian saham dengan ESmart ini saya lakukan melalui PC Windows. Pastikan PC ter-install JAVA.

Pertama: Bukan software Esmart yang telah diinstal (pastikan selalu menggunakan versi terbaru)

bni sekuritas

Setelah terbuka, akan muncul halaman awal aplikasi login. Silakan masukan Userid dan Password yang telah dikirimkan oleh pihak BNI Sekuritas. Jangan lupa untuk menentukan pilihan Reguler atau Syariah, sesuaikan dengan saat anda mendaftar.

Kedua: Setelah masuk ke software, buka pada menu Transaction > Login Trading.

screenshot-33

Saat pop up Login Trading keluar, silakan masukkan PIN default yang telah dikirim BNI Sekuritas. Saat pertama kali memakai PIN, anda akan langsung di mintai untuk mengubah PIN baru sesuai dengan keinginan. Hanya PIN yang dapat diubah-ubah, tapi untuk User dan Password hanya bisa pakai yang diberikan oleh BNI Sekuritas.

screenshot-34

Ketiga: Setelah penggantian PIN selesai, saatnya membeli saham. Untuk membeli saham pastikan dulu dana sudah ditransfer ke Rekening Virtual yang telah diberikan oleh BNI Sekuritas, tujuannya agar dana tersebut dapat dipakai untuk membeli saham setidaknya saldo awal adalah Rp 1,000,000.

Untuk membeli saham klik menu Transaction > Entry Buy (untuk cara cepat bisa pakai F2 sebagai shortcut).

Saat pop up Entry Buy terbuka, terlebih dahulu memasukkan PIN trading (yang sudah diganti baru tadi) lalu klik pada tombol save, tujuannya agar saat mau beli saham selanjutnya tidak perlu masukkan PIN lagi.

screenshot-35

Setelah PIN dimasukkan, silakan pilih saham apa yang ingin beli (saya beri contoh saham PT. Bank Negara Indonesia ,Tbk dengan kode BBNI.JK). Untuk melihat kode-kode saham milik perusahaan dapat diliat di situs IDX, atau bergabung ke forum Stockbit.com yang lebih cetar, kalau perlu hafal kode-kode saham perusahaan agar saya melakukan transaksi atau melihat chart tinggal masukkan kode saham saja.

Setelah memilih BBNI coba perhatikan kotak Price dan Lot, pada kotak Price silakan masukkan harga saham yang ingin dibeli (lihat di kolom Offer) dan Kolom lot untuk memasukkan jumlah lot yang ingin dibeli (1 lot = 100 lebar saham). Pada screenshot diatas dapat dilihat saya ingin membeli BBNI diharga Rp 5,300 sebanyak 1 lot, itu artinya saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 530,000 untuk membeli saham BNI.

Bila ingin membeli dengan semua cash atau saldo yang anda punya, tinggal tekan tombol Max (Cash), dengan begitu anda akan menggunakan semua uang yang ada di saldo untuk membeli saham BBNI. Bila harga dan jumlah lot yang diinginkan sudah dipasang, klik tombol Send untuk melakukan aksi beli.

Sampai disini, akhirnya proses pembelian selasai. Contoh diatas saya masukkan harga beli Rp 5,300 jadi masuk dalam order tunggu, jadi belum terbeli. kalau mau langsung terbeli sahamnya, harus menggunakan harga yang Rp 5,550 tanpa harus tunggu langsung dapat sahamnya.

Sebagai catatan kalau sudah jago dan berani ambil resiko, boleh pakai transaksi dengan Max (T3) agar dapat membeli saham 2x lipat dari saldo yang kita punya, enaknya disitu. Tapi perlu diperhatikan lagi syarat dan ketentuan penggunakan T3 ini, silahkan baca lagi diatas atau bertanya langsung dengan broker anda agar tidak tersesat.

Untuk melihat saham apa yang sudah kita beli, silakan masuk ke menu Account > Portofolio. di Portofolio kita dapat melihat jumlah dana, saham yang dibeli dan informasi kesedian dana T1 sampa T3.

Membeli Saham Dengan Zaisan BNI Sekuritas (Update 28/10/16)

Setelah saya menulis artikel ini, banyak diantara mereka yang mampir ke blog ini dengan keyword “Cara membeli saham dengan zainsan BNIS” jadi saya akan coba memberikan sedikit gambaran bagaimana cara bertransaksi saham beli ataupun jual dengan zaisan BNIS, yaitu platform transaksi saham melalui web based.

Bagi saya Zaisan BNIS ini sangat membantu sekali sebagai salah satu platform untuk transaksi saham.Karena dengan web based, kita dapat bertransaksi dengan gadget atau laptop siapapun. Kita tidak pernah tau kapan good news atau bad news pasar saham muncul, jadi dengan adanya zaisan ini sangat mudah mengambil tindakan beli-jual saham walaupun pakai gadget teman ataupun gadget umum tanpa sibuk-sibuk meng-install aplikasi trading BNIS.

Yang pertama kali wajib anda lakukan adalah membuka alamat website www.zaisanbnis.com (pastikan koneksi internet stabil agar semua berjalan mulus)

Setelah halaman situs terbuka, bentuknya akan seperti ini. perhatikan kolom warna merah, isi ID dan pass untuk login (ID dan pass yang biasa dipakai saat trading di software atau app)

screenshot-59

Setelah melakukan login, selanjutnya masuk ke halaman trading dengan memasukkan pin trading, Klik logo Z maka sidebar akan terbuka, pilih login.

screenshot-60

Setelah klik login, akan muncul halaman seperti dibawah ini, masukkan pin dan klik login.

screenshot-61

Bila ingin beli-jual saham klik tombol buy/sell yang terdapat pada kiri bawah halaman, lalu akan muncul pop-up seperti yang saya lingkari dibawah ini. isi form beli-jual sesuai dengan keinginan.

screenshot-62

Bila telah membeli-menjual saham, anda dapat melihat di bagian ACCOUNT pada sidebar kiri untuk melihat informasi saldo, limit trading, dan lainnya.

Kalau mau lihat TRADE WATCH bisa klik pada tombol yang ada di bawah Chart. kalau ingin melihat chart saham, silakan klik tombol CHART seperti pada gambar dibawah ini. Semua kebutuhan informasi pasar ada di menu MARKET.

screenshot-63

Saat klik menu CHART, maka akan muncul pop up seperti ini. Anda dapat memilih, membandingkan saham, ataupun membuat analisa sendiri dengan menggunakan drawing tools.

screenshot-64

Lebih kurang begitulah cara beli-saham dengan Zaisan BNIS.

Kelebihan BNI Sekuritas

Sebagai sekuritas yang punya nama besar di pasar modal, BNI Sekuritas memiliki kelebihan yang mengungguli sekuritas lainnya. Adapun kelebihannya adalah:

  1. BNI Sekuritas merupakan sekuritas ternama, sehingga reputasi dan kehandalannya sebagai broker saham sudah terbukti. Apalagi sekuritas ini merupakan anak perusahaan dari Bank BNI.
  2. Biaya transaksi yang terjangkau. BNI Sekuritas termasuk sekuritas yang memberikan biaya transaksi rendah, yaitu Beli 0,17% – Jual 0,27%.
  3. Setoran awal kecil cukup dengan Rp 1 Juta, namun saat promo setoran awal hanya Rp 100,000
  4. Hadir dengan sistem trading online baru. BNI Sekuritas baru saja meluncurkan sistem trading onlne baru yang bernama BIONS. BIONS hadir dalam bentuk aplikasi yang baru tersedia di Google Play Android dan web based di bions.id
  5. Bisa beli saham, reksa dana dan obligasi dalam satu platform. BIONS tidak hanya menyediakan produk saham, namun juga reksa dana.

Tanya jawab seputar BNI Sekuritas (UPDATE: 27/4/20)

Apa itu Aplikasi BIONS?

BIONS merupakan sistem online trading terbaru berbasis aplikasi yang dapat dijalankan pada smartphone Android

Bagaimana cara membuka akun BNIS Sekuritas secara online?

Kamu bisa melakukan penginputan data dan melampirkan dokumen kelengkapan melalui halaman ini.

Berapa fee transaksi BUY/SELL di BNI Sekuritas?

Akun REGULAR: Beli (Online) 0.17%, Jual (Online) 0.27%
Akun SYARIAH: Beli (Online) 0.17%, Jual (Online) 0.27%
Akun MARGIN: Beli (Online) 0.17%, Jual (Online) 0.27%

Berapa setoran awal di BNI Sekuritas?

Setoran Awal (Online) untuk akun REGULER dan SYARIAH adalah Rp 1.000.000,-. Sedangkan akun MARGIN adalah Rp 200.000.000,-

Bagaimana cara menghubungi CS BNI Sekuritas?

Email : cmm@bnisekuritas.co.id
Customer Care : 021-14016
Whatsapp : 0811-1086-360

Nah… itulah cara mendaftar dan beli saham dengan BNI Sekuritas, semoga bermanfaat. Beri komentar bila ada pertanyaan, kritik atau saran. Terima kasih

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

Apa itu Saham? Ini Cara Investasi dan Dapat Untung dari Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang populer dikalangan investor, karena memberikan return yang tinggi. Sebut saja seperti Lo Kheng Hong, yang dijuluki Warren...

Hadapi Pandemi Virus Corona, 6 Kiat Ini Bisa Selamatkan Keuangan Kamu

Dampak virus corona bukan saja mengerikan dari sisi kesehatan, tapi juga berdampak parah pada kondisi ekonomi. Jika ingin selamat dari krisis ekonomi...

Pengalaman Deposito Bank Mandiri via Aplikasi Mandiri Online (UPDATE: 18/5/2020)

Deposito Bank Mandiri merupakan salah satu produk deposito yang banyak dicari orang, karena berstatus bank kompeten dan memberikan bunga yang menarik.

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta Di Bank Permata via PermataMobile X (UPDATE: 14/5/20)

Deposito atau deposito syariah merupakan jenis investasi yang cocok untuk investor bertipe konservatif, karena resikonya yang rendah dan memberikan bunga/bagi hasil yang...

Mengenal P2P Lending, Landasan Hukum, Cara Investasi, Untung dan Ruginya

Peer to peer lending atau yang bisa dikenal P2P lending merupakan instrumen investasi yang populer ditengah gejolak padar modal. Saat ini, kesadaran...

265 KOMENTAR

    • Wa’alaikum salam. pengendalian resiko dan jaminan itu maskudnya untuk mereka yang menggunakan fitur margin, artinya membeli saham tapi pinjam uang sekuritas.

      Misalnya punya duit cuma 500 ribu, lalu pinjam uang sekuritas (margin trading) untuk beli saham jadi 700 ribu, maka uang 200 ribu tersebut harus dikembalikan maksimal T+2, kalau tidak akan kena pinalti dan di jual paksa sekuritas untung atau rugi.

      Tapi sistem margin trading ini haram hukumnya di islam. Jadi sebaiknya dihindari saja. Jika cuma punya duit 500 ribu, maka belilah saham dengan harga total 500 ribu juga. Biar tenang hati juga 🙂 Tks

  1. Assalamualaikum bang. Mau tanya kalau seandainya kita deposit ke RDI menggunakan rekening biasa namun bukan yg terdaftar disekuritas, atau sebaliknya kita mau tarik dana dari RDI ke rekening biasa namun bukan yg terdaftar apakah itu bisa bang ? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    • Wa’alaikumsalam. Kalau Deposit dari bank lain (yang tidak terdaftar) ke RDI, bisa. Tapi, kalau withdraw tetap di kirim ke rekening yang terdaftar di awal.

      Kalau memang mau ganti rekening, bisa ajukan ke BNIS, nanti akan di kasih formulir untuk ganti data rekening yang didaftar. Tks

  2. Kenapa log in di bions bni, dengan menggunakan id, pasword, dan pin yang saya gunakan di esmart selalu validasi data.. pertanyaanya harus bagaimana untuk memperoleh validasinya .. ?

  3. Kak saya ingin mencoba untuk berinvestasi saham,tetapi ini baru pertama kalinya saya masuk pada dunia persahaman.Kalau saya ingin bertanya tanya lebih lanjut bisa via apa ya?
    .
    .
    Btw saya masih pelajar kak:)

  4. Artikel yang bagus.
    Pak, saya baru mendaftar bnis syariah, dan diberi 2 akun rdi, reguler dan syariah. Namun saya tidak mengerti bagaimana log in ke akun syariahnya, karena portofolio saya masih mencantumkan rdi reguler.
    Saya sudah tanya CP WA bnis, katanya dinggal tambahkan “S” di user id saat log in kedua, namun pada saat log in untuk trading, user id sudah otomatis terisi dan kita hanya diminta PIN saja.
    Barangkali tau solusinya, terima kasih

  5. artikel yg bagus pak,,

    oya pak saya sdh mendaftar di BNIS tinggal menunggu konfirmasi saja, ada yg ingin saya tanyakan pd saat tahapan pembelian saham, contoh diatas kan pak irfan ingin membeli di hrg 5.300 (hrg saat itu di 5550) biasanya kita masuk daftar tunggu nya brp lama ya?apa nanti dapat konfirmasi, apakah kita berhasil membeli di hrg 5.300?atau bila tdk dapat di hrg yg kita inginkan lansung otomatis dpt sahamnya di hrg 5.550..

    mohon pencerahan nya ya pak terima kasih

    • Membeli diharga artian harus menunggu sampai harga Bid menyentuh sesuai keinginan kita (saham turun). Jika memang harga saham turun dan harga Bid yang kita lakukan tersentuh, makan otomatis terbeli, tapi kalau tidak terbeli pada hari itu sampai jam bursa habis, open order akan di reject.

      Seperti yang Anda sebutkan, jika tidak ingin mengatri harga saham, langsung beli yang diharga “offer”. Tks

  6. assalamualaikum kak irfan,
    saya mau bertanya kak,
    saya berkeinginan untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal, di form pendaftaran ada mengenai info rekening Bank.
    Bank yang dimaksud apakah Bank apa saja yang sudah kita miliki atau memang harus Bank sekuritis seperti BNI Sekuritis?
    mohon pencerahannya kak.
    terimakasih kak

    • Wa’alaikum salam,
      Info rekening bank yang dimaksud adalah rekening bank biasa. tujuannya untuk menghubungkan rekening kamu ke rekening dana investor (RDI). Jadi kalau uang investasi cair, larinya ke rekening yang diinfokan tersebut.

      Info rekening bank tidak harus sama dengan sekuritas, tapi akan lebih bagus kalau sama agar tidak kena biaya adminstrasi ketika uang keluar masuk dari rekining biasa ke rekening RDI.

      Tapi dikasus lain kalau sekuritas non-pemilik bank seperti IndoPremier Sekuritas mereka punya 2 pilihan akun RDI (Mandiri atau BCA), jadi tanya dulu aja ke pihak sekuritas bank apa untuk RDInya. Tks

  7. Daftar secara online masih perlu tdd dan dikirim melalui pos ya. Ada nggak securitas yg registrasinya pure via online tanpa mengirim apa2 berkas karena saya tinggal di luar negeri. Mohon masukkannya om..

  8. mas saya udh daftar di BNI sekuritas. saya belum mengerti cara menggunakan aplikasinya. saya menggunakan macbookpro mid 2012. aplikasinya tidak bisa terinstall. saya masuk melalui browser. saya belum mengerti bagaimana membeli saham(investor) dan trading. saya tidak ingin trading. saham ingin menjadi menjadi investor. mohon penjelasannya cara membeli saham bukan trading (beli dan jual seketika). trima kasih atas bantuannya 🙂

    • Sudah coba klik link install software Mac os di blog ini? Jika masih ada kendala tentang tutorial beli, silakan email saya di: halo@irfan.id

      Nanti saya coba kasih tau cara belinya dengan screenshot. Tks

  9. Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat. Saya juga memutuskan untuk bergabung dengan BNI Sekuritas karena tidak ada biaya bulanan. Hehehe

    Mas apakah pernah membahas bagaimana cara melakukan topup?
    Saya sudah menemukan saham yang ingin saya beli, bagaimana cara melakukan topup?
    Apakah saya harus melakukan buy dulu atau topup dulu?

    Mohon panduan

  10. Pak Irfan,, kebetulan nama kita sma ni pak,, sya mau tanyak waktu pak Irfan pertama kali masuk dunia saham berapa total dana yg bapak investasikan dan saham apa yg bapak beli waktu itu,,,, sya masih belajar dan belum berani investasi terlalu besar,,, trms.

    • Dulu saya investasi awal sama seperti ketentuan setoran awalnya, yaitu 1juta. Saya lupa saham apa yang saya beli pertama kali. Bila baru pertama kali investasi saham, pilih saham yang fundamentalnya baik (laporan keuangan bagus) dan tren bisnisnya juga bagus. Tks

    • Untuk dasarnya, ikut sekolah pasar modal.. untuk seterusnya ikut seminar saham seperti yang diadakan ibu Ellen May.

      Kalau mau low cost, nonton video di YouTube banyak yang bahas tentang saham. Tks

  11. Hallo mas irfan,,mau tanya lg ni mas klo mau ganti nomer rek tabungan yg di daftarkan di bnis bisa ga ya mas,,? misal cover tab sy awalnya bri mau sy ganti rek tab mnjadi cover tab bni, krn sblmnya kndala birokrasi baru buka rek lg di bni.trimksh

    • Saya belum pernah coba ganti data tabungan. Tapi seharusnya bisa, karena sekuritas sebelah bisa. Caranya mungkin sama seperti daftar, pakai form pembaharuan data. untuk lebih jelas silahakn minta bantuan helpdesk BNIS. Tks

  12. Mas irfan trimksh artikelnya sngt membantu,setlah baca artikelnya skr sy sudh terdaftar di bni sekuritas dan sdh bisa menggunakan apl android e smart.thx

    • Selamat Mas Sunarto sudah menjadi investor saham. Jangan lupa untuk terus membekali diri dengan ilmu investasi agar mendapatkan profil yang maksimal. Tks

  13. Terima kasih atas penjelasannya mas Irfan

    Yang ingin saya tanyakan adalah: apa yang dimaksud dengan Biaya Penyelesaian Keterlambatan itu? Disana tertulis 36% per annual untuk yang reguler dan N/A untuk syariah, apa maksudnya ya itu?

    Terima kasih

  14. Mas irfan hebat y…kita banyak dpet ilmu stlah baca artikelnya,,,smoga trus menjadi org bermanfaat mas..
    Mau tanya nih…apa bedanya swing trending ma day trending…maklum murid baru mas..

  15. kan saya sdh daftar online. disuruh print dokumen yg jumlahnya 50 lembar. 50 lembar itu di kasih tanda tangan semua?
    trs cara mengirim uang setoran awal nya gmn? thx

    • Coba lihat di pojok kanan bawah, ada kotak paraf di sana. Setoran awalnya nanti dikirim saat akun sudah aktif dan rekening RDN diberikan. Tks

  16. Mas irfan, mohon infonya sy rncna mau buka rek efek di bnis klo rek tabungan sy bri syariah bisa dan boleh ga ya daftar program nabung saham di bnis. Trimksh

    • Setahu saya, masih 1 juta.. kalau mau yang lebih murah lagi, bisa gabung ke IndoPremier. cukup Rp 5,000 saja awalnya (tidak ada minimal setoran awal) Tks

  17. Salam kenal Pak Irfan Nama saya tinggal disumbar setelah saya baca artikel ini saya tertarik pak irfan saya baru memulai trading saham tapi saya masih buta sama sekali mengenai saham saya sudah melakukan buy dari beberapa saham kebetulan saya RDN syariah di esmart BNIS tapi belum pernah saya jual. yang saya mau tanyakan Bagaimana cara membaca Portfolio dan setelah itu saya terima Confirmation note salah satu kolomnya value Rp……..D apa artinya itu pak mohon penjelasanya pak terimakasih,

  18. 1. Mas di Kota kami tidak ada kantor sekuritasnya, misalkan saya mau daftar online Uang pndftarannya bayar lewat mana? Krna saya tidak punya rekening bank nasabah!!!
    2. Saya gk prnah kuliah dan juga gk punya npwp sedangkan saya hnya lulusan smp 14 thn yg lalu krtu pelajar sayapun sudah ilang boleh gk saya mendaftar tnpa npwp?

    • 1. Daftar online bisa dilakukan seperti contoh diatas. isi formnya. setelah form diisi online, nanti akan dikirim ke email pendaftaran yang diisi pada form (jadi pastikan email yang dimasukan benar). di email nanti ada instruksi tambahan, seperti print form, fotokopi KTP, fotokopi NPWP (jika ada), fotokopi cover bank. Lalu semua itu dimasukan kedalam berkas dan dirim ke alamat sekuritas yang tertera di email tadi.

      Rekening WAJIB punya. kalau tidak mau terbebani biaya admin yang besar buka di BNI Syariah saja, baca:https://irfan.id/buka-tabungan-bni-ib-hasanah-bebas-biaya-administrasi/. Nah, guna rekening inilah nanti yang digunakan untuk transfer dana ke rekining khusus yang akan dikirim via email bila akun saham sudah selesai.

      2. Daftar akun saham tidak perlu NPWP bagi yang tidak punya. nanti cukup isi surat pernyataan tidak memiliki NPWP. untuk info lebih lanjut baca: https://irfan.id/ingin-investasi-saham-tapi-tidak-punya-npwp-begini-caranya/. Tks

  19. Salam kenal mas, saya dl pernah pake forex cm krn tidak ada pembimbing akhirx loss begitu aja, sekarng saya tertarik kembali dengan program bni sekuritas, cm saya masih bingung misalnya pas kita beli lalu apa kita menentukan kapan harus dijual gt? Blh kita saling sharing via email? Terima kasih sebelumnya

  20. Tulisan yg sangat bermanfaat,
    Mas Irfan sy mau tanya, kan klo mendaftar BNIS hrs melampirkan copy sampul rekening,,pertanyaan sy 1.apakah pada saat menambah atau menarik dana di akun BNIS kita harus lewat rekening tersebut atau bisa menggunakan rekening yg ln yg tdk kita daftar kan…
    2. Bila rekening sy mmg tidak memiliki buku rekening(mmg dari bank nya spt itu) apakah bisa di daftarkan jg?tmksh mas irfan

    • 1. Data rek itu nanti gunanya untuk transfer uang ke RDN (jadi sekuritas tau, kalau dana yang masuk RDN ternyata memang benar dari Anda). Lalu guna kedua adalah, bila ingin mencairkan hasil investasi saham, maka akan ditransfer ke data rek yang sudah dikasih tadi.
      2. Saya sudah dua kali daftar sekurtas, semuanya minta fotokopi. kalau pun tabungan Anda saat ini tidak ada buku rek. buat saja rekening baru di BNI Syariah, pilih tabungan wadiah, agar tidak dibebani biaya adm. baca tentang tabungan BNI Syariah > https://irfan.id/buka-tabungan-bni-ib-hasanah-bebas-biaya-administrasi/. Tks

  21. Permisi mas Irfan, mau tanya. Saya punya rekening RDI dan rekening pribadi di ATM BCA secara terpisah. Misalkan saya punya dana di RDI 10 juta. Saya beli saham 4 juta, kemudian dapet profit. Saldo akhir saya jadi 11 juta, dengan kata lain saya dapet profit 1 juta. Profit 1 juta yang saya terima itu bisa masuk ke rekening BCA kah? Jika bisa, prosedur seperti apa yang harus dilakukan?

    • Bisa. awalnya, semua keuntungan saham masuk ke RDI untuk mencairkannya, harus terlebih dahulu melakukan WIthdraw di menu Account. Nanti tinggal masukan jumlah uang yang ingin di cairkan. Paling lambat masuk ke rekening pribasi 3 hari.

  22. Komentar:artikelnya mantep om. lulusan cikarang,,mantep, jadi tertarik,,bisnis saham darpada sy kerja di perusahaan di cikarang,,emmmh,,

  23. Komentar:terima kasih om,,artikelnya sangat membantu,,kl masih tinggal di cikarang ,,mantep bisa komunikasi lebih deket,,tentang saham

    • Iya om, sayangnya saya sudah tidak tinggal di Cikarang lagi.. kalau ada pertanyaan lebih banyak tentang saham bisa emal saya saja. Tks

  24. Artikel nya keren,, jadi pingin belajar lebih mendalam lagi. Mau tanya kak, itu kan pas kita Entry Buy ada kolom Lot Bid Offer Lot, itu maksudnya apa ya kak?
    Maaf, masih pemula ini
    Mohon sarannya

    • iya sama. Yuk Nabung Saham itu cuma program/kampanyenya IDX. Kebanyakan min memang 100rb, tapi kalau mau lebih murah lagi ada Indopremier dengan deposit awal sesuak hati, saya ada tulis artikelnya. Tks

  25. Halo mas Irfan, saya sudah daftar, lalu beberapa hari kemudian ditelepon dari bni pusat tetapi ndak jelas, cuma 20 detik doang, apakah kalo ditelepon dari jakarta cuma segitu atau dapat penjelasan yang lainnya menurut pengalaman masnya?

    • Kalau masalah teknis tersebut saja juga kurang tau. Biasa proses pembuatan akun 7 hari kerja atau paling lama 2 minggu. kalau belum ada masuk email pernyataan akun sudah selesai, bisa hub pihak BNIS saja. Tks

  26. Halo, apakah saya habis jual saham akan cair pada saat itu juga atau menunggu 3 hari setelahnya? Dan apakah bisa saya jual saham langsung masuk ke RDI saat itu juga terus langsung digunakan beli kode saham lainnya?? Trims

    • Cairnya maksimal T+3 (maksimal 4 hari), hari penjualan saham dihitung T+0 kalau gak salah saya. Cairnya nanti ke RDI dan bisa langsung di gunakan untuk beli saham lain. Tks

      • Jadi kalau saya jual saham bbni pada hari senin akan masuk ke RDI hari kamis, dan baru bisa dipakai untuk beli saham yang lainnya? Begitu?

        • Iya benar begitu.. nanti percariannya juga bertahap.. misalnya mau carirkan total 500rb… jadi nanti Selasa 200rb, Rabu 150rb dan Kamis 150… jadi gak sekaligus di T+3, tapi bertahap di setiap harinya, biasa kalau saya pengalamannya gitu.

  27. Halo mas Irfan,

    Saya baru kenal saham nih, kemudian tertarik dan pengen belajar dulu.
    Nah, saya mau tanya mas, kalo diliat dari mas beli lewat esmart tadi, kan masuk ke daftar order yak. Itu berarti masnya istilahnya nawar saham gitu?
    Sama kaya di pasar reguler?

  28. Ass bang, tabe bang mau nanya saya kang orang makassar, yinggal dikota makassar, sulawesi selatan…
    kalau saya mau daftar gimana caranya yahh bang soalnya saya tertarik ??

    • Bisa. daftarnya nanti secara online seperti yang saya tulis diatas.. dokumen pengisian online nanti akan dikirim ke email, lalu cetak, lengkapi semua persyaratan yang diminta, lalu kirim dokumennya ke Jakarta. Tks

  29. Komentar: saya mau tanya om, saya niatnya kan mau beli saham utk tujuan invest berarti nanti setelah pembelian pertama habis itu didiamkan smpe jangka waktu tertentu tdk ada masa kadaluarsa begitu kan? trs apakah ada biaya tambahan (potongan penjualan) kalo kita jual saham tsb? terimakasih, mohon jawabannya.

    • Dalam saham tidak ada masa kadaluarsanya. Anda bebas menyimpannya sampai kapapun tanpa biaya tambahan. Paling nanti hanya kena biaya sell sebesar 0.25% saat penjualan sahamnya (per-transaksi). Tks

  30. Artikel sanagt membantu,
    Ijin tanya untuk modal pembukaan di awal kan tadi 1 jt,dan it tersedia di rek lain.
    Yg sya tanyakan sistim kirimnya it melalui transfer ap bagaimana,terus semisal kita mau menambh modal yg semula 1 jt mnjdi 10 juta ap boleh.
    Dan seandainya kita butuh dana dadakan bgaimna caranya kita mengambil uang dr modal saham kang irfan mohon pencerahanya.

    • Hi Faiz, modal awal 1 juta hanya minimalnya saja, kalau mau ditambah berapa pun juga boleh. Kalau memang butuh dana dadakan itu tergantung dari “Cash on hands” di akun Anda atau bahasa awamnya uang yang tidak dipakai untuk transaksi saham. kalau ingin uangnya cair dalam satu hari, usahakan untuk withdraw jam 10 pagi.

      kalau ternyata cash on hands kosong dan semua uang terbeli saham, maka sahamnya harus dijual dulu, kalau jual dihari senin (T+0) maka baru cair semua hari kamis (T+3). Kira-kira seperti itu, semoga membantu. Tks

      • T+0 sama T+3 ini saya masih bingung, nanti kalau misalnya saya beli suatu saham harga 500 terus saya juaal 550 terus ingin saya cairin di harga 550 tadi, nah nunggu waktu t+3 tadi, tapi harga udah anjlok 450, pertanyaannya harga yang dicairin itu menganut yang t+0 yakni 550 atau harga t+3 450 tadi??. Lagi t+0 sama T+3 ini berlaku di jual/beli atau ada variasi lainnya?? Trims

        • Eemm sepertinya Anda salah paham.

          T+1 sampai T+3 adalah istilah yang biasa digunakan untuk penyelesaian transaksi. Biasa yang memperhatikan T+1 atau T+3 adalah mereka yang memakai margin untuk transaksi saham. Margin adalah cara untuk membeli saham melebih cash yang kata miliki. Jadi, ketentuan pakai margin itu harus menyelesaikan transaksinya pada T+3, kalau sudah T+4 bisa kena denda bahkan force sell.

          Di lain khasus T+1 sampai T+3 memperlihatkan cash on hand (uang yang tersedia) yang kita miliki. Misalnya habis melakukan transaksi buy/sell di T+0 atau T+1, tidak semua dana kita langsung kembali utuh, butuh waktu untuk menyelesaikan transkasi jual/beli saham tersebut dan maksimalnya adalah T+3. Kira-kira seperti itu, Tks

          Intinya T+ itu bukan untuk pakokan harga, tapi hanya sebagai acuan hari dalam investing.

  31. Sangat bermanfaat artikelnya
    Maaf mas irfan mau nanya,kalau jual/beli saham jangka pendek itu maksimalnya berapa bulan ya?
    Maklum masih baru…

  32. Salam kenal mas irfan,

    Mau tanya mas irfan, apakah pernah membeli saham syariah melalui BNIS, kemudian bisakah kita membeli saham jakarta islamic index?

    Terima kasih

  33. Salam kenal mas Irfan,
    Saya trader pemula dan saat ini sy sdh punya akun RDN. Sy sdh melakukan trading saham perdana saya baik buy dan sell minggu lalu. Pertanyaan sy:
    1. Adakah aturan tegas terkait batasan minimum dan maksimum broker commision (buy/sell) yg blh diterapkan kpd kita oleh masing-masing perusahaan sekuritas
    2. Bolehkah kita buka akun RDN (dgn rek bank berbeda) di sekuritas lain tanpa harus memberi tahu terlebih dahulu dengan perusahaan sekuritas kita tergabung saat ini. Terima kasih

    • 1. Mohon maaf untuk informasi tersebut saya kurang tau.
      2. Bisa. Pada dasarnya Anda bebas untuk membuat akun sekuritas lebih dari 1 akun. Hanya saja ketika Anda mendaftar ke sekuritas baru harap melampirkan no kartu Akses KSEI, karena kartu itu adalah single identitas investor yang tidak dapat dibulan lebih dari 1. Tks

  34. Permisi mas irfan,,maaf mau nanya,, saya mau buka rekening saham, Rekening BNI sudah punya,, tapi saya gak punya NPWP,, saya juga bukan mahasiswa/pelajar,, jadi gimana caranya?
    Terima kasih.

  35. Mantabs jiwa..
    Mau tanya mas irfan. jika saya melakukan pemdaftaran online trus saya sdah kirim berkas ke BNIS pusat. apa yang saya lakulan setlah itu
    1. Menunggu berkas balasan dr BNI sekuritas yg berupa apa saja..
    2. atau berkas balasan itu dikirim ke email saya. dan itu berupa apa saja mas?

    intinya jika saya mendaftat online. dan sebelumnya saya belum pernah trdaftar sebagai investor apa saja yg saya akan terima berupa fisik dr daftar online itu.atau yg saya terima itu tidak ada berupa fisik karena dibalaskan via email semua.

    apa saya dapat ID KSEI juga?

    klo bisa minta no WA juga donk.siapa tau saya butuh pertanyaan secara langsung. WA saja saya di 085780012214.

    saya nol pengalaman soal investasi saham.
    selama ini saya cm konsentrasi bekerja sebagai karywan swasta saja.saya ingin belajar untuk bermain saham agar ada pendapatan yg lebih untuk masa tua saya.????

    • Bila Mas Eko sudah mendaftar via online, sekiranya mungkin bisa mengunggu lebih kurang 7 hari kerja. Nanti akan dikirimkan ke email berupa username, password, pin dan no rekening RDN untuk memasukkan dana investasi. Selain itu, Mas juga nanti mendapatkan kiriman dalam bentuk fisik seperti Keterangan akun BNIS dan kartu ID KSEI yang mas maksud seperti pada postingan saya ini https://irfan.id/mengenal-kartu-akses-ksei-ktpnya-para-investor-saham/.

      Kalau mau belajar tentang saham, Mas Eko bisa ikutan sekolah pasar modal yang diadakan di berbagai kota. daftarnya secara online, silahkan cek jadwalnya disini https://sekolahpasarmodal.idx.co.id. Lalu untuk penambahan ilmu secara mandiri, saya sangat menyarakan Mas Eko untuk membeli buku-buku tentang saham.

      Saya jarang pakai WA, bila Mas butuh bantuan atau ada pertanyaan lain silahkan email saya saja ke: social@irfan.id

      Terima Kasih

  36. salam

    terima kasih penjelasannya. saya ingin menanyakan apakah di BNI sekuritas bisa dilakukan trading forex juga ? bagaimana caranya ? terima kasih

  37. permisi mas Irfan, artikelnya sangat bermanfaat

    Saya mau nanya, saya ingin mencoba saham tapi hanya sekedar menabung saham(jangka panjang), gak melakukan trading…
    nah, boleh minta tips2nya gak mas memulai menabung saham?dan boleh minta penjelasannya sedikit mengenai menabung saham?

    terima kasih

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu