PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

BloggingBukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online

Dunia makin canggih, tetangga yang kerjanya duduk di rumah aja jangan dicurigai babi ngepet.. Siapa tau dia itu konten kreator loh!

Akhir-akhir ini lagi ribut soal babi ngepet dan Bu Wati yang berpikir negatif sama tetangga banyak duit padahal “pengangguran”. Bisa kaya hanya duduk di rumah adalah hal yang sangat lumrah loh jaman sekarang.

Saya termasuk yang duduk di rumah, tetapi punya penghasilan yang lumayan dengan melakukan usaha online. Bisa untuk beli laptop, smartphone ganti tiap tahun dan lainnya.

Penasaran bagaimana caranya bisa punya penghasilan lebih? Yuk cari tau peluang bisnis online, siapa tau bisa jadi uang tambahan kamu!

Sebentar….

Sebelum kita bahas peluang usaha online yang cocok dijalankan sebagai penghasilan tambahan, saya mau curhat dulu soal isu yang lagi beredar akhir-akhir ini.

Saya awalnya gak yakin dengan isu babi ngepet, apalagi Bu Wati yang nge-vonis tetangganya babi ngepet hanya gara-gara kaya, padahal pengangguran. Katanya sih gitu.

Saya detailnya gak ikutin, karena tuduhannya gak masuk akal untuk jaman modern seperti sekarang dan terbukti, semua hoax dan pelaku meminta maaf.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 1

Bagus sih kasusnya gak berlarut panjang, kebenaran terungkap.

Lagian, ini udah tahun 2021.. Semua serba canggih, termasuk cara cari uang yang mulai online.

Saya selaku Blogger dan Freelancer yang mencari nafkah dari usaha online merasa sedih dengan isu yang ada. Padahal kami kan di rumah juga gak cuma tidur-tiduran. Mata melek depan laptop untuk nulis dan cari proyek sana sini.

Salah satu konten kreator, Bang Radit juga udah ngasih statement yang saya rasa mewakili kami semua sebagai pekerja di dunia maya.

Peluang usaha online ada banyak banget, kamu tinggal pilih sesuai dengan passion kamu aja.

Mau jadi Youtuber, Trader, Blogger, Jualan online, freelancer dan lainnya bebas pilih.

Sumber penghasilan tambahan dari usaha online milik saya, Ide buat kamu juga!

Kita singkarkan dulu masalah babi ngepet. Mari bahas cara menghasilkan uang dari rumah aja berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Selama 2 tahun terakhir saya sebenarnya sudah WFH, jauh sebelum ada pandemi. Sampai akhirnya pada akhir 2020 saya mulai kerja formal kantoran.

Namun ngantor tidak menghalangi saya untuk melihat peluang cerah dari usaha online, sehingga sore dan malam saya pakai untuk mencari uang di dunia maya.

Tentu tidak memaksakan diri. Kalau lelah, ya langsung istirahat.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 2

Saat work hour yang normal, saya kerja di apotek. Tentu bukan bagian obatnya, karena saya gak mampu. Jadi kerja digital marketing di situ.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 3

Karena saya sadar biaya hidup makin tinggi dan kebutuhan lainnya juga perlu, saya memutuskan untuk tetap rutin usaha online untuk memenuhi kebutuhan.

Ini beberapa penghasilan tambahan saya:

1. Ngerjain projek klien, biasa bikin website

Sore kadang jumpa klien, bisa offline atau online via Zoom atau Google Meet. Biasa untuk keperluan membuat website, konsultasi gitu.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 4

Yang kamu harus tau, saya bukan lulusan kuliah IT atau pelatihan buat website yang resmi. Saya belajar buat website secara otodidak.

Sekarang kan ada envato market yang menyediakan tema, script dan kebutuhan lainnya untuk bikin website.

Themeforest

Karena memang buat website jaman sekarang gak sulit, tinggal drop-drop elementor aja. Itu khusus website besed WordPress ya. Kalau platform lain saya gak kuasai.

Klien website saya sudah mulai beragam, mulai dari blog personal, situs pemerintahan hingga perusahaan swasta.

Lihat portfolio website yang saya buat di sini.

2. Hasil investasi

Kalau kamu jelajahi blog ini, pasti sadar kalau kebanyakan artikel yang di publish kebanyakan tentang keuangan dan investasi.

Yuppss… selain hobi bikin website, saya juga punya penghasilan tambahan dari hasil investasi, trading lebih tepatnya.

Sejauh ini saya sudah mencicipi investasi dan trading saham, reksa dana, emas, crypto, dan deposito.

Mau ikutan investasi juga gak?

3. Bikin desain grafis dan video editor

Mulai dari hobi juga, saya senang banget dengan dunia desain.

Awal mulainya waktu SMP sering bikin background acara sekolah, hingga akhirnya mulai pakai software untuk desain.

Sekarang saya masih aktif membuat desain feed Instagram untuk klien.

Selain itu, saya juga punya hobi baru di awal 2021 ini, yaitu menjadi video editor.

Kalau mau maju, memang harus ikut perkembangan jaman. Sekarang lagi ngetren video editing dan creator, jadi saya mulai terjun ke sana juga.

Tanpa berpikir panjang, saya mulai berlangganan Adobe CC yang ada aplikasi video editornya, Adobe Premiere Pro.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 8

Dari beberapa kali belajar, akhirnya bisa bikin video singkat yang berbentuk informasi. Hasilnya seperti di bawah ini.

Kegiatan desain dan edit video memang biasa saya lakukan di malam hari, karena memang slot tersisa memang hanya dari situs.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 9

4. Jadi Blogger

Hobi menulis di blog sudah saya lakukan sejak 2011, jaman-jaman SMA dulu. Walaupun artikelnya masih pada kopas.

Tapi sekarang gak lagi, sudah mulai serius nulis blog sejak 2016 dan Alhamdulillah bisa menghasilkan uang dari blog.

Mulai dari niat berbagi ilmu, kini blog irfan.id sudah mandiri punya penghasilan sendiri. Malah lebih besar uang yang dia dapat dari pada saya sendiri sebagai pemiliknya hehehe


“Bekerja keraslah sampai orang berfikir uang yang kamu dapatkan hasil babi ngepet”


Mumpung masih ada kekuatan dan kemauan, maka kita yang muda-muda ini wajib belajar hal baru dengan keluar dari zona nyaman.

Tapi ya jangan sampai keluar dari kerjaan tetap kamu, cukup jadikan peluang untuk melakukan usaha secara online.

Kalau boleh jujur, semua ilmu bisa kamu pelajari sekarang secara online. Ada banyak kok kelas-kelas gratis, e-book hingga video tutorial yang gampang untuk kamu ikuti.

Itu saya belajar desain dan video editing murni dari Youtube loh, GRATISSSS.

Saya gak ikut kelas yang berbayar.

Termasuk ilmu investasi juga saya dapatnya gratis, gak bayar sepeser pun.

Siapa sih yang gak mau punya penghasilan tambahan? Pasti pada mau kan?

Peluang usaha online dengan menjadi Blogger

Kamu sadar gak sih?

Kebanyakan kegiatan yang menghasilkan uang tambahan dari bisnis online saya berasal dari blog ini? Coba lihat lagi ke bagian atas.

Iya, blog irfan.id adalah tulang punggung keluarga hahaha

Order website dari klien dan job desain grafis semua berasal dari blog ini. Saya buat landing page khusus agar orang bisa terhubung dengan saya.

Oleh karena itu, dari banyak kegiatan dunia maya yang saya lakukan, saya lebih merekomendasikan menjadi blogger. Karena bisa kamu lakukan sesuai dengan passion.

Blogging ini bisa menghubungkan semua layanan lain yang mungkin kamu bisa kerjakan juga.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 10

Apalagi kamu gak perlu takut bakalan kesulitan untuk buat blog dan belajar blogging. Karena sekarang ada provider hosting yang bisa buatkan blog instan untuk kamu.

Bikin blog sekarang dengan mudah bersama Exabytes

Buat kamu yang pengen banget ngeblog dan menghasilan uang dari usaha online, di sini saya mau mengajak kamu untuk bikin blog bersama Exabytes Indonesia.

Exabytes adalah salah satu penyedia layanan hosting terbaik Indonesia yang cocok untuk kamu yang gak punya pengalaman di bidang blogging. Karena mereka punya materi edukasi yang cocok banget untuk kamu.

Kenapa harus di bikin blog di Exabytes?

  • Harga domain murah. Kamu bakalan harga domain yang murah meriah di Exabytes. Harga .COM saja hanya 119 ribu dan .ID hanya 195 ribu. Kamu bisa coba domain untuk blog pribadi .MY.ID hanya 12 ribu.
  • Punya paket khusus WordPress. Ini yang paling penting, Exabytes punya paket yang fokus pada teknologi terbaru untuk WordPress yang bikin buat blog jadi mudah dan cepat.
  • Tim support yang handal. Ini penting untuk pemula. Kalau ada kendala dalam blog kamu, kamu bisa tanya langsung ke CS Exabytes yang cepat dan handal menangani masalah.
  • Ada aplikasi mobile. Kamu bisa unduh aplikasi Exabytes di Android untuk memudahkan mengatur layanan yang ada. Perpanjang layanan hingga beli layanan baru.
  • Berbagai artikel bermanfaat ada di blog Exabytes. Kamu bisa baca berbagai tips dan tutorial yang berkaitan dengan blog dan bisnis yang cocok untuk pemula.
  • Event seru online. Untuk menambah wawasan, Exabytes juga sering adakan event melalui webinar.
  • Ada program afiliasi yang bikin cuan. Mau tambah penghasilan dari internet lebih banyak? Kamu bisa ikut program afiliasi dan bagikan ke teman-teman kamu untuk dapatkan bonus hingga jutaan rupiah.

Agar artikel ini tidak hanya menjadi teori saja, saya mau perlihatkan kamu cara daftar akun di Exabyte untuk memuluskan kamu melakukan usaha online, tanpa repot babi ngepet.

Cara daftar akun Exabytes

Untuk menjadi pelanggan Exabytes, kamu bisa daftar manual atau otomatis dengan menghubungkan akun Google atau Facebook seperti tutorial di bawah ini.

*klik gambar untuk perbesar

Cara beli domain dan hosting di Exabytes

Setelah membuat akun selasai, kini saatnya membeli domain dan hosting untuk membuat blog.

Di Exabytes, ada banyak paket yang tersedia. Mulai dari hosting yang cocok untuk UKM, hosting khusus WordPress hingga layanan VPS.

Karena kita lagi bahas soal blogging dengan WordPress, maka saya akan memperlihatkan kamu cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat blog dengan membeli hosting khusus WordPress.

Di tutorial bawah ini, saya akan beli:

  • Domain: blogirfan.my.id
  • Hosting: WP Blogger dengan durasi 1 bulan

*klik gambar untuk perbesar

Setelah pembayaran saya lakukan dan hosting sudah “aktif”. Masuk email yang memberi tahu jika blog yang sudah saya pesan tadi online.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 26

Saya langsung akses blogirfan.my.id yang sudah berjalan blognya tanpa instalasi apapun. Cekeppp!!!

Nah, bentuk blog yang sudah online tadi adalah seperti ini.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 27
tampilan blog yang sudah otomatis terinstal WordPress

Kalau kamu merasa tampilannya simple banget dan pengen punya desain blog seperti irfan.id, kamu bisa beli temanya di Themeforest.

Saya ada tulis tutorialnya di STEP BY STEP: Cara Beli Tema di Themeforest dan Install ke Blog WordPress

Untuk login ke blognya bagaimana?

Kamu bisa temukan email lainnya seperti di bawah ini. Isinya nanti alamat login blog, username dan passwordnya.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 28

Kamu nanti bisa ganti password blog pada pengaturan Plesk control panel.

Bagaimana, tidak sulit kan membuat blog?

Selamat deh buat kalian para blogger baru ya hehehe

Nanti tinggal tulis saja artikel yang kamu suka dan tentu dengan kualitas konten yang bagus, jangan asal-asalan.

Kalau rajin nulis artikel 1000an kata tiap hari, semakin cepat kamu mengarah ke blog yang berpenghasilan.

Oh ya, hampir kelupaan.

Biar dapat uang dari internet makin maksimal, kamu bisa manfaatkan Program Afiliasi Terbaik dari Exabytes Indonesia.

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 29

Ikutan program afiliasi ini bisa memberikan keuntungan untuk kamu hingga 1 jutaan. Jadi, pastikan setelah daftar dan buat blog, kamu juga bagi link referral kamu ke teman-teman, siapa tau mereka juga butuh pendapatan dengan ngeblog seperti kamu juga.

Tips agar sukses usaha online

Kalau sudah punya blog, saya mau kasih petuah sedikit. Siapa tau ada ilmu yang bisa kamu ambil. Soalnya yang saya bilang ini adalah pengalaman pribadi setelah 4 tahun bisnis online.

  1. Jangan malas-malasan. Ini mental yang gak bisa dipakai kalau kamu mau sukses di dunia maya. Niat saja tidak cukup kalau mau sukses. Kamu harus terus melakukan yang terbaik. Kalau di dunia blogging, kamu harus terus menulis sampai kapan pun.
  2. Selalu belajar hal baru. Upgrade diri itu penting kalau kamu sudah terjun di dunia maya. Banyak loh kreator-kreator baru yang kreatif dan skill mereka gak main-main. Oleh karena itu, sambil cari duit, kamu juga upgrade skill yang sudah ada agar dapat bersaing dengan konten kreator lainnya. Hari ini bisa nulis, besok harus bisa video editing!
  3. Bersyukur dan berdoa, jangan ria. Usaha online juga ada naik turunnya, hari ini bisa dapat project besar, bulan depan bisa aja gak dapat sama sekali. Yang kamu lakukan adalah tetap stay cool, merakyat dan berdoa agar segala yang kamu lakukan menjadi berkah.

Bagaimana, tidak sulit kan melakukan tipsnya!

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online

Jadi sampai sini sudah clear ya…

Gak ada yang namanya babi ngepet lagi biar kaya.

Lagian, jaman udah canggih, uang udah digital. Emang bisa ngepet uang yang ada di tabungan atau di dompet digital? Hehehe

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan seputar blogging atau mau curhat pengalaman di tuduh ngepet juga gara-gara punya duit banyak padahal di rumah aja, kasih komentar di bawah ini ya!

Bukan Babi Ngepet! Ini Cara Bikin Kaya dengan Melakukan Usaha Online 30

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend