Reksa Dana, sebuah instrumen investasi yang populer di Indonesia. Reksa dana merupakan instrumen investasi dengan resiko dibawah saham dan diatas obligasi, sehingga tidak heran instrumen ini sangat menarik dan populer dikalangan masyarakat yang tidak terlalu suka investasi di pasar saham namun meinginkan return profit yang bisa sama besarnya dengan pasar saham.

Bila anda belum familiar dengan investasi reksa dana, anda ada dapat membacanya lebih lengkapi di artikel saya tentang instrumen reksa dana.

Reksa dana merupakan instrumen yang dikelola oleh manajer investasi dibawah pengawasan OJK. Tidak sedikit manajer investasi yang ada di Indonesia, sehingga banyak melahirkan banyak produk investasi reksa dana yang memberikan return yang tinggi.

Dengan banyaknya jumlah manajer investasi dan produk reksa dana dipasar reksa dana, pasti akan sangat menyulitkan anda dalam membeli produk reksa dana karena harus membuka akun efek reksa dana dibanyak manajer investasi. Namun jangan khawatir, karena kini anda dapat membeli banyak produk reksa dana dari berbagai manajer investasi hanya dengan satu akun saja dengan bareksa.

Yaa… bareksa adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menyediakan platform marketplace berupa menjual produk reksa dana dari manajer investasi di Indonesia, sehingga kini anda dapat membeli produk reksa dana dengan mudah di bareksa.

Kebetulan selain menjadi nasabah di Danareksa Investasi Manajemen, saya juga membuka akun reksa dana di bareka, sehingga kali ini saya akan membuat tutorial cara membeli reksa dana dengan bareksa untuk anda yang masih binggung.

Sebelum melakukan pembelian reksa dana di Bareksa, pastikan anda telah membuka akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah proses pembelian produk reksa dana dengan bareksa:

Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari produk reksa dana yang akan dibeli pada direktori pencarian bareksa. saya tidak tahu persis berapa jumlah produk reksa dana yang di jual pada bareka. Namun, yang pasti banyak sekali manajer investasi yang bagus-bagus produknya ada disini.

Perlu diperhatikan untuk menetukan produk yang cocok dengan anda, harap baca dulu prospektus dan fund fact sheet reksa dana pilihan anda agar memahami resiko yang akan diharapi baik untung maupun ruginya.

Baca Juga: Mengenal Reksa Dana, Keuntungan, Dan Resikonya

Untuk mempermudah tutorial ini, saya memilih untuk membeli reksadana MNC Dana Syariah. Produk yang satu ini saya rasa oke punya barang, karena returnya tinggi dan sangat stabil dengan pola up-tren.

Kedua setelah menetukan produk reksa dengan membaca prospektus dan fund fact sheet produk reksa dana, maka kini anda dapat klik tombol BELI. Perlu diingat sekali lagi bahwa bareksa tidak menjual semua produk reksa dana yang ada di Indonesia, sehingga apabila produk reksa dana dapat dibeli makan tombol belinya akan berwana hijau dan dapat diklik.

Proses Ketiga adalah mengisi jumlah pembelian yang diinginkan serta metode pembelian yang dilakukan, baik langsung ataupun auto-debit. Pembelian langsung adalah metode bila anda tindak ingin melakukan investasi secara berkala, sedangkan auto-debit adalah sebaliknya. Dengan metode autodebit, anda akan melakukan investasi secara berkala disetiap bulannya.

Dalam contoh ini, saya akan membeli MNC Dana Syariah dengan jenis pembelian langsung (kolom warna merah) dan nilai pembelian bersihnya sebesar Rp.200,000. setelah semuanya disini maka klik SELANJUTNYA.

Keempat yang akan dilalui ada proses konfirmasi order. Disini akan dijabarkan secara detai pembelian reksa dana anda, harap baca keseluruhan halaman agar tidak terjadi salah order saat pembelian reksa dana.

Metode pembayaran saat ini baru hanya tersedia dengan Mandiri e-cash dan Transfer Bank. Bila sudah yakin dengan semua ordernya, maka klik KONFIRMASI.

Kelima saat konfirmasi selesai, maka akan diarahkan untuk melakukan transfer pembelian reksa dana yang telah di order sebelumnya. Pastikan untuk memasukkan nomor order dalam berita transfer (kotak merah)

sayangnya transfer bank saat ini hanya dengan tujuan bank BCA saja, sehingga bila anda menggunakan bank lain untuk transfer pembelian reksa dana pasti akan kena biaya administrasi sebesar Rp.6,500.

Keenam setelah pembayaran manual transfer bank dilakukan, selanjutnya adalah konfirmasi pembayaran ke halaman konfimasi.

Setelah konfirmasi selesai, maka anda akan menerima pesan ucapan terima kasih dari Bareksa serta pemberitahuan proses pembelian reksa dana yang akan diproses dalam waktu 1X24 jam (lihat kotak waran merah).

Sampai disini, proses pembelian reksa dana online yang anda lakukan sudah selesai dan tinggi menunggu pembelian reksa dana tersebut.

Selagi menunggu proses pembelian reksa dana disetujui, anda dapat melihat history transaksi anda dengan mengakses halamanan REKSA DANA ONLINE > PORTOFOLIO.

Pada halaman Portofolio anda dapat melihat menu tab seperti dibawah ini, terdapat menu Profil, Order, Transaksi, Autodebit dan Portofolio.

Halaman Portofolio Bareksa

Pembelian reksa dana tidak se instan beli saham, membutuhkan waktu hingga 3 hari agar reksa dana yang anda beli masuk kedalam portofolio.

Artikel ini saya buat tepat saat melakukan transaksi pembelian reksa dana MNC Dana Syariah, tanggal 4 Oktober 2017 dan pembelian saya disetujui oleh Bareksa pada tanggal 5 Oktober 2017.

Ketentuan Penting
 
  1. Instruksi pembelian yang tercatat masuk di sistem PT Bareksa Portal Investasi sebelum pukul 13:00 WIB dan dana telah masuk di Bank Kustodian sebelum pukul 13:00 WIB pada hari yang sama akan mengikuti NAB pada hari yang bersangkutan.

  2. Pembelian yang tercatat masuk di sistem PT Bareksa Portal Investasi setelah pukul 13:00 WIB dan dana masuk di Bank Kustodian setelah pukul 13:00 WIB pada hari yang sama akan mengikuti perhitungan NAB keesokan harinya.

  3. Pembelian akan otomatis dibatalkan jika tidak ada konfirmasi pembayaran hingga pukul 13:00 WIB keesokan harinya.

Sesuai ketentuan Bareksa diatas yang saya ambil dari situsnya, Kerena saya membeli reksa dana tersebut dibawah jam 1 maka menggunakan nilai NAB pada hari selanjutnya, yaitu tanggal 5 Oktober 2017. Berikut ini rincian pembelian reksa dana yang saya lakukan, statusnya berubah menjadi APPROVED.

Artinya pembelian sudah disetujui dan diterima oleh bareksa pada tanggal 5 Oktober 2017.

Keesokan harinya, reksa dana yang saya beli akhirnya muncul di portofolio. seperti yang saya katakan sebelumnya diatas, walaupun baru masuk portofolio tanggal 6 Oktober 2017, NAB yang digunakan adalah tanggal saat APPROVED dikeluarkan yaiut 5 Oktober 2017.

Dengan begini, saya akhirnya menjadi investor di reksa dana MNC Dana Syariah. Untuk penjualan kembali atau menambah jumlah unit reksa dana, cukup klik tombol TOP UP atau JUAL pada halaman Portofolio diatas.

Satu lagi….. semua proses diatas mulai dari konfirmasi pembelian reksa dana hingga reksa dana berhasil dibeli semua dikirimkan ke email juga. jadi, tidak perlu repot-repot untuk login ke akun bareksa anda untuk mengetahui apakan reksa dana yang anda beli sudah masuk portofolio atau belum.

Baca Juga: Cara Membaca Laporan Reksa Dana “Fund Fact Sheet”

Bagitulah sekiranya cara membeli reksa dana online dengan Bareksa. Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat mendorong anda untuk berinvestasi di intrumen reksa dana.

Sebagai informasi tambahan, saya sempat menayankan langsung ke pihak Bareksa tentang jam pembaharuan NAB (Nilai Aktifa Bersih) reksa dana. Melalui informasi yang saya dapatkan dari Twitter, NAB di Bareksa di update setiap jam 8 pagi.


Membeli reksa dana secara online kini lebih mudah dengan hadirkan Bareka yang merupakan marketplace reksa dana pertama di Indonesia yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

2 KOMENTAR

  1. Ah, sangat membantu Tks

    Tapi saya mau nanya, untuk transfer semuanya pakai BCA ya, ada tidak produk yg transfernya ke MANDIRI? Lumayan juga kalau untuk jangka panjang kena admin Rp6500. kalau tidak ada yang MANDIRI, terpaksa saya buka rek BCA hmm

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.