Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Beranda blog

Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin, Begini Caranya!

0
Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin, Begini Caranya!

Pensiun merupakan salah satu proses yang akan dihadapi semua orang pekerja jika telah memasuki usia tua. Kesehatan yang menurun dan tidak produktif lagi adalah salah satu alasan kenapa setiap orang harus pensiun.

Untuk menghadapi masa tersebut dan dapat menikmati kehidupan yang lebih baik, maka ada baiknya menyiapkan dana pensiun sendiri mungkin.

Kalau yang berprofesi sebagai PNS mungkin masih tetap mendapatkan gaji pensiunnya dari pemerintah, lalu bagaimana dengan kita-kita yang kerja di swasta apalagi freelancer seperti saya?

Tentu kita harus memikirkan persiapan dana pensiun dari sekarang!

BACA JUGA: Menuju Financial Freedom, Ini yang Saya Lakukan Dan 4 Tips Mewujudkannya

Bila mencari tips dan perencanaan dana pensiun di dunia maya, maka banyak situs yang menyarankan untuk melakukan dua hal, yaitu mulai menabung dan berinvestasi adalah salah satu kunci untuk menyiapkan dana pensiun.

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi cara menyiapkan dana pensiun dini, karena dana pensiun itu bukan disiapkan jelang pensiun, tapi sedini mungkin.

Fakta tentang pensiun di Indonesia

Oh ya.. sebelum berbagai tipsnya, saya mau kasih sedikit gambaran apa yang terjadi pada dunia pensiun di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Saya ada mengutip beberapa poin dari artikel Kompas dan Liputan 6 tentang pensiun yang bikin kamu bergegas siapkan dana pensiun.

Orang Indonesia pilih bergantung pada anak

“anak adalah investasi”, mungkin statement ini tidak asing lagi di telinga kita, saya pun juga sering dengar.

Berdasarkan hasil survei dari 1,050 responden yang dilakukan oleh HSBC yang saya baca dari Kompas.com , sebanyak 76 persen responden usia kerja (di atas 21 tahun) yang mengharapkan adanya dukungan finansial dari anak mereka kelak ketika pensiun.

Health of Management HSBC Indonesia Steven Suryana mengungkapkan, hanya 24 persen dari pensiunan di Indonesia yang menerima dukungan finansial dari anaknya.

Saya pribadi tidak terlalu ambil pusing dengan fakta ini, karena memang berusaha tetap bisa membantu orang tua, walaupun dana pensiun orang tua saya sudah ada.

Menunda persiapan dana pensiun

Coba angkat tangan yang sudah punya persiapan dana pensiun? (beri komentar dibawah ya!)

Saya rasa belum banyak yang punya.

Kalau mau gampang tanya teman atau orang terdekat, kebanyakan mereka belum punya rencana untuk persiapan dana pensiun.

Usia di 25 tahun banyak yang berpikir untuk beli rumah, mobil dan Pendidikan anak, tapi justru lupa untuk kesejahteraan sendiri di hari tua nanti.

Padahal kalau dipikir-pikir lagi, semakin cepat kita mengumpulkan dana pensiun, maka semakin banyak juga uang yang kita punya nanti.

Tabungan saja tidak cukup

Nah, ini yang paling penting.

Tidak sedikit ternyata yang berpikir bahwa menabung adalah cara yang paling aman untuk menyiapkan dana pesiun. Padahal bunga yang diberikan belum tentu memberi efek yang positif untuk tabungan kita. Apalagi jika ada biaya administrasi dan biaya lainnya yang bikin tabungan berkurang.

Asal tahu saja, laju inflasi itu tidak menentu.

Syukur-syukur kalau presentasinya dibawah bunga bank, kalau diatasnya bagaimana?

Bayangkan jika tabungan kamu tegerus 4-5% untuk inflasi, berapa sisa tabungan 40-50 tahun mendatang? (hitung sendiri ya)

Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin, Begini Caranya! 1

Untuk menyiasati laju inflasi, maka kamu harus melakukan lebih dari sekedar menabung biasa, yaitu dengan cara berinvestasi.

Investasi merupakan cara terbaik untuk mengalahkan inflasi dan menjaga nilai mata uang yang kita miliki saat ini untuk masa depan.

Dengan memberikan gambaran fakta pensiun di Indonesia seperti di atas, diharapkan kamu tidak menyia-nyiakan waktu muda yang masih ada sekarang. Mulailah menyiapkan dana pensiun sedini mungkin.

Tentu kamu bingung bagaimana cara menyiapkan dana pensiun dalam bentuk investasi. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips untuk lakukan investasi dana pensiun.

Cara menyiapkan dana pensiun

Investasi untuk dana pensiun merupakan hal yang menjanjikan, karena dapat memberikan return yang tinggi melebihi laju inflasi di Indonesia. Tapi, itu pun kalau kita bisa jeli memilih instrumen investasi yang tepat.

Agar tidak salah pilih instrumen investasi, ada baiknya kita harus mengetahui cara menyiapkan dana pensiun yang baik di instrumen investasi yang baik pula.

Mulai sisihkan gaji untuk dana pensiun

Hal paling dasar dalam menyiapkan dana pensiun adalah adanya alokasi dana. Ini terdengar sepele, tapi sulit dilakukan. Apalagi untuk anak muda.

Pada umumnya dalam perencanaan keuangan, pos-pos keuangan biasa dibagi 5 macam, yaitu: untuk kebutuhan sehari-hari, untuk cicilan, untuk amal, untuk investasi dan untuk gaya hidup.

Nah, untuk dapat menyisihkan dana pensiun, kamu bisa buat pos baru menjadi 6 macam, atau membuat sub kategori pada pengeluaran untuk investasi.

Pokoknya sisihkan dana pensiun senyaman mungkin setiap bulannya sesuai dengan kekuatan finansial kamu.

Mulai investasi

Wajib dilakukan, investasi adalah cara untuk menyiapkan dana pensiun.

Ada beberapa instrumen investasi yang cocok dijadikan wadah sebagai penampung dana pensiun kita, yaitu investasi saham, reksa dana, dan juga P2P lending.

Diantara banyak pilihan investasi yang ada, investasi P2P lending bisa menjadi salah satu instrumen yang tepat untuk menampung dana pensiun.

Buat yang belum tahu, cara kerja investasi P2P Lending adalah dengan memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan. Di sini kita berperan sebagai peminjam modal untuk orang lain baik dalam bentuk individu maupun pinjaman korperasi.

Imbal balik yang dihasilkan dari investasi di P2P lending juga besar, bisa mencapai 25% per tahun loh.

Tentunya tidak semua platform P2P lending dapat memberikan imbal balik atau bunga yang tinggi.

Cashwagon merupakan platform P2P landing yang bisa memberikan bunga hingga 25% untuk investasi dana pensiun yang kamu lakukan selama setahun. 

Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin, Begini Caranya! 2

Mulai investasi di Cashwagon juga terjangkau, kamu bisa mulai pendanaan mulai dari 500 ribu untuk 10 hari.

Dengan menyiapkan dana pensiun sedini mungkin, kamu sudah berada di jalur aman dan bisa menghapus stigma “anak adalah investasi”, karena kita tentu tidak ingin menyusahkan anak kita dimasa yang akan datang nanti.

Semoga tips ini bermanfaat dan silakan berikan tanggapan kamu di kolom komentar untuk berdiskusi seputar investasi untuk dana pensiun.

Referensi:

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar

0
Cover Kredit Pintar

Pernah gak bermimpi bisa hidup kaya dan bebas finansial? Dalam arti, kamu gak perlu lagi capek lagi bekerja keras dan hanya perlu menikmati uang yang kamu miliki sampai hari tua nanti.

Eemmm… Saya rasa bukan kamu aja yang pengen bisa menikmati hidup yang layak, tanpa perlu memikirkan lagi, bagaimana kondisi keuangan di masa yang akan datang. Semua orang pasti ingin seperti itu.

Tapi….. dalam pengaplikasiannya, menjadi orang sukses dan kaya butuh proses, tidaklah mudah.

Keluar dari zona nyaman dan melalukan sesuatu lebih daripada orang lain merupakan kunci menuju menjadi orang sukses dan kaya yang bebas finansial.

Apalagi, kini sudah banyak pinjaman online produktif atau biasa dikenal dengan utang produktif yang bisa kamu gunakan sebagai modal awal usaha atau untuk sebagai modal mengembangkan bisnis yang sudah kamu milik ke level yang lebih tinggi.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk menunda apalagi sampai mengabaikan potensi yang kamu miliki sebagai calon pengusaha sukses.

#JadiBerani buka usaha adalah mindset awal yang harus ditanamkan pada diri kamu.

Asal tahu saja, menjadi pengusaha bukan hanya baik untuk kamu saja, tapi juga dapat membuka lapangan perkerjaan untuk orang lain.

Bayangkan, bagaimana berpengaruhnya kamu dalam dampak sosial di lingkungan kamu.

Oleh karena itu, untuk memuluskan niat kamu untuk jadi pengusaha dengan membuka bisnis sendiri, saya mau berbagi tips dan trik bagaimana cara mendapatkan ide bisnis yang cocok untuk kamu dan juga cara mendapatkan pinjaman online untuk modal usaha.

Yuk, lanjut baca terus!

3 Ide bisnis modal kecil dibawah 2 juta

Kamu yang belum terbiasa dengan dunia wirausaha tentu bakalan bingung, bisnis apa enaknya di buat dan bisa menghasilkan banyak uang.

Untuk itu, saya punya beberapa ida bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah dengan modal minim.

Bisnis makanan ringan

Disukain berbagai kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa, makanan ringan termasuk bisnis yang menguntungkan dan dapat dimulai dengan modal minim.

Saya sendiri sudah coba membuat bisnis makanan ringan ini saat project kuliah dulu, yaitu bisnis singkong goreng dengan berbagai macam rasa. Saya lupa keuntungannya totalnya berapa, tapi saat itu setelah projectnya selesai, saya dapat 600 ribuan.

Bisnis katering

Bisnis kuliner yang satu ini juga popular loh. Dengan semakin banyaknya orang yang mager masak, kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk mendulang rupiah. Kalau kamu tidak talenta dalam memasak, kamu bisa ajak teman yang jago masak untuk bekerja sama.

Apalagi kini sudah ada ojek online yang bisa menjadi sarana kamu memasarkan produk.

Bisnis minuman rasa-rasa

Siapa yang gak tau thai tea atau kopi kenangan yang sedang tren beberapa tahun terakhir. Bisnis minuman yang disajikan dalam cup tersebut juga dapat memberikan untung yang besar loh.

Kamu bahkan bisa dapatkan bahan dengan mudah di toko online. Karena setelah saya pantau, ternyata tidak sedikit toko online yang menjual bubuk thai tea berbagai rasa yang dengan mudah kamu racik sendiri dengan tambahan boba atau cincau. Bahan-bahan tersebut tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

————————————

Selain 3 jenis bisnis tersebut, sebenarnya masih banyak ide bisnis lain yang bermodal murah, hanya saja akan sangat panjang jika dijabarkan. Ketiga bisnis diatas menurut saya lebih mudah dijalankan daripada bisnis lainnya.

Walau pun dibilang butuh modal kecil saja dibawah 2 juta, tentu uang segitu tidaknya sedikit untuk didapatkan.

Oleh karena itu, untuk memulai semua itu kamu harus bisa mendapatkan utang produktif.

Utang produktif adalah pinjaman yang digunakan untuk kepentingan bisnis atau usaha yang dapat memberikan pendapatan untuk kamu.

Berbeda jauh dengan utang konsumtif yang hanya digunakan untuk kesenangan sementara, utang produktif dapat kamu tempatkan pada ide-ide bisnis seperti yang diatas.

Mendapatkan utang produktif juga tidak sulit loh, karena ini semua serba mudah dan serba instan. Modal usaha bisa cair dalam hitungan beberapa hari saja.

Begini cara dapat utang produktif dengan mudah

Berbeda dengan investasi yang bisa dimulai dengan modal 100 ribu saja, untuk mulai bisnis sendiri tentu membutuhkan lebih banyak uang.

Untuk menggunakan uang dari kantong pribadi tentu tidaklah mudah. Karena saya pernah dengar sebuah pernyataan, bahwa membuat bisnis sendiri itu sebaiknya memakai pinjaman modal.

Pinjaman ini bertujuan untuk membuat kita lebih semangat berbisnis dan juga menjadi lebih terpacu. Karena kalau pakai modal sendiri, ada rasa malas dan tidak terlalu tertekan untuk mengembangkan bisnis.

Pernyataan itu menurut saya ada benarnya juga. Kalau pakai uang pribadi untuk bangun bisnis, jika mengalami kendala dan bangkrut, kita merasa biasa saja.

Untung saja di era yang sudah maju saat ini, mendapatkan pinjaman tidaklah sulit karena sudah banyak plaform pinjaman online atau biasa dikenal pinjol.

Per Januari 2020, jumlah penyaluaran pinjaman sudah mencapai 88.374,06 miliar. Jumlah ini meningkat 239,85% dari Januari 2019.

Tingginya angka pinjaman ini membuktikan bahwa pinjaman tersebut sangat efektif untuk dimanfaat baik untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif.

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar 3

Kemudahan dalam proses pinjaman online juga menjadi alasan kenapa orang lebih memilih melakukan pinjaman secara online dibanding pinjaman KTA ke bank.

Ada beberapa alasan kenapa pinjaman online lebih unggul dari pinjaman KTA bank:

  1. Kemudahan pendaftaran

Proses pendaftaran untuk mengajukan pinjaman lebih mudah dan cepat dengan aplikasi di smartphone di pinjaman online, berbeda dengan bank yang memerlukan lebih banyak waktu untuk ke bank dan melengkapi dokumen fisik.

2. Waktu pencairan dana

Pinjaman online umumnya membutuhkan waktu yang cepat untuk proses pencarian dana dalam hitungan hari, paling lama biasa 3 hari. Ini sangat berbeda dengan bank yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pencairan dana.

3. Kredit scoring

Bank pada umumnya akan mengecek score kredit si peminjam dana pada data BI dan ini memakan waktu bagi petugas bank untuk melakukan pengecekan. Berbeda dengan Fintech yang menggunakan scoring kredit khusus sesuai regulasi masing-masing perusahaan pinjaman online.

Dengan begini kita sudah dapat membandingkan bahwa untuk melakukan pinjaman lebih mudah dilakukan di perusahaan pinjaman online.

Kalau ditelusuri lebih dalam, berdasarkan data OJK Januari 2020, kini sudah ada 164 perusahaan fintech di Indonesia. Itu artinya kamu punya kesempatan besar untuk meminjam diantara 164 perusahan tersebut.

Tapi, kalau mau lebih teliti lagi, hanya 25 fintech yang sudah berizin.

Apakah perbedaan Penyelenggara Fintech Lending terdaftar dengan berizin?

Keduanya dapat menjalankan kegiatan operasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penyelenggara terdaftar dapat menjalankan kegiatan operasional hingga 1 (satu) tahun setelah mendapat tanda terdaftar dan selanjutnya wajib mengajukan permohonan perizinan, apabila tidak mengajukan permohonan perizinan maka Penyelenggara terdaftar harus mengembalikan tanda terdaftarnya kepada OJK. Sementara Penyelenggara berizin tidak memiliki masa kadaluwarsa atas tanda berizin yang dimilikinya.

Untuk menjamin perusahan tempat kamu pinjam modal bisnis, ada baiknya memilik yang sudah berizin dari OJK, yang artinya perushaan tersebut sudah steady sebagai perusahan pinjaman online di Indonesia.

Untuk itu kamu bisa memilih Kredit Pintar yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK sebagai partner bisnis kamu untuk mewujudkan keinginan menjadi kaya dan bebas finansial dimasa yang akan datang.

#JadiBerani buka usaha bersama Kredit Pintar

Dengan layanan pinjaman online yang disediakan, Kredit Pintar kini turut mendukung penuh usaha yang kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang pembisnis sukses melalui kampanye #JadiBerani Terus Lakukan Lebih.

Kini kamu tidak perlu lagi takut dan ragu untuk melebarkan sayap bisnis, karena Kredit Pintar siap menjadi partner kamu dalam urusan kebutuhan modal kerja baru.

Persyaratan untuk melakukan pinjaman di Kredit Pintar juga mudah, karena hanya membutuhkan beberapa syarat, seperti umur mulai dari 18 tahun dan memiliki KTP.

Mudah kan, syaratnya?

Kredit Pintar
Tampilan awal situs Kredit Pintar

Modal yang dapat kamu pinjam juga sesuai banget dengan ide bisnis diatas tadi loh. Bahkan, kamu bisa dapatkan pinjaman dari Kredit Pintar hingga 10 juta dengan cicilan 12 bulan tergantung credit scoring masing-masing nasabah tentunya.

12 bulan adalah waktu yang ideal bagi kamu untuk mengembangkan bisnis pertama dan menutupi cicilan pinjaman yang ada dari keberhasilan bisnis yang kamu jalankan.

Kalau bingung cara pengajuan pinjaman di Kredit Pintar, kamu bisa tonton video dibawah ini.

Oh ya, saya mau kasih tips sedikit tentang membangun sebuah bisnis buat pemula.

Sebelum kamu memulai bisnis, pastikan kamu punya co-founder dan tim yang punya satu visi misi dengan kamu, ini bertujuan agar kalian bisa saling support satu sama lain, jangan mulai sendirian.

Siapkan juga business plan yang simple tapi isinya bagus.

Mulai dengan membuat logo dan profil bisnis. Lalu, kamu bisa siapkan marketing plan, yaitu 4 P’s dan SWOT analysisnya. Untuk membuat bisnis running well, kamu juga lengkapi dengan production plan untuk mengetahui perkakas apa yang kamu butuhkan dan alur produksi produknya. Terakhir, buat financial plan yang berkaitan dengan menghitung kebutuhan modal, cash flow, income statement dan ratio analysis.

Walaupun terkesan ribet, bisnis plan itu perlu untuk membuat bisnis kamu sukses.

Nah, itu lah beberapa tips saya buat yang pertama kali baru kenal dunia usaha.

Kesimpulan

Membangun bisnis kini bukan lagi sebuah impian belaka. Dengan kemudahan akses informasi di internet, kamu bisa mencari banyak ide bisnis yang bisa sesuaikan dengan passion kamu.

Modal bisnis yang dibutuhkan juga terjangkau untuk beberapa model bisnis seperti bisnis makanan dan minuman yang hanya butuh modal 2 juta kebawah saja.

Apalagi, dengan hadirkan Kredit Pintar yang turut menyukseskan bisnis yang kamu jalankan dengan pinjaman modal usaha hingga 10 juta dengan jangka waktu pelunasan 12 bulan.

Tapi, ingat ya! Lakukan pinjaman yang sesuai dengan kampuan kamu membayar. Jangan sampai bisnis buntung, hutang menggunung.

Yuk, #JadiBerani bangun bisnis impian kamu bersama Kredit Pintar!

#JadiBerani Mulai Bisnis Dengan Pinjaman Online dari Kredit Pintar 4

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google

0
Sertifikat SSL

Ditengah melesatnya pertumbuhan internet di dunia, tentu harus diimbangi dengan sistem keamanan juga.

Bagaimana tidak, dengan hanya klik, klik, klik pay, kita bisa dengan mudah membeli produk yang kita inginkan secara online.

Celah keamanan dalam bertransaksi online ini sering kali dimanfaatkan oleh pencuri data untuk mengambil data pelanggan dari sebuah website.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 7

Oleh karena itu, sebagai pemilik website tentu kita harus melengkapi sistem keamanan demi melindungi pelanggan. Cara yang paling dasar untuk melindungi pelanggan adalah dengan menggunakan SSL certificate.

Jika kamu kurang familiar, Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah file data kecil yang secara digital mengikat kunci kriptografi ke detail organisasi (website). Ketika di instal pada server web, ini mengaktifkan gembok dan protokol https dan memungkinkan koneksi aman dari server web ke browser.

Sekedar informasi, terdapat berbagai jenis website yang dilengkapi dengan ikon khusus yang memperlihatkan tingkat keamanan sebuah website.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 8
Ikon website yang biasa muncul di URL bar browser

Jika kamu sering browsing website dan lihat ada tanda gembok dan ber-https, artinya kamu aman memberikan data ke website tersebut, karena data yang kamu berikan akan langsung masuk ke server pemilik website.

Memang, seberapa penting sih sebuah website memiliki sertfikat SSL? Yuk, lanjut baca!

Pentingnya sertifikat SSL untuk website

Tidak peduli website kamu itu skalanya kecil atau besar, sekedar blog personal atau blog korperasi, setiap website yang ada di muka bumi ini haruslah ber-SSL, ini alasannya:

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 9

1. Meningkatkan keamanan website

Hal paling basic dalam memiliki sertifikat ssl pada website adalah memberikan keamanan lebih pada website yang kita miliki, sehingga data yang mengalir ke website kita langsung tersimpan aman dalam database.

Data seperti kartu kredit, user, password dan lainnya akan tersimpan baik dalam database website yang kita kunjungi.

2. Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan untuk pelanggan

Punya sertifikat ssl tentu meningkatkan kepercayaan pada pelanggan. Ini karena website ber-SSL akan dilengakpi ikon gembok yang artinya website aman.

Ini juga menjadi bukti kalau kamu sebagai pemilik website sangat memperhatikan keamanan data pelanggan kamu.

3. Menguntungkan dari segi SEO

Siapa yang gak mau websitenya ada dihalaman pertama Google? Tentu semua kita pemilik website menginginkan hal tersebut.

Fakta menariknya, jika website dilengkapi dengan ssl certificate, maka peringkat pada halaman Google juga jadi lebih baik.

Coba lihat gambar dibawah ini.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 10
Gambar: https://neilpatel.com/

Gambar diatas saya ambil dari blognya bang Neil Patel, yang memperlihatkan bagaimana Google lebih memprioritaskan situs yang memakai SSL (ber-HTTPS) untuk berada dihalaman pertama.

Kalau mau website berpotensi dimuat dihalaman pertama, maka pakailah sertifikat SSL.

4. Diwajibkan Google

Seperti yang sudah saya bahas poin diatas, Google sangat menyukai website yang punya ssl certificate. Karena itu artinya kita sebagai pemilik website punya tanggung jawab untuk menjaga data pelanggan kita.

Google terang-terangan jika era SSL sudah dimulai sejak 2014 lalu melalui acara Google I/O.

Era Wajib sertifikat SSL di mulai!

Tau gak sih kalau sertifikat SSL merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah blog atau website.

Tidak peduli apa tujuan dan fungsi website kamu di dunia maya, semua website dan blog wajib pakai sertifikat SSL.

Ini bukan saya yang bilang ya… tapi Google sendiri.

Asal tahu saja, dalam sebuah acara Google I/O 2014 lalu, Google mempresentasikan bagaimana pentingnya SSL (HTTPS). Bahkan HTTPS telah menjadi raking signal untuk halaman pencarian Google.

Dalam acara tersebut, Google menyebutkan bahwa data yang sering dikirimkan melalui saluran yang tidak dienkripsi tidak aman, tidak dapat dipercaya, dan mudah disadap.

Kita sebagai pemilik blog dan website tentu harus melindungi keamanan, privasi, dan integritas data pengguna kita.

Bahkan sejak Juli 2018 dengan dirilisnya Chrome 68, situs Non-HTTPS (tidak pakai sertifikat SSL) sekarang diberi label “Not Secure”.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 11

Dalam contoh kasus, kamu bisa lihat situs Bank Mandiri dibawah ini yang dilengkapi dengan SSL certificate dan tentunya memiliki gembok. Semua transkasi aman di website ini.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 12

Beda halnya website dibawah ini, yang tidak memiliki SSL certificate lengkap dengan gembok silang. Bahkan, browser akan langsung memperingati bahaya website tersebut jika kita memasukkan data pribadi disana.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 13

Kalau sudah gini, masih ada alasan untuk tidak pakai sertifikat SSL di website kamu? Jangan sampai deh website kamu di cap tidak aman.

Manfaat yang sudah saya rasakan dari SSL

Saya tentu tidak mengada-ada kalau menulis sebuah artikel, karena apa yang yang saya tulis tentu sudah saya rasakan manfaatnya.

Untuk kamu yang masih ragu bagaimana pentingnya sebuah SSL, saya mau kasih study case bagaimana blog saya ini berhasil tumbuh berkat sertifikat SSL.

Sebagai seorang blogger yang sangat peduli pada teknologi website, saya sudah menggunakan sertifikas SSL sejak pertama kali blog ini dibuat tahun 2016.

Pada masa 2016, sebenarnya SSL ini belum begitu populer. Baru pada tahun 2018 website mulai gemborkan pakai SSL, meskipun gratis.

Statistik dibawah ini adalah perjalanan blog saya dari tahun 2016 ke 2019. Saat ini tidak pakai Jetpack lagi, jadi statistik ini bukan lagi acuan saya.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 14

Berkat menggunakan SSL dan beberapa teknologi website yang penting diaplikasikan, blog saya bisa berada diperingat pertama halaman Google.

Bahkan, kalau dilihat dalam Google Search Console, posisi 1000 keywords rata-rata ada dihalaman pertama dengan posisi 7,7.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 19
Rata-rata tahunan, blog irfan ada di posisi 7.7 dari 1000 keywords

Sudah terbukti bukan? Perlu contoh lain lagi? Sepertinya cukup ya! hehehe

Free SSL saja tidak cukup!

Tapi agak sedikit memalukan sih, sebenarnya blog saya pakai free SSL alias HTTPS yang gratisan. Kejadian ini sama juga dengan banyak website lainnya yang masih mengandalkan sertifikat SSL gratisan untuk melindungi website mereka.

Saya pikir itu sudah cukup, ternyata perkiraan saya salah.

Pakai sertifikat ssl yang gratisan ternyata tidak memaksimalkan kinerja SSL itu sendiri.

Menurut informasi yang saya temukan, ada beberapa perbedaan antara SSL gratis dan SSL berbayar, berikut table perbedaannya:

SSL GratisanSSL Berbayar
Ada HTTPS
Tidak ada bantuan (support)
Tidak ada jaminan (warranty)
Validitas pendek (30-90 hari)
Level DV
Ada HTTPS
Ada bantuan (support)
Ada jaminan (warranty)
Validitas panjang (1-2 tahun)
Level DV, OV, EV

Untuk kamu yang belum tahu, sertifikat SSL itu dibagi jadi 3 kelas seperti pada table dibawah ini:

Domain Validation (DV)DV merupakan jenis sertifikat SSL kelas terbawah, sertifikat ini hanya untuk memastikan bahwa pemesan Sertifikat SSL adalah sebagai pemilik domain, setidaknya dapat mengelola domain terdaftar pada Sertifikat SSL.
Organization Validation (OV)OV merupakan jenis kelas menengah yang cock untuk organisasi dan perusahaan. Validasinya sendiri membutuhkan extra dokumen seperti surat dari organisasi atau legalitas perusahaan.
Extended Validation (EV)EV merupakan sertifikat dengan kasta tertinggi. Validasi datanya hampir sama, pemilik situs harus menyertakan surat legal dari pemerintan dan verikasi lebih lanjut dengan telepon suara.

Meskipun pada level SSL DV baik gratis dan berbayar tingkat keamanannya sama, tapi ada beberapa fitur seperti support dan warranty yang tidak dimiliki SSL gratis.

Akhirnya saya sadar, dengar reputasi blog yang terus meningkat memiliki serifikat SSL berbayar adalah sebuah keharusan. Bukan hanya soal keamanan untuk pembaca saja, tapi juga memberikan komitmen yang serius dengan menggunakan SSL berbayar.

Untungnya niat serius saya menggunakan sertifikat SSL dimudahkan karena bertemu dengan penyedia sertifikat ssl, yaitu SSL Indonesia.

SSL Indonesia merupakan penyedia sertifikat SSL dari berbagai brand ternama di dunia.

SSL Indonesia, penyedia sertifikat SSL terbaik di Indonesia

Mungkin kamu bakal menemukan banyak provider hosting yang menawarkan produk SSL juga, tapi tidak seperti SSL Indonesia.

Hanya fokus pada penjualan sertifikat SSL, SSL Indonesia lebih credible dalam menyediakan sertifikat SSL. Kelebihan inilah yang membuat SSL Indonesia lebih dipercaya dalam menangani pembelian sertifikat SSL.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 20

Sejauh ini, SSL Indonesi telah bekerja sama dengan provider sertifikat SSL Digicert, Symantec, GeoTrust, Sectigo, RapidSSL, dan thawte.

Apapun website yang kamu punya, baik itu blog pribadi, website non-profit organization dan website korporasi sangat cocok untuk Beli SSL di SSL Indonesia. Ini karena SSL Indonesia menyediakan sertifikat SSL dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 70 ribu hingga yang juataan rupiah.

Ada banyak alasan kenapa harus beli SSL di SSL Indonesia, yaitu seperti gambar dibawah ini!

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 21

Dengan melihat 8 alasan diatas tentu merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh provider SSL lainnya.

Tapi itu baru 8 alasan umum saja ya…

Yang perlu kamu ketahui, support-nya dan CSnya SSL Indonesia itu bbuuaaaiikkkkk banget dan responsif banget.

Saya sebagai konsumen sangat puas dengan layanannya. Bagaimana tidak, mereka rela LIVE chat dengan saya dari pagi sampai sore.. ckckckckckkk, maklum saya yang banyak pertanyaan.

Lamanya chat saya dengan CS SSL Indonesia adalah guna untuk instalasi sertifikat SSL yang saya beli.

Jadi, penasaran kan bagaimana cara beli dan pakai sertifikat SSL dari SSL Indonesia? Nih saya kasih tutorialnya.

Cara mudah membeli sertifikat SSL di SSL Indonesia

Teori saja tentu tidak cukup, kalau gak mulai dari sekarang, kapan mau punya sertifikat SSL?

Oleh karena itu, saya sudah punya tekat bulat untuk memakai sertifikat SSL berbayar dari SSL Indonesia. Sekalian mau tunjukkan ke kamu betapa mudahnya beli dan install sertifikat SSL.

Pertama, bukan situs SSL Indonesia, lalu pilih produk yang kamu inginkan. Ingat, ada harga ada barang yaa… semakin mahal sertifikatnya, maka manfaat yang didapat juga pasti besar.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 22

Kedua, setelah melalui pertimbagan, saya pilih sertifikat SSL dari SECTIGO versi DV yang katanya cocok untuk blogger seperti saya. Kamu bisa pilih durasi pembayaran untuk 1 tahun atau 2 tahun, disini saya pilih 1 tahun.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 23

Ketiga, setelah memilih paket dan menentukan durasi, selanjutnya di check out akan terlihat tagihan yang harus dibayarkan dan sudah termasuk PPn. Kalau ada voucher coupon syukur banget pasti hahaha

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 24

Keempat, tambahkan data billing details dan pemilihan metode transfer. Ini proses sekalian buat akun user di SSL Indonesia untuk kelola sertifkat SSL yang kamu beli nanti.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 25

Kelima, setelah invoice keluar, kini saatnya membayar sesuai dengan tagihan yang dimiliki.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 26

Keenam, jika transfer tagihan sudah dilakukan, jangan lupa melalukan konfirmasi pembayaran, agar memudahkan SSL Indonesia melakukan validasi.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 27

Ketujuh, sampai disini, kita bisa duduk santai dulu sambil tunggu sertifikat di aktifkan.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 28

Kedelapan, final step. Jika pembayaran sudah diterima, kamu bisa lakukan pengisian data dengan download Form Excel yang sudah disiapkan.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 29

Untuk mengisi “Check your CSR”, maka butuh akses Cpanel dulu dan mengikuti arahan yang ada pada halaman tersebut. Kamu bisa klik “How do I generate a CSR?” untuk instruksi yang lengkap, sehingga kamu tidak kesusahan.

Jika sudah berhasil mendapatkan kode CSR, maka akan keluar status “CSR successfully checked”

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 30

Sampai disini, kamu tinggal install sertifikat SSL di website kamu.

Oh ya, kalau kamu ada kesulitas saat ini CSR, kamu bisa tanya ke CS SSL Indonesia ya. Mereka aktif LIVE chat mulai jam 9 pagi hingga jam 5:30.

Cara install sertifikat SSL

Untuk dapat menginstall sertifikat SSL, ada 2 cara yang bisa kamu gunakan:

Minta bantuan provider hosting

Cara instan dan gak bikin ribet adalah dengan cara meminta bantuan provider hosting yang kita tempati.

Saya sendiri sudah tanya ke pihak provider hosting tempat blog saya online dan mereka setuju untuk membantu saya install sertifikat SSL.

Install sendiri

Jika provider hosting tidak mau install sertifikat SSL di website kamu. Bisa coba mengikuti tutorial yang telah dibuat oleh SSL Indonesia. Tutorial cara pasang SSL certificate tersebut bisa dilihat pada laman ini.

Tapi sepengalaman saya install sendiri sertifikat SSL, ada banyak tutorial yang diberikan agar kita bisa install sendiri sertifikatnya. jadi, tidak terlalu rumit prosesnya.

Blog saya kini sudah makin secure dan mulai kelihatan high profile, karena sudah di lengkapi site seal (coba geser kursor ke logo dibawah ini), yang bisa kamu akses informasi keterangan sertifikatnya jika diklik.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 31
Seritifikat SSL dari SSL Indonesia untuk blog irfan.id

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan sertifikat SSL?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dalam memajukan potensi website yang kamu miliki. btw yang mau curhat soal SSL boleh tingkatkan komentar dibawah ini ya, biar kita bisa saling sharing pengalaman beli dan install sertifikat SSL.

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana?

2
100 ribu

Dengan 100 ribu bisa dapat apa? Untuk makan? Tentu!

Tapi, bagaimana jika dengan modal 100 ribu rupiah saja, kamu justru bisa jadi jutawan. Memang mungkin? Kenapa tidak?

Caranya gampang kok, investasi aja!

Ya, dengan investasi mulai dari 100 ribu, kamu bisa jadi jutawan. Tapi, itupun kalau jeli memilih instrumen investasi dan punya disiplin yang tinggi ya.

Kadang kita sering salah kaprah tentang mindset bahwa investasi itu hanya untuk orang kaya yang banyak uangnya. Walaupun tidak 100% salah, tapi saja keberatan jika ada yang bilang seperti itu.

Nyatanya, ada instumen investasi yang modal awalnya terjangkau dan ini cocok banget untuk kamu yang generasi milenial dan Gen Z yang modalnya tidak sebesar orang-orang kaya.

Nah, kali ini saya mau bahas beberapa instrumen investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah. Apa saja? Yuk simak ulasan dibawah ini!

4 jenis investasi yang bisa dimulai dengan modal 100 ribu

Oh ya, sebelum bahas keempat instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal 100 ribu, saya mau kasih tau dulu. Kalau instrumen investasi itu ada resikonya, mulai dari yang rendah hingga tinggi.

Semakin rendah resiko, berarti kecil imbah balik investasinya. Tapi kalau resikonya tinggi maka hasil yang didapatkan juga tinggi. Jadi fair ya!

Oleh karena itu, sebelum kamu investasi harus tau dulu tipe kamu investor apa, siap hilang duit kah? atau gak rela duitnya hilang.

Profil resiko investor itu ada 3 tipe:

  1. Konservatif: Ini profil resiko paling rendah dan main aman sifatnya. Return rendah, asal selamat.
  2. Moderat: Profil resiko yang siap ambil resiko besar, tapi tetap hati-hati dan juga pintar membatasi jumlah investasi di instrumen yang beresiko tinggi.
  3. Agresif: Ini profil yang hobinya asal sikat yang penting return tinggi. Artinya, investor tipe ini sudah siap lahir batin untuk terima keuntungan dan kerugian besar dengan penempatan modal yang tidak sedikit.

Diantara 3 profil resiko itu, kamu yang mana?

Oke.

Kalau sudah paham, saya akan ulas 4 instrumen investasi mulai resikonya paling rendah hingga yang resikonya tinggi, biar kamu gak salah masuk kamar.

Investasi Emas

Emas Batangan
Seumur-umur, akhirnya pernah pegang emas batangan, tapi bukan investasi emasi ini yang saya maskud ya

Level resiko: rendah

Sering jadi safe haven, investasi emas adalah salah satu instrumen yang layak di miliki, karena bisa dimulai dengan modal kecil.

Tapiiii……

Bukan investasi emas batangan yang saya maksud, kebesaran modalnya.

Jika ingin investasi emas dengan modal 100 ribu, maka mulainya dari tabungan emas atau aplikasi online yang ada di play store.

Ada beberapa aplikasi emas online yang saya tahu, yaitu: e-mas, Tamasia, IndoGold, dan Pegadaian Digital. Sepertinya masih banyak, tapi yang saya tau yang lainnya, hanya itu saja.

Tapi, untuk tabungan emas saya sudah percayakan kepada Tokopedia Emas yang bekerja sama dengan Pegadaian. Jadi, menurut saya lebih solid untuk investasi emas disitu.

Saya sudah review emas tokopedia di artikel: Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19).  

Tren emas yang terus naik menjadikan emas sebagai investasi yang menjanjikan.

Investasi P2P Lending

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana? 57

Level resiko: moderat

Jadi salah satu jenis investasi yang diminati milenial menurut survey, P2P Lending layak kamu coba.

Buat yang belum tau, cara kerja investasi P2P Lending adalah dengan memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan. Disini kita berperan sebagai peminjam modal untuk orang lain baik dalam bentuk individu maupun pinjaman korperasi.

Walaupun tidak semua platform P2P Lending bermodal rendah, ada beberapa platform yang saya tahu bisa dimulai dengan modal 100 ribu saja, yaitu: KoinWorks dan Modalku. Selebihnya, saya kurang tau platform mana lagi yang menyediakan pendanaan mulai dari Rp 100.000.

Yang penting jangan asal pilih platform P2P Lending ya. Pastikan platformnya terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Investasi Reksa Dana

Financial Freedom
Berinvestasi reksa dana bisa diibarkan seperti sebuah tanaman

Level resiko: rendah hingga tinggi

Untuk pemula yang baru kenal reksa dana mungkin bakalan bingung, karena investasi reksa dana ada sub jenisnya.

Jenis investasi reksa dana ada banyak, tapi yang populer dan familiar di masyarakat adalah reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham dan reska dana campuran.

Kenapa saya bikin level resikonya kecil hingga tinggi?

Ini karena memang dari keempat jenis reksa dana yang saya sebutkan diatas resikonya beda-beda. yang paling rendah resikonya reksa dana pasar uang dan yang paling tinggi adalah reksa dana saham.

Mengenai perbedaan keempat jenis reksadana tersebut bisa kamu baca di: Mengenal 4 Jenis Reksa Dana, Mana Yang Paling Cocok Dengan Anda?.

Asiknya, semua jenis reksdana tersebut bisa dimulai dengan modal 100 ribu saja, bahkan beberapa marketplace reksa dana ada yang menawarkan investasi reksa dana mulai dari 10 ribu saja. Terjangkau banget kan?

Buat kamu yang bingung mau investasi reksa dana dimana dan bingung cara investasi reksadana, saya ada review beberapa platform marketplace reksa dana berikut:

Investasi Saham

Daftar akun saham

Level resiko: tinggi

Nah, kalau instrumen investasi yang satu ini pasti lebih familiar di telinga kamu. Ya, saham juga bisa dimulai dari modal 100 ribu lho!

Jenis investasi saham terkenal rumit dan tidak mudah. Karena kita sendiri yang mengatur kemana dana investasi akan dialokasikan.

Beda dengan P2P Lending atau Reksa dana yang penempatkan dananya sudah di atur ahlinya, sehingga kita sebagai investor tinggal duduk manis saja.

Di saham kamu harus pintar pilih perusahan atau emiten mana yang ingin diinvestasikan, mulai dengan belajar analisis fundamental dan analisis teknikal.

Untungnya, kamu gak bakalan kesusahan belajar investasi saham, karena sekarang ada namanya Sekolah Pasar Modal yang diadakan oleh IDX dihampir seluruh Indonesia.

Dengan modal 100 ribu saja, Kamu bisa jadi pemilik perusahaan. Yaaaaa…. walaupun cuma 1 lot (1 lot = 100 lembar saham) hahaha

Jadi, mau pilih yang mana?

Diakhir cerita, setelah baca penjelasan diatas kamu pasti bingung untuk pilih jenis investasi yang mana kan?

Coba semuanya aja? Boleh juga!

Tapi, sebagai investor pemula ada baiknya kamu fokus mempelajari satu jenis investasi saja. Kenapa demikian?

Ini biar kamu tidak sulit dalam mengatur dan mempraktekkan investasi yang sudah dimulai.

Jangan sampai karena mau coba semua jenis investasi, bingung lalu ditinggal begitu saja.

Pengalaman saja belajar investasi juga tidak instan. Saya mulai investasi saham tahun 2014, mulai investasi reksa dana sektiar tahun 2015, mulai investasi P2P lending juga baru tahun 2019. Setahun satu jenis investasi yang didalami oke lah ya.

Kalau kamu, bisa mulai dari sesuai dengan profil resiko saja. Kalau mau cari aman, pilih investasi di tabungan emas atau pilih level yang middle dengan investasi di reksa dana. Jika tekat investasi kuat, mulai dari belajar saham juga bisa.

Yang paling penting dalam berinvestasi itu bukan dari berapa banyak jenis investasi yang kamu ketahui, tapi adalah bagaimana kamu bisa menguasai sebuah instrumen investasi, lalu disiplin dalam berinvestasi secara berkala dan cermat dalam mengelola resiko.

Mendingan pilih satu atau dua jenis investasi, lalu mulai berinvestasi saat ini juga dengan rutin top up setiap bulan 100 ribu, sehingga modal yang awalnya kecil bisa jadi besar dan diikuti dengan potensi imbal balik tentunya.

Oke, sampai disini dulu artikel kali ini. Jika bingung dan punya pertanyaan seputar empat jenis investasi diatas, Kamu bisa tinggalkan pertanyaan dikolom komentar dibawah ini!

Suka dengan artikel ini? Downlaod gambar dibawah ini dan share ke Instagram Stories Kamu!

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana? 58

Menuju Financial Freedom, Ini yang Saya Lakukan Dan 4 Tips Mewujudkannya

1
Financial Freedom

Financial Freedom – Setiap hari kerjanya jalan-jalan terus, siapa yang gak mau?

Saya rasa kebanyakan kita ingin seperti itu. Bisa jalan-jalan terus menjelajahi dunia ini.

Tapi, terkadang yang kita pikirkan tidak semudah itu. Ada daily work yang harus kita lakukan agar bisa tetap bertahan hidup demi sebuah gaji disetiap tanggal 25 (ada juga yang jadian di tanggal 2 ya).

Jangan kan untuk libur, uang kebutuhan sehari-hari saja cukup-cukupan dan waktu libur pun berkurang karena kejar target kerja sampai lembur.

Mungkin Kamu pernah dengar sebuah pernyataan.

Usia muda: Banyak waktu, tapi tidak ada uang. Usia tua: Tidak ada waktu, tapi banyak uang.

Yaaa.. pernyataan itu memang benar sekali.

Kebanyakan yang masih muda-muda yang tengah kuliah, mereka punya banyak waktu untuk bersenang-senang, tapi uang untuk bersenangnya terbatas, maklum belum bekerja. Lain lagi dengan yang udah usia tua, waktunya gak ada karena sibuk kerja terus, eeeehhhh uangnya malah gak tau dihabiskan kemana.

Nah… kalau kamu lagi di bagian yang mana nih?

Saya pribadi sih masih menempatkan diri ditengah-tengah pernyataan tersebut. Lah, gimana tuh maksudnya?

BACA JUGA: Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Saat ini saya aktivitasnya seorang freelancer, artinya waktu bekerja saya lebih flexible dibanding kerja daily yang kebanyakan orang lakukan. Sehingga, bisa dikategorikan sebagai orang yang banyak waktu.

Di sisi finansial, saya juga sedang merakit untuk menuju financial freedom. Dengan beberapa mesin uang kebanggaan saya masih terus berjalan. Yaaaa… walaupun uangnya tidak terlalu banyak untuk saat ini, saya mencoba untuk berkembang agar benar-benar mencapai titik financial freedom tersebut.

Oh ya, pada tau gak financial freedom itu apa?

Financial freedom adalah dimana seseorang telah bebas dari ketebatasan finansial, tidak perlu lagi kerja keras untuk mendapatkan uang. Tapi uang tersebut didapatkan tanpa harus bekerja.

Financial Freedom

Woww enak banget ya bisa gitu!

Yaaa.. itu lah yang sedang saya lakukan. Sedikit bekerja, namun uang yang didapat lebih dari keringat yang dilakukan (eeehh.. tapi saya gak sampai berkeringat sih waktu kerja hehehe)

Tentu Kamu bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan financial freedom itu? atau yang harus dilakukan untuk mendapatkannya?

Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan financial freedom. Tapi, yang saya bahas pada artikel kali ini adalah beberapa sumber pendapatan saya selama ini yang saya sebut juga sebagai mesin uang.

Apa saja? Baca terus artikel ini!

3 Cara yang saya lakukan untuk mendapatkan financial freedom selama 7 tahun terakhir

Dari sekian banyak cara, setidaknya ada 3 cara yang sedang saya lakukan agar bisa merdeka secara finansial.

Ketiga cara ini tidak terhubung dengan perkerjaan freelance saya saat ini, sehingga jalannya sudah auto pilot dengan sedikit maintenance sesekali.

Investasi di pasar modal

Mulai pada 2014, saya menjadi investor aktif di pasar modal Indonesia. Instumen yang saya geluti adalah di saham dan reksa dana.

Saya mulai dari investasi saham dengan mengikuti sekolah pasar modal yang diadakan IDX di Jakarta Selatan dalam keadakan masih mahasiswa, sehingga modal juga terbatas saat itu. Kalau investasi reksa dana saya mulai pada 2015 pada masa sedang kerja di Mandiri Investasi.

Dengan belajar ilmu investasi secara otodidak, hingga saat ini saya masih aktif trading di saham dan menabung di reksa dana. Hasilnya akan saya gunakan untuk jangka panjang.

Membuat blog

Solid belajar investasi, akhirnya pada 2016 saya mulai membuat blog dengan domain irfan.id, yaitu blog ini.

Awal mulai ngeblog hanyalah sekedar berbagi ilmu investasi saja, karena saat itu masih sedikit materi investasi di dunia maya.

Namun, pada pertengahan 2017 saya memutuskan untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense atas rekomendasi abang sepupu saya. Karena kalau dipikir lagi, banyak juga uang yang dikeluarkan setiap tahun untuk biaya hosting dan domain.

Tapi siapa sangka, seiring berjalannya waktu, banyaknya pengunjung dan pengiklan membuat blog ini semakin berkembang dan menjadi salah satu aset berharga.

Dengan penghasilannya yang tinggi, tidak mengherankan kalau blog ini saya sebut sebagai mesin uang otomatis.

Investasi di P2P Lending

P2P Lending, terdengar baru di telinga Kamu?

P2P (peer-to-peer) Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Hingga bulan September 2017, pertumbuhan penyaluran dana melalui fintech P2P Lending di Indonesia mencapai Rp 1,6 triliun.

Saya pribadi baru lirik instumen investasi ini pada 2019 dan mulai berinvestasi di P2P Lending pada akhir 2019 lalu.

Dilansir dari Okezone, Berdasarkan data dan survey yang dilakukannya, investasi pertama yang diminati oleh generasi milenial di tahun 2020 adalah Peer to Peer Lending (P2P) alias pinjaman online.

Saya tidak heran dengan hasil survey tersebut.

Cara investasi yang mudah dan return yang tinggi membuat jenis investasi ini mulai diminati milenial, termasuk saya.

Apalagi, saat ini ekonomi global sedang tidak menentu dengan banyaknya sentimen negatif yang mempengaruhi pasar modal domestik. Pintar-pintar memilih instrumen investasi sangat menentukan nasib keuangan kita.

Jika Kamu termasuk milenial yang ingin berinvestasi di P2P Lending untuk menghindari gejolak ekonomi global, platform Cashwagon bisa jadi pilihan yang tepat.

Cashwagon berdiri dengan badan hukum PT. Kas Wagon Indonesia sebagai penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah besertifikasi ISO 27001 (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) dari British Standards Institutions (BSI).

Menuju Financial Freedom, Ini yang Saya Lakukan Dan 4 Tips Mewujudkannya 61
Tampilan awal situs P2P Lending Cashwagon

Itu baru 3 yaa

Saya rasa masih banyak lagi celah untuk mendapatkan financial freedom. Tapi yang yang jelas, 3 cara tersebut sedang saya lakukan.

Tertarik untuk bebas financial juga? Ikuti beberapa tips dari saya.

Tips untuk mencapai financial freedom (Kebebesan financial) ala saya

Saya bukan motivator dan juga bukan orang hebat yang punya reputari tinggi untuk mengajarkan orang banyak agar biar memiliki financial freedom. Saya hanya orang biasa yang ingin berbagi tips selama ini saya gunakan.

1. Keluar dari zona nyaman

Melakukan rutinitas setiap hari bekerja dikantoran mungkin sudah mainstream untuk Kamu, ada berpikir untuk cari hal baru?

Hal baru yang Kamu lakukan bisa disebut sebuah langkah keluar dari zona nyaman.

Saya tidak menyuruh Kamu untuk resign dari kantor yang sekarang ini, tapi coba lakukan hal yang belum pernah Kamu gapai sebelumnya atau bisa juga mulai dari sebuah hobi.

Saya dulu juga bekerja di kantoran saat masih tinggal di Jakarta Selatan. Tapi saya memutuskan untuk kembali ke daerah saya untuk menekuni hobi dan bekerja sebagai freelancer.

Tantangan dan tekanan yang dihadapi saat bekerja dikantoran dulu menurut saya juga berbeda. Saat ini saya lebih banyak menantang diri sendiri untuk melewata batasan-batasan sebelumnya.

Tapi saya tidak janji bakalan terus jadi freelancer. Tidak menutup kemungkina untuk kembali bekerja di kantoran. Semua peluang tentu harus dilihat dan dilakukan.

2. Belajar hal baru dengan timeline yang jelas

Setelah keluar dari zona nyaman, tentu Kamu akan belajar hal-hal baru. Belajar hal baru bisa dimulai dari hobi.

Dimasa sekarang ini tidak ada yang mustahil. Belajar secara otodidak dapat dilakukan dengan mudah bermodalkan koneksi internet. Ada begitu banyak yang bisa Kamu dapatkan hanya dengan browsing di Google.

Seperti saya, yang hobi menulis dan membuat blog, kini menjadikan hobi tersebut sebagai sebuah penghasilan.

Tentu kamu juga bisa belajar hal baru untuk menjadikan sesuai yang menghasilkan uang.

3. Jangan hedon!

Pernah dengar istilah hedon atau hedonisme. Ini istilah yang biasa disematkan untuk mereka yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

Kerja keras di weekday dan foya-foya di weekend adalah Kita banget (milenial dan Gen Z sih biasanya.

Coba deh, mulai kurang-kurangin untuk bersenang yang tidak perlu. Liburan itu memang perlu, tapi jangan sampai keterlaluan. Apalagi sampai mengkonsumsi sesuai yang diluar kemampuan finansial.

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sifat hedonisme, Kamu bisa mulai dengan membuat anggaran bulanan. Bikin pos-pos kebutuhan, mulai dari porsi kebutuhan umum, transportasi, biaya pulsa & internet, untuk tabungan darurat hingga uang untuk investasi.

Jika Kamu bisa melakukan alokasi dana yang baik setelah gajian, maka sifat foya-foya bisa kamu hindari. Sekalian sadarkan teman Kamu juga, biar punya teman untuk hemat bersama. Karena, kalau Kamu udah hemat, tapi teman masih foya-foya, ini akan menyulitkan Kamu juga.

4. Mulai investasi

Setelah 3 tips diatas berhasil Kamu aplikasikan, saatnya menyekolahkan uang-uang kamu ke produk investasi.

Ada banyak instumen investasi yang bisa Kamu pilih, ada: saham, reksa dana, deposito, emas, obligasi, properti, hingga P2P lending.

Jika Kamu memilih portfolio yang baik saat berinvestasi, tentu keuntungan bisa Kamu dapatkan.

Coba deh belajar investasi, bukan hanya profit yang kamu dapat, tapi juga Kamu lebih menghargai uang.


Saya ingin tegaskan, bahwa artikel ini bukan untuk menasehati atau untuk membuat diri saya seakan-akan paling sukses. Tapi, ini lebih kepada sebuah reminder untuk diri sendiri dan Kita semua. Siapa tau, apa yang saya lakukan cocok untuk Kamu juga.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya!

Oh ya, yang punya pengalaman menggapai financial freedom atau mungkin mau berbagi tips ala Kamu sekaligus diskusi, boleh dong tinggalkan pendapatkan Kamu dikolom komentar ya!

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa

Jenius

Setelah lama pengen punya, akhirnya bisa pakai aplikasi Jenius.

Udah lama pengen punya tabungan Jenius BTPN sejak tahun lalu, sampai bela-belain datang langsung ke kantor BTPN, tapi daftarnya sulit banget.

Saya masih ingat betul saat itu tahun 2016 pertama kali launching produk Jenius di sebuah mall besar-besar. Sayangnya saat itu saya belum tertarik untuk pakai Jenius, karena belum yakin saat itu tabungan digital belum begitu populer, takutnya hanya penipuan atau angin-anginan BTPN saja.

Tapi pemikiran saya salah.

Setelah melihat konsistensi Jenius dan juga tren tabungan berbasis aplikasi makin populer, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar aplikasi Jenius dan ini review dari saya setelah beberapa bulan terakhir memakai Jenius.

Kenalan dulu dengan Jenius. Ini aplikasi keuangan, dompet digital atau tabungan, sih?

Buat yang belum kenal, saya mau jelaskan sekilas profil Jenius sepengetahuan saya.

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank.

Jenius adalah produk dari BTPN, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini beneran aman, karena bank BTPN terdaftar dan diawasi oleh OJK.

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 63
Tampilan aplikas Jenius BTPN

Pertama kali dirilis pada 11 Agustus 2016, artinya Jenius sudah eksis selama 4 tahunan. Usia yang oke banget untuk sebuat invoasi produk perbankan yang bisa dipercaya. Aplikasinya sendiri tersedia untuk Android dan iOS.

BACA JUGA: REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai (Update 11/3/19)

Pada dasarnya, aplikasi Jenius merupakan aplikasi tabungan dan pendaftarannya bisa dilakukan secara online, tanpa harus ke cabang BTPN. Aplikasi tabungan ini cocok untuk kamu yang ingin menabung dan berinvestasi deposito, karena terdapat beberapa produk tabungan unggulan, seperti FLEXI SAVER, DREAM SAVER, dan MAXI SAVER dengan bunga yang kompetitif.

Tapi gak cuma sebagai tabungan, Jenius juga bisa digunakan sebagai dompet digital dengan kemudahannya untuk membayar sesuatu, bahkan bisa untuk TOP Up GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja.

Paling disukai dari Jenius adalah, terdapat promo menarik yang bikin nasabahnya lebih hemat tentunya.

Cara registrasi atau daftar Jenius via aplikasi

Untuk mendaftar Jenius sangatlah mudah, cukup mengikuti beberapa cara daftar dibawah ini:

Pertama, pastikan Kamu telah mengunduh aplikasi Jenius BTPN, di Android atau iOS.

Kedua, pastikan Kamu telah melengkapi data-data dibawah ini:

  1. KTP
  2. NPWP
  3. Muka rapi dan menggunakan pakaian yang sopan (Nanti akan video call dengan CS Jenius untuk verifikasi dan aktifasi akun Jenius.

Ketiga, buka aplikasinya dan ikuti pendaftaran dibawah ini. (geser gambar dan klik gambar untuk memperbesar.)

Setelah akun aktif, saldo bisa langsung dengan mudah diisi. Untuk pengisian perdana, saya coba top up saldo di Jenius dengan menggunakan OVO dan uang masuk dengan lancar.

bagaimana, tidak sulit bukan untuk registrasi Jenius ?

Oh ya, Jenius juga kasih Kartu ATM untuk setiap akun, berwarna orange.

Kartu ATM Jenius nantinya akan dikirim ke alamat yang sudah dimasukkan saat pendaftaran, jadi pastikan alamat yang Kamu masukkan benar. Saya daftar pada 3 Oktober 2019 dan Kartu ATM saya sampai pada tanggal 10 Oktober 2019.

Pengiriman Kartu ATM yang saya terima tergolong cepat, karena hanya memakan waktu 7 hari pengiriman, mengingat parket dikirim ke Aceh. Jenius BTPN menggunakan kurir J&T untuk mengirimkan paket Kartu ATM saya.

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 84
Bentuk fisik Kartu ATM utama yang pasti dikirimkan oleh Jenius BTPN

Saat Kartu ATM sampai ke tangan, Kamu harus aktifkan dulu di menu Card Center pada aplikasi Jenius. Saat kartu aktif, semua saldo aktif dapat di gunakan untuk keperluan kartu m-Card.

Tapi, kegunaan Kartu ATM Jenius lebih daripada itu. Kamu bisa mengajukan kartu baru lainnya atau bisa disebut tabungan multi-card yang bisa Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya saja saya yang mengajukan kertu baru lainnya, yang berlogo GPN dan VISA lainnya. Dengan memiliki banyak kartu ATM, saya bisa mengalokasikan saldo ke Kartu sesuai kebutuhan.

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 88

Untuk orang tua tentu fitur tambahan Kartu ATM ini bisa bermanfaat untuk diberikan kepada anak untuk keperluan jajan mereka. Belum lagi ada banyak promo kartu Jenius yang bisa Kamu dapatkan.

Jika Kamu tertarik untuk menambah jumlah Kartu ATM, silakan lihat tutorial dibawah ini!

Bisa apa aja dengan Jenius?

Terdapat beberapa keunggulan dari Jenius yang tidak banyak dimiliki oleh tabungan digital lainnya. Berikut ini beberapa fitur unggulan Jenius yang bisa memudahkan semua transaksi finasial penggunanya.

Tabungan pribadi & tabungan perencanaan

Fitur utama Jenius tentu merupakan tabungan yang funginya bisa ditentukan oleh pengguna sendiri ingin memanfaatkan tabungan Jenius seperti apa.

Bisa digunakan untuk transaksi harian, tabungan darurat hingga tabungan berencana dengan menentukan jangka waktu targetnya.

Tabungan investasi

Jika Kamu punya dana nganggur, tidak ada salahnya untuk berinvestasi dalam bentuk deposito di Jenius. Bunga yang ditawarkan mulai dari 4% hingga 6.25%.

Flexi SaverDream SaverMaxi Saver
Simpan uang yang bisa ditarik kapan sajaMenabung untuk keperluan tertentu berupa impian yang ingin diwujudkanMaksimalkan tabungan dengan bunga tinggi
Bunga 4% p.aBunga 4 p.aBUnga hingga 6.25% p.a
Max. tabungan Rp 10 Miliar rupiahMulai menabung min. Rp 10 Juta rupiah
Deposito dapat ditentukan mulai dari 1 hingga 12 bulan

Pinjaman Jenius tanpa angunan

Enaknya di Jenius, pengguna juga bisa mengajukan pinjaman jenius untuk keperluan darurat dengan produk Flexi Cash.

Dengan Flexi Cash, pengguna bisa menarik kapan saja mulai dari Rp 2,5 juta rupiah hingga Rp 50 juta rupiah.

Asikkk kan?

Bayar tagihan bulanan

Sama seperti fitur aplikasi mobile banking bank lainnya, Jenius juga memiliki fitur untuk membayar tagihan bulanan. Mulai dari Amal, e-commerce, Kartu Kredit, Listrik, Air, Pulsa & paket data, Tagihan telepon, Transportasi dan TV & Interner, semua bisa dibayar melalui Jenius.

Pengalaman pakai aplikasi Jenius BTPN

Investasi mata uang

Yang menarik dari Jenius adalah, Kita bisa beli dan jual mata uang dunia. Sejauh ini, ada 6 mata uang dunia yang bisa di transaksikan di Jenius, yaitu: Euro (EUR), Pound sterling (GBP), Dolar Hong Kong (HKD), Yen Jepang (JPY), Dolar Singapore (SGD), dan Dolar Australia (AUD).

Karena penasaran, saya coba beli mata uang AUD dari IDR. Untuk dapat membeli mata uang lain, hanya bisa dilakukan pada hari kerja (weekdays), mulai jam 8 pagi hingga 4 sore.

Untuk saya yang belum pernah keluar negeri, beli mata uang asing hanya menjadi investasi saja, tapi jika Kamu yang hobi ke luar negeri, pasti akan bermanfaat sekali untuk switching mata uang dunia ke 7 mata uang diatas tanpa harus ke tempat penukaran uang lagi.

Investasi reksa dana jadi lebih mudah

Untuk yang sudah familiar dengan reksa dana tentu sudah tau, kalau beli reksa dana online ribet dibagian transfernya. Karena biasa ada biaya admin jika transfer antar bank tidak sesuai dengan rekening penampung reksa dana.

Demi menghindari biaya transfer saat top up reksa dana, saya menggunakan Jenius yang memiliki kelebihan gratis transfer antar bank untuk beli reksa dana.

Lumayan, dengan pakai Jenius untuk top up reksa dana, biaya admin transfer bisa diakali hehehe

Kelebihan dan kekurangan Jenius (menurut saya)

Karena review ini bersifat objektif, saya akan blak-blakan tentang hal baik dan hal buruk yang ada pada aplikasi Jenius.

Kelebihan Jenius

  • Bebas biaya admin bulanan: Pada umumnya tabungan bank mebebankan biaya admin bulanan, tapi tidak dengan Jenius. Sama dengan kabanyakan tabungan digital lainnya seperti PertamaMe, Jenius juga tidak mengambil biaya admin bulanan.
  • Bebas biaya admin transfer dan tarik tunai: Untuk mendapat manfaat ini, ada level tertentu yang harus dipenuhi. Kalau saldo rata-rata dibawah 1 Juta, tidak dapat fitur bebas biaya admin ini. Berikut rincian levelnya:
REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 97
  • Biasa berfungsi sebagai kartu kredit: Untuk pelanggan Spotify atau Netflix tentu sudah terbiasa membayar tagihan bulanan dengan kartu kredit. Tapi, bagaimana solusinya untuk yang tidak punya kartu kredit? Nah, di Jenius ada yang namanya e-Card yang fungsinya seperti kartu kredit. Tapi, sebelum bayar tagihan, pastikan saldonya cukup. Karena cara kerja e-Card ini sama seperti Virtual Credit Number (CVN).

Kekurangan Jenius

Yang bikin saya sedikit kesal dengan Jenius adalah masih adanya error saat menggunakan aplikasinnya. Terkadang masuk aplikasinya rada susah, sampai instal ulang. Selebihnya, saya beli merasakan kekurangan yang fatal.

Kesimpulan setelah memakai Jenius BTPN

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya di Jenius, tapi saya tidak bisa ulas semuanya karena keterbatasan aktivitas yang saya lakukan. Masih penasaran sih bagaimana rasana pakai Jenius untuk keperluan di luar negeri, semoga next time bisa coba pengalaman tersebut.

Walaupun bukan tabungan utama saya, Jenius banyak membantu untuk mempermudah transaksi finansial saya, terutama untuk terhindari dari biaya transfer dan bebas biaya admin dari di ATM mana saja.

Sekian artikel review Jenius BTPN, semoga bermanfaat. BTW, artikel ini akan ada update setiap ada pengalaman baru yang saya rasakan dengan aplikasi Jenius. Terima Kasih


ABOUT SSL CERTIFICATES

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi

6
Asetku

Asetku – Perang dagang yang terjadi selama setahun terakhir memang bikin sakit kepala. Portfolio mulai pada lemas dan tak berdaya.

Biasanya saya berinvestasi di saham dan reksa dana saja. Tapi saat perang dagang terjadi, saham mulai saya kurangi dan memperbanyak cash.

Duit nganggur ini tentu bikin resah.. Kalau terlalu lama di diamkan, takutnya terpakai.

Oleh karena itu saya coba cari cara untuk “sekolakan” uang yang tidak terpakai ini. Istilah kerennya, diversifikasi investasi.

Untuk yang kurang familiar, diversifikasi investasi adalah penyebaran atau penganekaragaman investasi ke berbagai jenis instrumen investasi yang ada. Diversifikasi berguna untuk mengatur investasi dan membantu untuk berinvestasi tidak hanya pada satu jenis/satu instrumen investasi saja.

Berdasarkan teori ini, saya coba cari instrumen investasi baru.

Awalnya sih kepikiran investasi emas, tapi menurut saya kurang menarik dengan cash yang terbatas. Maka pilihan saya jatuh pada investasi P2P lending.

P2P lending sebenarnya bukan instrumen baru yang terdengar di telinga saya. Karena ada teman blogger juga yang suka bahas instumen ini di blogsabda.com. Dari tulisan beliau, saya rasa ini saat yang tepat untuk terjun ke instrumen yang tergolong baru di Indonesia.

Tips memilih platform P2P lending terbaik di Indonesia

Menjamurnya platform P2P lending di Indonesia tentu membuat kita para investor harus jeli memilih. Karena investasi yang dilakukan bisa saja beresiko, apalagi sampai kena investasi bodong.

Karena baru pertama kali berinvestasi di P2P lending, tentu saya haru cari tahu dulu cara memilih platform yang baik, agar uangnya berkembang biak.

Setelah mencari tahu cara memilih P2P lending yang bagus, ini intisari saya:

  1. Pilih Perusahaan P2P yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK
  2. Mencari platform yang mudah digunakan
  3. Memiliki produk P2P lending yang baik dan mudah dimengeri cara kerjanya
  4. Pencairan dana mudah

Bedasarkan keempat poin tersebut, saya telah memantapkan diri untuk mencoba berinvestasi di P2P lending indonesia.

Karena saya juga sudah lama pantau perusahaan penyedia platform P2P lending, maka pilihan saya jatuh pada platform Asetku.

Asetku menyediakan cara mudah untuk mengembangkan dana Kamu hanya dengan sentuhan jari. Tidak memerlukan proses rumit dan panjang dalam pendanaan di Asetku. Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan mencapai 22%.

Kenapa harus di Asetku?

Saya sempat mempelajari cara kerja Asetku dan berbeda dari P2P lending lainnya.

Jika P2P lending besar pada umumnya menyasar pada UKM yang telah di seleksi oleh platform, maka di Asetku borrowers merupakan retail (perorangan), dijamin oleh pihak ke-3 Akulaku.

Asetku juga menggunakan sistem credit-scoring modern untuk melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan terhadap seluruh Calon Borrower beserta pinjaman yang diajukan.

Berdiri dengan nama PT. Pintar Inovasi Digital, Asetku terdaftar dan diawasi OJK, kamu bisa cek datanya di situs OJK.

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi 133

Bahkan, termasuk dalam organisasi AFPI dan Fintech Indonesia. Dengan begini, sudah dijamin Asetku bukan investasi bodong.

Dibanding insturment lainnya seperti Deposito, Obligasi atau reksa dana, berivestasi di Asetku berpeluang mendapatkan keuntungan hingga 22%.

Yang paling menarik dari Asetku ini, saya menemukan sebuat fitur yang bernama “Tugas Saya”. Dimana jika tugas tersebut kita lakukan, maka akan mendapatkan bonus investasi hingga jutaan rupiah.

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi 134

Bikin ngilerrr kan?

Seperti biasa.. sesuai dengan ciri khas blog ini, saya akan melakukan simulasi asli untuk pendaftaran, cara investasi dan cara mencairkan dana di Asetku.

Cara daftar akun di Asetku

Bagi yang gak sabar lagi pengen investasi di Asetku, saya akan coba memberikan gambaran bagaimana cara memulai berinvestasi dengan cara membuat akunnya terlebih dahulu.

Yukkk mulai…

Pertama-tama, pastikan Kamu sudah download aplikasinya di smartphone, baik Android atau iOS

Di Asetku juga da kode referral, jika Kamu tertarik bisa isi dengan kode dibawah ini.

Biar gak repot, Kamu bisa langsung tiru step by step pendaftaran akun Asetku seperti gambar di bawah ini. Jika kurang kelas, klik gambar untuk memperbesar.

Nahh… sampai disini, pendaftaran akun Asetku Kamu sudah selesai.

Tapi belum bisa berinvestasi dulu, karena gaya berinvestasi di Asetku ini lumayan berbeda dari P2P lending lainnya.

Saya buka akun Asetku pada siang hari, tapi belum bisa berinvestasi. Karena memang kuota investasinya sudah habis.

Coba lihat gambar dibawah ini, tepenuhi sudah pendanaan pada jam 1 siang.

Investasi di Asetku

Asetku membuka pendanaan baru setiap hari pada jam 10 pagi. Jadi, pastikan Kamu tidak telat besok pagi.

Bookmark dulu tulisan ini, lalu set alarm jam 9:30 pagi, agar kira mulai breafing pendanaan di Asetku.

Oh ya, fun fact dari Asetku ini, TKB90 mereka masih 100% loh. Padahal total pinjamannya udah Rp 4.821.355.091.823. Ini bukti kalau borrowers di Asetku taat semua, mengembalikan pinjaman tepat pada waktunya.

Buat yang belum tau, TKB90 merupakan ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara p2p lending dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu hingga 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Hampir kelupaan, AsetKu ini ada satu fitur lagi yang membedakan dengan P2P Lending pada umumnya lho, yaitu adanya Relationship Manager (RM) yang bertugas sebagai jembatan penghubung dari para lenders dan AsetKu.

Jadi jika Kamu ada kendala dalam pendanaan yang sedang dilakukan bisa langsung ditanyakan ke Relationship Manager dari AsetKu.

Enaknya lagi, selain itu Kamu juga akan mendapatkan merchandise menarik dari AsetKu jika menggunakan kode RM “DM09”.

Saya sendiri sudah langsung mendapatkan merchandise dari AsetKu lho, berupa goodie bag dan tumbler.

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi 138

Kalau kalian masih bingung atau sudah melakukan pendanaan tapi belum menggunakan kode RM bisa hubungin Relationship Manager yang saya rekomendasi kan ya.

Relationship Manager Asetku
Daniel Mukti Wicaksono
0896-3643-1031 (Whatsapp)
daniel@asetku.com

Mulai berinvestasi di Asetku

Yang kemarin sudah daftar, pagi ini adalah waktu dimana kita melakukan pendanaan di Asetku.

Sebelum mulai, pastikan Kamu punya uang sebesar 1 juta rupiah. Di Asetku, untuk mulai berinvestasi minimal 1 juta rupiah. Ini merupakan nilai yang idea menurut saya sebagai komitmen awal investor dalam memulai investasi.

Tenggg….. sudah jam 10 Pagi, seperti ini tampilan awal dihalaman pendanaan, kuota baru pendanaan akan muncul.

Investasi di Asetku
Tahap 1

Saat jam 10 pagi dan pendanaan dimulai, kamu harus segera memilih paket investasi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Adapaun paket investasinya adalah sebagai berikut:

  • 15 Hari, minimal pendanaan 1 juta denga return 17%
  • 22 Hari, minimal pendanaan 2 juta denga return 18.5%
  • 1 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 18%
  • 2 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 20%
  • 4 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.1%
  • 5 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.2%
  • 6 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.3%
  • 7 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.4%
  • 8 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.5%
  • 9 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.6%
  • 10 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.7%
  • 11 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.8%
  • 12 Bulan, minimal pendanaan 2 juta denga return 21.9%

Tapi gak usah pusing dengan angka diatas.

Kamu bisa coba dulu aja berinvestasi selama 15 hari sebagai percobaa. Contoh pendanaannya bisa dilihat seperti dibawah ini. Klik gambar untuk memperbesar.

Setelah sehari, maka seperti inilah hasilnya hari pertama pendanaan. Langsung ada di depan mata.

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi 139

Dengan begini, kamu officially telah berinvestasi di P2P lending pertama Kamu, selamat!!!!

Cara mencairkan hasil investasi dari Asetku

Sambung cerita setelah pendaftaran dan melakukan investasi, kini saatnya pencairan dana. Setelah melewati masa 15 hari seperti simulasi asli diatas, maka pada dini harinya kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pendanaan telah berakhir dengan menyertakan keuntungan yang kamu dapatkan.

Nah, disini pasti kamu bingung, kenapa hasilnya tidak Rp 170 ribu seperti janji bunga 17% di awal pendanaan.

Cairkan Investasi di Asetku
Tahap 1

Ternyata nih, keuntungan 17% tersebut merupakan akmulasi selama setahun. Artinya, untuk mendapatkan 17% itu, kamu harus berinvestasi selama setahun penuh.

Lalu bagaimana caranya untuk melanjutkan investasi untuk mengerjar 17% tersebut?

Jika muncul notifikasi diatas, langsung masuk saja ke aplikasi Asetku. Nanti akan muncul pop up berupa penawaran perpanjang pendanaan yang mana kamu akan mendapatkan bunga tambahan 1%.

Jika, tidak ingin melanjutkan pendanaan dan ingin segera mencairkan hasil investasi, maka cukup ketuk “Batalkan” pada pop up tersebut. Dengan begitu, secara otomatis hasil investasi akan dicairkan.

Lihat gambar dibawah ini untuk melihat proses pencairan dana.

Pada umumnya, pencairan dana masuk pada H+1 atau H+2.

Kebetulan dana yang saya pinjamkan ke Asetku masuk tepat pada H+1 setelah masa pendanaan selesai, cepat banget ya. Kalau di saham sih tunggu T+2 dan reksa dana bisa sampai T+7 tunggunya.

Asetku memang luat biasa untuk kecepatan pencairan dana.

Cairkan Investasi di Asetku
Tahap 6

Gak butuh waktu lama, uang pun masuk rekening yang sudah saya daftarkan di aplikasi Asetku.

Cairkan Investasi di Asetku
Tahap 7

Bagimana, seru kan berinvestasi di P2P lending?

Ini merupakan pengalaman pertama saya mencoba berinvestasi di P2P lending, ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan.

Kalau di investasi di saham dan reksa dna harus analisa sendiri produknya, kalau di Asetku tinggal klik produk mana yang inginkan dan keuntunga bisa terjamin untuk didapatkan.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli)

1
saham gorengan

Mau instan kaya dari saham? saham gorengan bisa jadi jawabannya.

Trading di saham gorengan bisa membuat trader kaya mendadak dalam hitungan detik dan saya sudah merasakan sendiri khasiatnya.

Tapi………

Dibalik nikmatnya saham gorengan, ada minyak dengan kolesterol tinggi yang tentu tidak baik untuk kesehatan kita.

Kerugian dari saham gorengan juga tidak main-main. Kalau tidak kuat, bisa berdampak buruk untuk kesehatan diri.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini. Saya ingin bahas bagaimana bahayanya saham gorengan, khususnya untuk pemula. Kalau sudah jago mungkin Kamu sudah tau pola main saham gorengan dan tentu sudah siap lahir batin untuk menerima keuntungan dan kerugian.

Kamu juga akan mengenal ciri-ciri saham gorengan yang harus dihindari.

Artikel ini saya dedikasikan untuk pemula, agar tidak sekali-kali mendekati saham gorengan.

Pengalaman beli “saham gorengan”

Seperti biasa, membuat artikel saham hanya teori saja bukan sytle Saya. Akan lebih menarik artikel ini jika ada simulasi real dilapangan.

Oleh karena itu, sebelum artikel ini ditulis, saya sudah trading di saham gorengan. Hanya sebagai edukasi saja untuk memperlihatkan bagaimana keuntungan dan kerugian dari saham gorengan, karena saya juga bukan tim yang suka saham gorengan.

Mari kita mulai dari yang enak-enak dulu, untungnya.

Untung dari saham gorengan

Disini saya mau menunjukkan bagaimana auto profit dalam hitungan menit dari saham.

Untuk menghargai reputasi emiten, saya samarkan KODE saham dan nama emitennya, biar Kamu cari sendiri saham apa yang saya beli dibawah ini.

Back to 29 Juli, pagi-pagi awal jam dagang dibuka saya mulai membeli saham gorengan, lewat aplikasi MOST Mandiri Sekuritas.

Saham yang saya beli ini tentu sudah saya amati sebelumnya, dan cocok untuk dijadikan contoh.

Saya beli saham ABCD di harga Rp 366 dengan jumlah 177 lot pada jam 9:01. Selang 5 menit kemudian, saham gorengan yang saham beli naik harganya jadi Rp 408.

Cepat kan naiknya?

Karena ini saham resikonya tinggi, saya tidak ingin greedy dan langsung jual diharga tersebut.

Berapa untung saya? Mari kita hitung!

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli) 147

Seperti biasa, kalau sudah selesai jam bursa, pukul 5 sore akan dikirim bukti transaksi saham selama seharian. Kebetulan saya cuma beli gorengan itu saja hari tersebut.

Dari bukti transasi, dapat dilihat saya beli di harga Rp 366 sebanyak 177 dengan total nilai investasi Rp 6,478,200. Lalu saya menjual di hari yang sama dengan nilai investasi Rp 7,221,600.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli) 148

Itu artinya… dalam waktu sektiar 5 menit, saya bisa untung Rp 743,000. Lumayan kan?

Yaaa.. itulah namanya saham gorengan.

Ini baru indahnya saja ya

Mari kita ke bagian horornya, yaitu rugi di saham gorengan.

Yuk, kita hitung berapa untunganya..

Rugi dari saham gorengan

Ini bagian gak enaknya.. Elus-elus dada nulis artikel bagian ini, karena beneran hilang duitnya -_-.

Di hari lainnya, saya kembali praktek beli saham gorengan, hanya saja kali ini tidak untung, tapi rugi.

Kali ini saya tidak beli saham ABCD seperti diatas, tapi ini saham EFGH (kodenya saya samarkan).

Saham EFGH pada hari itu saya beli di Rp 850 sebanyak 94 Lot dengan nilai investasi Rp 7,990,000.

Diluar ekspektasi saya, saham ini ternyata turun parah.. Ini akibat saya miss timing untuk SELL saat bandar bubar.

Panik dong!

Saya jual 3 kali, dengan nilai investasi Rp 6,928,500.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli) 149

Dari transaksi di saham EFGH ini, saya rugi Rp -1,061,500. Nyesek ya?


Melalui pengalaman untung dan rugi saya secara extreme di saham gorengan diharapkan jadi pelajaran untuk kita semua, khususnya pemula yang baru aja terjun ke pasar saham.

Saham gorengan ini tidak ada baiknya sedikit pun menurut saya. Bukan melapiaskan kekesalan karean hilang duit, tapi ini lebih ke pengingat untuk tidak beli saham yang aneh-aneh.

Tentu Kamu penasaran, bagaimana nasib saham gorengan yang saya beli Juli dan Agustus lalu? Ini penampakannya!

Disaat antusias trader dan bandar berakhir, cepat atau lambat.. biasa sahamnya akan turun dengan sendirinya… Bisa Rp 50.

Bye… bye saham gorengan.

5 alasan kenapa jangan beli saham gorengan

Akhirnya sampai ke inti dari artikel ini, yaitu alasan-alasan yang harus kamu ketahui kenapa jangan beli saham gorengan.

1. Kesehatan Kamu bisa terganggu

Tau gak, kalau sedang pegang saham gorengan, jantung kita berdebar cepat. Belum lagi tingkat stren dan rasa cemas yang campur aduk.

Ini terjadi karena gerakan saham gorengan sangat lincah. Bisa naik turun beberapa poin dalam hitungan detik. Jadi tidak heran, betapa besarnya tekanan yang dihadapai tubuh dan pikiran saat itu.

Kalau modal kecil mungkin tidak terasa, bagaimana kalau beli gorengan dengan jumlah banyak? Tentu was-was setiap detik yang dilalui.

2. High risk, high return

Sudah lihat simulasi beli jual saham gorengan yang saya lakukan diatas kan?

Kira-kira begitulah yang disebut high rish, high return. Kita yang beli saham gorengan tentu mengharapkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat, tapi jangan lupa disitu juga ada kerugian yang besar, jika salah melangkah saat transaksi.

konsekuensi ini harus diterima trader.

Itu sebabnya, sebaiknya beli saham gorengan dengan uang receh saja, alias dengan modal yang sedikit. Kalau pun rugi, tidak terlalu besar dan masih bisa di back up uang yang hilang.

3. Bertentangan dengan syariat islam

Ini biasa tergantung dari trader masing-masing. Basically transaksi saham itu halal (tentu yang susuai dengan fatwa DSN-MUI).

Tapi transaksi saham kita bisa tidak sesuai syariat islam kalau dilakukan secara gambling alias judi.

Biasa nih… kalau kurang ilmu. Beli saham gorengan itu berdasarkan dari ikutan-ikutan saja. Tanpa mengetahui support dan resistance saham yang kita beli, itu bisa termasuk judi.

Untuk pemula, sebaiknya jangan dekat-dekat saham gorengan. Belajar dulu ilmu saham dengan baik dan bertransaksilah di saham yang punya rekam jejak yang bagus.

Walau hasil investasi yang didapatkan tidak banyak, yang penting berkah

4. Bisa masuk dalam golongan “nyangkuters

Buat yang sering main di grup atau komunitas saham pasti udah familiar dengan istilah “nyangkuters“. Sebuah title yang disematkan untuk mereka para trader yang gak sempat jual saham ketika jatuh dan mendadak jadi investor.

Coba lihat gambar dibawah ini.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli) 152
Pola tidak beraturan saham gorengan

Di saham gorengan, naik dan turun cepat itu biasa.

Ada orang yang sadar diri, seperti saya, langsung jual saham kalau sudah tidak mungkin naik lagi.

Mereka yang menyakini saham akan naik pada waktunya, itu hanya mitos belaka menurut saya.

Kebayang gak, beli saham sesuai gambar diatas, di harga 700, lalu tiba-tiba 2 minggu setelahnya hargnya jadi 100an? Nyeri ya!

Kalau orang yang punya risk profile yang baik, dia akan menjual saham kalau sudah rugi di nilai tertentu. Tapi, kalau tidak punya trading plan, tidak menjual dan terus disimpan hingga merasakan kerugian yang besar.

Belum lagi, saham gorengan biasa langganan suspend dari BEI akibat gerakannya yang liar.

Kalau tidak di jual, yaaaa…. nyangkut.

5. Bikin ketagihan dan balas dendam

Gorengan enak gak? Pasti dong!

Sama dengan saham gorengan. Renyah dan gurih saham gorengan bisa bikin kita lupa diri. Apalagi, kita harus lihat layar monitor atau gadget secara real time untuk mengawasi pergerakan saham yang kita beli.

Ini tentu membuat waktu. Yaaa… walaupun waktu yang dipakai produktif untuk cari uang, tapi tidak seperti itu juga.

Kalau sekali dua kali profit terus, tentu akan ketagihan.

Kalau rugi, bagaimana?

Ini masalah.

Yang punya sifat dendam tentu akan berusaha untuk mendapatkan kembali yang yang hilang dari transaksi saham gorengan. Bagaimana caranya, tetap harus dapatkan kembali uang yang hilang. Ini terjadi karena di otak sudah di set, kalau dapat untung dari saham gorengan itu mudah.

Padahal, tidak menutup kemungkinan bahwa kita bakalan loss lagi. Jadi, tidak berguna juga dendam di sebuah saham gorengan.

Ciri-ciri saham gorengan

Baca pengalaman transaksi saham gorengan, sudah.

Baca 5 alasan kenapa harus menghindarinya, juga sudah.

Kini saatnya kita bahas, apa ciri-ciri dari saham gorengan agar tidak terjerumus di lubang yang berbahaya ini, khususnya pemula.

Ciri-cirinya akan lebih akurat kalau pakai referensi. Menurut Okezone.com, ini ciri-ciri saham gorangan:

1. Memiliki kapitalisasi pasar yang kecil

Saham gorengan biasanya punya kapasitas pasar yang kecil. Menurut yang saya baca, nilainya sekitar di bawah Rp1 triliun. Kapitalisasi pasar adalah nilai keseluruhan saham yang dimiliki sebuah perusahaan, sehingga mudah diobok-obok bandar.

Biasanya juga, saham IPO sasaran empuk untuk di goreng. Tapi, kembali lagi ke reputasi emitennya. Kalau perusahan bagus IPO, tidak mungkin di goreng.

2. Pola Grafiknya Sangat Tidak Beraturan

Analisis teknikal? hanya ilusi di saham gorengan. Gerakan yang liar dan tidak jelas adalah ciri khasnya.

Coba lihat grafik saham dibawah ini, kadang naik tinggi, kadang turun drastis, yang parahnya sampai kena suspend BEI.

saham gorengan
Coba lihat Bidnya, aneh kan?

Keanehan lainnya bisa dilihat di volume transaksi. Kadang tinggi, kadang juga turun.

4. Harga Saham Cenderung Relatif Rendah

Harga saham biasanya juga rendah, di bawah Rp 1,000. Tentu ini akan sangat menarik untuk trader, karena modal yang dibutuhkan juga tidak besar.

Tapi perlu diingat, tidak semua harga saham rendah bisa disebut gorengan. Bisa jadi karena memang harga pasarnya segitu atau saham baru split stock.

Dengan harga yang murah ini, mau bandar atau investor retail bisa goreng sama-sama.

5. Pergerakan harga tidak didukung fundamental perusahaan

Kinerja emiten tidak berlaku di saham gorengan. Harga saham juga meningkat disaat fundamental tidak oke dan sedikit berita.

Menurut yang saya baca di Valbury, bandar biasanya bikin news dan rumor untuk menarik investor membeli sebuah saham. Paling umum beritanya tentang akusisi.

6. Antrean bid offer tidak masuk akal

Saham goerengan biasanya banyak silumannya, yaitu antiran bid yang tidak masuk akal. Coba lihat gambar dibawah ini.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli) 153
Bid yang aneh pada saham gorengan.

Dari gambar diatas, di bagain kotak merah merupakan antrian pembelian fiktif yang dilakukan bandar. Ini berfungsi untuk menarik investor, seakan-akan minat investor pada saham tersebut besar.

Padahal, jika sudah masuk masa jenuh bandar beli, bid tersebut akan hilang semua dan harga saham akan amblas.


Nah.. itulah beberapa poin yang harus diperhatikan pada saham gorengan.

Korban gorengan ini tidak hanya terjadi pada trader retail saja, tapi juga perusahaan besar. Contohnya seperti baru-baru ini, Jiwasraya kena imbas saham gorengan.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli) 154

Miris kan? Mau dapat imbal balik yang besar, malah rugi.

Ingat, kaya dari saham itu bukan seperti balikin tangan saja, tentu ada waktu yang dibutuhkan agar saham yang kita beli memberikan dampak positif bagi kekayaan kita.

Coba lakukan nabung saham yang lebih aman, atau merapkan swing trading.

Artikel ini sebenarnya bukan sebuah larangan saham gorengan, tapi hanya lebih ke pengingat saja sesama trader saham.

Keputusan bertransaksi di saham gorengan atau tidak, itu ada ditangan Kamu.

Sekian artikel kali ini, happy trading 🙂