Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Beranda blog

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

0
investing

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi. Investing adalah kegiatan penanaman modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Dana yang sudah diinvestasikan diharapkan akan kembali membawa untung.

Namun, berinvestasi juga memiliki risiko kerugian. Banyak kesalahan-kesalahan para investor yang dapat kita jadikan pelajaran apabila akan melakukan investing Indonesia.

Berikut 6 kesalahan investing di Indonesia yang perlu di hindari investor:

investing

Sumber Dana Investasi

Sumber dana yang diinvestasikan sebaiknya bukan dana pinjaman atau dana yang digunakan sehari-hari sebab akan mengganggu perputaran yang seharusnya terjadi. Dana yang digelontorkan untuk investing adalah dana lebih yang belum atau tidak terpakai untuk kebutuhan.

Dengan begitu, apabila mengalami kerugian maka dana pokok tidak akan terganggu oleh dana investasi tersebut.

Pengambilan Risiko

Dalam investing Indonesia, prinsipnya adalah high risk, high return. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula keuntungannya. Kesalahan para investor yang kerap terjadi adalah tidak melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan langkah yang akan di ambil ke depannya.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Lagi Menunda Untuk Investasi Saham

Pengambilan risiko tinggi yang diharapkan mendapat keuntungan tinggi tidak akan tercapai apabila terjadi kesalahan perhitungan dan kurangnya penelitian atau riset.

Ragu-Ragu

Investing membutuhkan kepastian dan keakuratan dalam berhitung meski nilai barang yang diinvestasikan mengalami naik-turun. Namun, pasti ada pola yang dimiliki oleh masing-masing jenis investasi yang dapat dipelajari.

Apabila investor meragukan langkah namun tetap dijalankan, ini dapat membahayakan investor itu sendiri. Maka, sebaiknya investor melihat dari segala sisi untuk memastikan langkah yang akan diambil meski berisiko kecil sekalipun.

Harapan yang Tinggi

Memang dalam berinvestasi ada harapan-harapan yang diberikan untuk para investor, namun mereka tidak dapat percaya begitu saja dengan iming-iming yang diberikan. Sebab, bagaimanapun penghitungan dan persiapan apabila mengalami kerugian juga harus dipikirkan. Tidak selamanya berinvestasi itu untung, kadang juga bisa mengalami kegagalan.

Tidak Diversifikasi

Diversifikasi adalah menyebardana investasi ke beberapa tempat. Dengan diversifikasi, jika ada salah satu yang mengalami kerugian, investasi yang lain dapat menutup kerugian tersebut.

Tidak Mempercayakan Kepada Broker

Investing di Indonesia memang masih tergantung kepada broker. Para investor yang ingin berinvestasi mau tidak mau berhubungan dengan broker apabila ingin “main aman”. Mencari broker yang terpercaya memang tidak mudah, namun ketika sudah mendapatkan yang pas dan amanah, maka investor akan merelakan sebagian uangnya untuk membayar broker demi lancarnya kegiatan berinvestasi yang dilakukan.

Berinvestasi dengan aman dan nyaman adalah impian semua investor di Indonesia. maka pelajarilah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan sebisa mungkin dihindari agar tidak mengalami kerugian yang begitu besar.

Rajin-rajin juga memantau berita perkembangan tentang investing Indonesia agar tetap up to date dan tidak salah mengambil langkah dalam berinvestasi di dalam bidang apapun yang anda tekuni.

Nah… itu lah beberapa kesalahyan yang perlu di hindari dalam berinvestasi. Dengan begini, anda bisa mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan agar profit yang didapatkan bisa maksimal.

Tiket Pesawat Akhirnya Beneran Turun, Saatnya Rencanakan Liburan

0
Pesawat Batik Air dari samping

Beberapa bulan terakhir, dunia traveling tergoyahkan karena mahalnya tiket pesawat. Padahal, high season seperti tahun baru dan lebaran sudah usai.

Gara-gara mahalnya tiket pesawat, pengusaha yang begerak dibidang pariwisata mengeluh turunnya jumlah wisatawan yang liburan ke berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa kali pemerintah mencoba untuk menurunkan harga tiket pesawat dengan berbagai regulasi baru dan akhirnya tiket pesawat pun kini sudah turun.

Pesawat Batik Air baru
Batik AIr – BTJ

Yaa… walaupun hanya di hari tertentu dan destinasi tertentu, penurunan harga tiket pesawat ini layak di apresiasi.

Padahal, sebenarnya saya sudah janji ke teman-teman untuk liburan ke Jakarta awal tahun 2019 ini, tapi tidak jadi terkendala tiket pesawat yang mahal saat itu.

Untuk menutup kekecewaan, saya akhirnya liburan ke Medan bersama keluarga. Tentu bukan dengan pesawat, tapi dengan mobil. Karena jalannya santai, saat itu berangkat dari tempat tinggal di Banda Aceh singgah dulu ke Lhokseumawe semalam, sebelum akhirnya lanjut ke Medan.

Destinasi wajib pertama saya dan keluarga di Medan adalah mengunjungi Masjid Raya Al Mashun, yang letaknya tidak jauh dari Istana Maimun. Masjid ini sering sekali saya lihat di media, sehingga penasaran dengan kemegahaannya.

Masjid Raya Al-Mashun Medan
Masjid Raya Al-Mashun Medan

Ini adalah untuk pertama kalinya saya ke Kota Medan, karena biasanya hanya singgah saat terbang dengan pesawar di bandara Kuala Namu.

Namun, misi utama liburan ke Medan saat itu adalah untuk menyambung silaturrahmi dengan keluarga di Medan yang sudah lama sekali tidak di jumpai.

Untuk akomodasi, Gajahmada Hotel merupakan salah satu penginapan yang isinya kebanyakan orang Aceh yang berlibur ke Medan. Harga yang ekonomis, kamarnya juga nyaman

Rencakan liburan bersama Pegipegi

Nah, buat kamu yang bersyukur banget karena tiket pesawat sudah turun, tentu tidak mungkin melewati kesempan untuk kembali berlibur dengan pesawat.

Pegipegi bisa jadi referensi terbaik untuk cari tiket pesawat ke destinasi favorit kamu di Indonesia.

Tiket Pesawat Akhirnya Beneran Turun, Saatnya Rencanakan Liburan 1

Contohnya saja seperti saya yang begitu mudah pesan tiket pesawat dari Banda Aceh ke Medan denga harga yang kompetitif.

Ini yang bisa didapatkan jika tiket pesawat di Pegipegi

Tentu kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus pesan tiket pesawat di Pegipegi? Ini alasannya.

Tiket pesawat dan akomodasi dalam satu aplikasi

Di apliaksi Pegipegi, kamu bisa temukan tiket pesawat dan booking akomodasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan liburan kamu.

Selalu ada promo terbaru

Biar liburan lebih hemat, kamu juga bisa temukan berbagai promo menarik yang bisa kamu gunakan selama liburan bersama Pegipegi. Udah tiket pesawat turun, dapat promo lagi… mantap banget!

Dapatkan tips seputar liburan

Sudah tentukan destinasi liburan, tapi masih gabut mau ngapain aja nanti? Kamu bisa mencari ide liburan dengan membaca artikel “Travel Tips” yang ada di aplikasi Pegipegi.

Layanan CS 24 jam

Ketika mengalami masalah saat melakukan pemesanan tiket pesawa di Pegipegi, ada CS yang siap 24 jam untuk membantu kamu agar dapat mewujudkan liburan.

Nah… kalau tiket sudah turun dan pesan tiket pesawat sudah lebih mudah di Pegipegi, kini tingga cari uangnya saja, agar keinginan liburan bisa terwujud hehe

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade?

Xiaomi Mi Band 4

Xiaomi Mi Band 4 – Setahun yang lalu saya beli Xiaomi Mi Band 3 disalah satu marketplace. Saat itu belinya karena kepo dan terpikir untuk lebih menjaga kesehatan dengan tracking langkah kaki.

Setelah setahun pakai, ternyata punya gelang pintar itu asik juga, hitung-hitung bisa jaga kesehatan juga, karena fiturnya Mi Band 3 juga banyak dan sangat bermanfaat untuk saya.

Seperti biasa, Xiaomi merilis kembali versi terbaru dari Mi Band ini. yaitu Mi Band 4. Katanya Mi Band 4 ini banyak sekali dicari orang-orang. Bahkan dalam 8 hari, Xiaomi Mi Band 4 berhasil terjual sebanyak 1 juta unit.

Pertanyannya, kenapa begitu heboh dan laku keras?

Walaupun saya pengguna Xiaomi Mi Band 3, tapi tidak pernah update kalau ada produk baru dari Mi Band. Barulah saat menonton video di Youtube, saya mendapat kabar bahwa Mi Band 4 sudah diluncurkan, release data pada 16 Juni 2019.

Setelah melihat video unboxing dan review Xiaomi Mi Band 4, barulah saya tahu alasan kenapa Mi Band 4 kali ini begitu istimewa, yaitu karena kini layarnya sudah berwarna dan dilengkapi dengan sensor kesehatan terbaru.

BACA JUGA: REVIEW: Logitech K380, Keyboard Bluetooth Yang Serba Bisa

Saya rasa 2 kelebihan ini menjadi nilai tambah, sehingga orang-orang ingin membelinya. Bagi pengguna baru, saya rasa ini bagus sekali sebagai moment untuk membeli Xiaomi Mi Band 4.

Tapi timbul pertanyaan untuk pengguna Mi Band 3 seperti saya, “Apakah layak upgrade ke Mi Band 4?

Xiaomi Mi Band 4, spesifikasi dan harganya

Xiaomi Mi Band 4
Xiaomi Mi Band 4
ModelXiamo Mi Band 4
Rilis16 Juni 2019, China
Berat22,1 gram
Water Resistance5 ATM
Tipe LayarAMOLED
Ukuran Layar0.95″
Resolusi120 x 240 RGB
Colour Depth24bit
Kecerahan LayarSampai 400 nits (kecerahan maks), kecerahan dapat disesuaikan
Jenis layar sentuhLayar sentuh kapasitif sel
Perlindungan layar2.5D kaca tempered dengan lapisan anti-sidik jari
TombolTombol sentuh tunggal (bangun, kembali)
Jenis tali, lebarTali pergelangan tangan yang bisa dilepas
(Mi Smart Band 4 kompatibel dengan tali Mi Band 3), 18mm
Material taliPoliuretan termoplastik
Panjang tali tangan disesuaikan155-216mm
RAM, ROM512KB, 16MB
SensorAccelerometer 3-sumbu + giroskop 3-sumbu;
Sensor detak jantung PPG;
Sensor kedekatan kapasitif
Konektivitas nirkabelBT5.0 BLE
BateraiLiPo, 135mAh
Jenis Pengisian2Pin Pogo Pin
Waktu Pengisian≤ 2 jam
Waktu siagaHingga 20 hari
Tipe MotorRotor
Body materialPolycarbonate
AplikasiMi Fit
Persyaratan sistemAndroid 4.4, iOS 9.0 atau lebih tinggi

Desain

Tidak ada perubahan dari dimensi, Mi Band 4 ukurannya sama dengan Mi Band 3, sehingga kalau pakai strap Mi Band 3 ke Mi Band 4 tetap cocok.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade? 2
Xiaomi Mi Band 4 [strap hitam] VS Xiaomi Mi Band 3 [strap abu-abu]

Hanya saja Mi Band 4 layarnya datar, tidak lagi cekung seperti versi sebelumnya. Menurut saya pribadi sebenarnya lebih suka dengan layar yang cekung, agar terlihat beda.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade? 3
Xiaomi Mi Band 4 [strap hitam] VS Xiaomi Mi Band 3 [strap abu-abu]

Bagian menarik lainnya adalah bentuk tombol sentuh yang berbeda dari sebelumnya. Kini tombol sentuhnya sudah datang dengan layar.

Meskipun dimensinya sama, saya rasa ini cukup menarik. Karena bagi pengguna Mi Band 3 seperti saya bisa menggunakan strap yang sudah ada untuk dipasangkan ke Mi Band 4.

Fitur

Mi Band 4 memiliki fitur umum yang sama dengan versi sebelumnya, namun memiliki kualitas yang lebih baik di bagian hardware.

Mi Band 4 sudah menggunakan sensor 3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope; PPG heart rate sensor; Capacitive proximity sensor, sehingga akurasinya lebih tepat. Jika sebelumnya di Mi Band 3 kalau kita tidur langkahnya nambah sendiri, di Mi Band 4 tidak lagi.

Fungsi Olahraga6 mode latihan: Treadmill, olahraga, lari di luar ruangan, bersepeda, berjalan, berenang di kolam renang; Hitung langkah, jarak, dan kalori yang terbakar
Pemantauan kesehatanPemberitahuan penyelesaian latihan, penetapan tujuan, pemantauan tidur, pemantauan detak jantung, pemeriksaan detak jantung sepanjang hari, istirahat detak jantung, bagan detak jantung, peringatan siaga
Fitur lainnyaAlarm, sensor jarak, tampilan jam yang telah disetel sebelumnya, tampilan jam yang dapat disesuaikan, layar kunci, timer, stopwatch, alarm telepon dan notifikasi, masuk panggilan, pemberitahuan pesan, pemberitahuan kalender, pemberitahuan aplikasi, Prakiraan cuaca, Temukan ponsel saya, buka kunci ponsel, pemberitahuan acara, Mode malam, Jangan ganggu mode (bekerja bahkan tanpa ponsel), musik kontrol pada band, siaran Bluetooth, tampilan level baterai, berbeda cara pakai, pembaruan OTA

Disamping sensor kesehatan, ada fitur lain yang menarik dari Mi Band 4, yaitu fitur pengatur musik dan mengganti watch face.

Fitur pengatur musik sangat berguna untuk mengatur lagu yang kita ingin dengar melalui Mi Band selama aktifitas seperti olah raga atau jalan santai, sehingga tidak perlu lagi akses via smartphone.

Hal menarik lainnya dari Mi Band 4 adalah kemapuannya untuk berganti watch face atau tampilan jam pada gelang pintar, sehingga kita tidak mudah bosan dan dapat menentukan tema watch face tergantung dari kegiatan kita saat itu.

Hanya saja, sampai artikel ini di terbitkan, cara mengubah bahasa Mi Band 4 ke Bahasa Indonesia belum bisa dilakukan. Tapi biasanya akan ada update firmware agar Mi Band 4 bisa Bahasa Indonesia.

Harga Xiaomi Mi Band 4 dibandrol antara Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu rupiah. Kalau beli di toko online biasa harganya beda-beda.

Kelebihan Mi Band 4

  • Layar berwarna 24bit
  • Sensor kesehatan baru, sehingga tracking kesehatan lebih akurat
  • Dimensi sama dengan Mi Band 3, sehingga strap Mi Band 3 dapat digunakan pada Mi Band 4

Kekurangan Mi Band 4

  • Kebanyakan desain watch face kekanak-kanankan [semoga tersedia watch face keren di masa depan]

Layak upgrade ke Xiaomi Mi Band 4?

Yes… layak banget untuk di upgrade.

Bukan karena faktor layarnya aja yang udah berlayar, sensor yang makin akuran saya rasa menjadi alasana kenapa penggunaka Mi Band 1, Mi Band 2, dan Mi Band 4 layak untuk upgrade ke Mi Band 4.

Awalnya saya juga ragu upgare atau gak, tapi setelah lihat review sana-sini, ternyata wajib upgrade.

Nah, buat yang galau upgrade, semoga artikel ini bisa membantu Kamu untuk mengambil keputusan apakan beli Mi Band baru, atau tetap stay dengan Mi Band yang sudah dimiliki saat ini. Terima kasih

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

8
pegadaian syariah banda aceh

Pegadaian – Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.

Alasan saya beli emas saat itu adalah karena kondisi global yang sedang tidak menentu. Akibat perang dagang jilid 2 antara AS-China dan kebetulan juga saat itu sedang ada promo THR dari Tokopedia.

Tapi alasan lainnya yang membuat saya ingin membeli emas batangan adalah ingin melihat langsung bentuk emas asli.

Karena seumur hidup belum pernah lihat emas. Dengan 3 alasan tersebut, saya rasa layak untuk membeli emas batangan pada saat itu.

Bagi Anda yang belum tahu cerita saya beli emas batangan di Tokopedia. Baca artikel Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000. Saya membeli emas 10 gram pada 17 Mei 2019 lalu.

Perang dagang yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir tentu membuat harga emas naik. Ini karena investor lebih memilih untuk mengamankan aset pada emas yang dijuluki dengan safe haven.

Apalagi investasi emas sifatnya menguntungkan, karena cenderung naik. Menurut analis, harga emas di prediksi dalam pola uptren di tahun 2019 ini. Tidak heran orang berbondong-bondong beli emas.

Berkat perang dagang tersebut, emas Antam berhasil naik ke titik tertingginya ke 700 ribuan per-gram.

Tetapi, sepertinya harga emas akan segera terkoreksi. Mengingat pertemuan petinggi AS dan China pada KTT G20 Osaka Jepang pasa 29 Juli, ternyata memberikan titik terang pada perang dagang yang sedang berlangsung.

Donald Trump memutuskan untuk mencabut daftar hitam Huawei dan kini bisa berbisnis lagi dengan perusahaan di AS.

Atas dasar itu, saya menjual emas Antam 10 Gram tersebut ke Pegadaian pasa 1 Juli 2019.

Akhirnya jual emas Antam ke Pegadaian

Pada saat saya beli emas 17 Mei silam, harga emas Antam masih Rp 665,000. Sekarang sudah Rp 699,000, terus turun sejak 30 Juli 2019 berdasarkan chart situs LogamMulia.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 4

Seingat saya, saat mau jual emas akhir Mei harganya Rp 6 jutaan untuk 10 Gram. Tetapi, saya masih bersabar saat itu hingga akhirnya sekarang harga jualnya di Rp 6,397,000 pada 1 Juli 2019.

Saya bergerak dari rumah ke Pegadaian Syariah Banda Aceh.

Sesampai di Pengadian saya langsung di layani CS untuk melakukan proses penjualan. KTP dibutuhkan untuk penjualan emas antam [saya juga serahkan kwitansi pembelian emas sebagai pelengkap].

Emas Batangan
Emas antam yang mau di jual ke Pegadaian

Sambil menunggu proses penjualan yang memakan waktu 30 menit, saya melihat sekeliling kantor Pegadaian Syariah Banda Aceh. Ada kotak Galeri 24 di sebelah saya.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 5

Isinya berupa perhiasan seperti cincin dan dan emas batangan yang bisa di beli nasabah Pegadaian.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 6
Jual perhiasan emas juga ternyata

Tapi, karena saya tidak ada niat beli perhiasan emas tersebut, saya tidak tanya lebih banyak tentang Galeri 24 tersebut. Intinya Galeri 24 ini menjual perhiasan cantik yang bisa di beli konsumen.

Lanjut lagi….

Setelah menunggu lama, akhirnya uang dari hasil penjualan emas saya cair dalam bentuk cash. Pihak Pegadaian juga memberikan selembaran bukti pembelian buyback emas.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 7
Bukti pembayaran buyback dari Pegadaian

Eeeemmm…. Kalau dihitung secara kasat mata, sebenarnya saya tidak untung banyak dari investasi emas ini. Karena dulu beli di Tokopedia harganya Rp 6,380,921 termasuk ongkir dan saya jual di harga Rp 6.397.000.

Rp 6,397,000 – Rp 6,380,921 = Rp 16,079

Tapi terlepas dari pada itu, secara teknikal saya untung besar. Karena sebelumnya sudah dapat CASHBACK sebesar Rp 500,000 dari Tokopedia. Kalau ditotal keuntungan saya adalah Rp 516,079.

Ini menjadi pengalaman terbaik saya dalam investasi emas, mungkin lebih tepatnya swing trading emas, karena beli untuk 2 bulan. Akhirnya saya bisa lihat emas batangan secara langsung.

Perlu diketahui juga, bahwa Pegadaian juga punya program tabungan emas yang tersedia dalam aplikasi digital dan juga tersedia dalam aplikasi Tokopedia.

Anda yang ingin berinvestasi emas dapat melakukannya secara digital, tanpa harus beli batangan seperti yang saya lakukan.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan kemudahan investasi emas untuk Anda. Punya pengalaman menarik seputar investasi emas? Berbagi di kolom komentar yuk!

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

2
bibit

Bibit – Saat ini membeli reksa dana semakin mudah tanpa harus lagi ke bank, karena reksa dana sudah dijual secara online melalui platform marketplace.

Untuk yang belu tahu, reksa dana salah satu satu instumen investasi yang menjanjikan. Jenis dan produknya yang bervariasi membuat investasi ini diminati berbagai kalangan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang reksa dana, silakan bukan kategori reksa dana di blog ini.

Bagi Anda yang bingung mencari tempat membeli reksa dana online, platform Bibit bisa jadi pilihan. Pasalnya platform ini penyedia produk reksa dana yang berbeda dari platform lainnya.

Jika Anda sudah mengenal Bareksa dan Tanamduit untuk membeli reksa dana dengan cara memilih sendiri reksa dana yang akan dibeli, berbeda dengan Bibit yang memberikan rekomendasi produk reksa dana terbaik untuk Anda.

Berkat fitur Robo Advisor yang didukung dengan Teori Modern Portfolio yang diperkenalkan oleh ekonom Harry Markowitz yang sudah terbukti dapat menjaga resiko dan memaksimalkan keuntungan Anda lewat diversifikasi.

Kelebihan Bibit

Hadir dengan teknologi investasi terkini, Bibit reksa dana memiliki banyak fitur yang sangat cocok untuk investor reksa dana, khususnya pemula. Berikut ini adalah fitur dan layanan terbaik:

  • Aplikasi yang mudah digunakan dengan tampilan menarik
  • Dilengkapi dengan Robo Advisor yang berfungsi untuk memberikan rekomendasi reksa dana terbaik sesuai dengan profil nasabah
  • Gratis konsultasi online reksa dana dengan ahlinya
  • Pembayaran mudah dengan metode GOPAY
  • Rebalancing portfolio dengan mudah
  • Pilih profil reksa dana syariah

Sebenarnya masih banyak lagi fitur dan layanan yang terdapat dalam aplikasi . Oleh karena itu, Anda bisa mendaftar dan menjadi nasabah untuk mengetahui semua kelebihannya.

BACA JUGA: Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang?

Cara daftar akun Bibit

Tentu Anda ingin segera mencicipi investasi reksa dana online bersama Bibit. Oleh karena itu, saya mencoba untuk membuat sebuah tutorial mudah untuk Anda yang ingin mendaftar.

Sebelum itu, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 8

Setelah melakukan pendaftaran seperti di atas, Anda dapat mengecek email yang terdaftar untuk melanjutkan verifikasi dan mendapatkan nomor SID.

Cara beli reksa dana online di Bibit

Tutorial ini tentu tidak lengkap jika tanpa beli reksa dana online. Perlu diketahui, teknologi portfolio yang dimiliki Bibit otomatis membuat Anda berinvestasi di 3 jenis reksa dana, yaitu rekda dana pasar uang, reksa dana obligasi dan reksa dana sama. Besar alokasi di 3 jenis reksa dana tergantung dari profil resiko yang disini saat pendaftaran.

Jika Anda tidak puas dengan presentasi alokasi reksa dana, bisa juga mengubah secara manual dengan klik tombol plus (+) dan tombol minus (-) yang terdapat di halaman profil resiko.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 25

Misalnya seperti profil resiko saya yang Moderat, maka alokasi dana akan di bagi rata antara obligasi dan saham, serta sedikit di pasar uang.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 26
Langkah 1

Untuk pembelian reksa dana, ada beberapa opsi pembayaran ditawarkan, yaitu dengan transfer bank dan menggunakan GOPAY.

Profil resikoModerat
Alokasi produk– Majoris Pasar Uang Syariah
– Majoris Sukuk Negara Indonesia
– TRIM Syariah Saham
Metode pembayaranGOPAY

Metode pembayaran yang disarankan adalah GOPAY, ini karena agar terhindar dari keribetan transfer ke 3 produk reksa dana, apa lagi bisa kena biaya transfer jika ternyata akun bank berbeda.

Dengan GOPAY, Anda bisa bebas biaya transfer dan tidak perlu repot untuk transfer ke 3 produk reksa dana.

Jika pembelian reksa dana berhasil, Anda akan menerima beberapa email dari Bibit yang menyatakan pembelian reksa dana berhasil untuk semua produk.

Halaman portfolio akan terlihat seperti dibawah ini. Kebetulan keesokan hari setelah saya membeli semua produknya profit.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 39
Halaman portfolio Bibit

Oh ya, yang menariknya lagi, setelah reksa dana terbeli seperti diatas, Anda bisa mengubah alokasi dana dengan klik tombol “Ubah” pada halaman portfolio. Ini berfungsi saat kondisi market global sedang anjlok, Anda bisa mengalokasikan lebih besar ke produk reksa dana pasar uang.

Nah, itulah review dan tutorial cara mendaftar dan beli reksa dana online di Bibit.id melalui apliaksi smartphone. Sangat mudah bukan, berinvestasi di reksa dana?

Semoga bermanfaat dan berikan komentar kamu seputar pengalaman berinvestasi di reksa dana atau pertanyaan lainnya seputar beli reksa dana online.

Ini Daftar Lengkap Harga TV Samsung Khusus Smart TV Tahun 2019

0

Fungsi televisi memang sudah berkembang untuk mendukung produktivitas pengguna setiap hari, banyak keluarga yang masih mengandalkan alat elektronik yang menampilkan gambar dan suara ini. Harga TV Samsung yang bertipe Smart TV memang layak dipertimbangkan dengan lebih banyak fitur terbaru.

Sebuah smart TV identik dengan beberapa hal seperti sensor pergerakan tangan, koneksi mobile menggunakan Bluetooth, akses internet seperti perangkat komputer, dan masih banyak lainnya. Sebagai media hiburan keluarga, berikut manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan Smart TV.

Ini Daftar Lengkap Harga TV Samsung Khusus Smart TV Tahun 2019 40

Manfaat Smart TV yang perlu diketahui

Berbeda dengan harga TV Samsung LCD dan LED, Smart TV ditawarkan dengan harga lebih tinggi karena beberapa keunggulan.

  1. Kamu dapat menikmati film terbaru tanpa harus menghidupkan perangkat komputer atau laptop.
  2. Smart TV bisa digunakan untuk mengirim pesan via email secara langsung.
  3. Pengguna bisa menikmati beragam jenis musik sepuasnya tanpa harus repot memasang kabel.

Dengan kisaran harga tv Samsung cukup tinggi, kamu perlu strategi untuk mendapatkan Smart TV Samsung yang cocok dengan kebutuhan dan ketersediaan dana. Lihat beberapa spesifikasi dan kisaran harganya di bawah ini.

Smart TV RU 7300 Series 7

Layar super lebar RU7300 sebesar 65 inch memang sangat mengagumkan. Apabila dibuat sebuah perbandingan tentang tampilan gambar yang dihasilkan, smart TV memiliki kualitas gambar tingkat tinggi. Kamu bisa menonton acara favorit bersama keluarga dengan warna alami dan detail yang tajam seperti aslinya.

Dalam pengoperasian perangkat elektronik UHD TV dari Samsung ini sangat mudah dengan hanya menggunakan satu remote dan Smart Hub. Samsung memberikan jargon yaitu semua konten yang kamu inginkan bisa dinikmati dari ujung jari, meliputi aplikasi, TV, ataupun decoder.

Harga TV Samsung RU7300 Series 7 ini sekitar 18 jutaan di pasaran, penawaran 4 fitur utama yaitu UHD Processor yang mendukung kualitas gambar. Fitur kedua yaitu HDR yang memberikan tampilan semua detail lebih jernih untuk cahaya terang maupun gelap.

Dua fitur lainnya yaitu pengguna bisa mengontrol semua konten yang diinginkan hanya dengan satu remote. Terakhir, mengadopsi konsep slim design sehingga terlihat lebih menarik ketika diletakkan dalam ruangan.

Smart TV Samsung QLED Q70R 4K

Keunggulan produk elektronik Samsung Smart TV ini secara garis besar ada 4 yaitu menampilkan gambar & suara sempurna dengan adanya Al Upscaling, kontrol cahaya belakang yang berbeda , mode sekitar sangat cocok untuk diletakkan di kamar, dan resolusi memuaskan dengan 3.840 x 2.160 pixels.

Tidak salah jika Q70R dibandrol dengan harga mencapai 33 juta rupiah karena memiliki banyak sekali fitur menarik. Kamu dapat menampilkan informasi waktu dan tanggal dalam background yang indah. Ketika QLED selesai digunakan dan dimatikan, mode Ambient akan menyesuaikan tampilan dengan dekorasi ruang jadi tidak berwarna hitam seperti televisi biasa.

Empat fitur unggulannya yaitu menciptakan kontras terbaik dari setiap detail tampilan dengan adanya Full Array 4x. Peningkatan HDR baru sehingga tidak ada detail yang hilang karena menggunakan Quantum HDR 8x.

Adapun pengembangan tampilan lebih cerdas dan optimal untuk kondisi atau konten dalam satu waktu. Terakhir, ada Bixby on TV sebagai asisten cerdas. Layar super lebar yaitu 65 inches.

Harga Samsung TV terutama tipe smart TV memang cukup tinggi sehingga kamu perlu budget cukup besar. Banyak promo potongan harga dan fasilitas ongkos kirim gratis ketika kamu melakukan pembelian online melalui Bukalapak. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Bukalapak dan nikmati berbagai macam fasilitasnya.

Review: Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan Yang Saya Pakai

0
Money Lover

Money Lover – Mengatur keuangan dan mencatatkan arus kas bisa jadi yang paling rebet dan malas dilakukan oleh beberapa orang, termasuk saya. Karena mengatur keuangan pribadi dan keuangan keluarga tentu lah tidak mudah.

Sekitar 1 tahun yang lalu saya baru tersadar bagaimana pentingnya untuk mencatat semua pengeluargan dan pemasukan agar udah dialokasikan ke pos-pos yang wajib, seperti biaya kebutuhan sehari-hari, infaq dan sadakah, hingga untuk investasi.

Saya mulai catat pemasukan dan pengeluargan dengan menggunakan MS. Excel, sangat klasik carnya.

Apalagi orang seperti saya yang memanfaatkan banyak media sebagai sumber penghasilan. Kalau uang sudah masuk ke rekening, sangat sulit dilacak dari siapa saja dan jumlahnya sudah pas atau belum dengan kontraknya.

BACA JUGA: REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai (Update 11/3/19)

Tapi lama ke lamaan ternyata catat keuangan di MS. Excel lumayan ribet, karena harus buka softwarenya dan butuh PC atau laptop, sampai akhirnya saya terpikir untuk mencari aplikasi untuk mengatur keuangan yang tersedia di Google Play.

Setelah mencari dengan keyword “aplikasi atur keuangan” banyak yang saya temukan. Tapi, setelah meng-install banyak aplikasi pengatur keuangan dan mencobanya, saya menemukan aplikasi pengatur keuangan yang cocok, yaitu Money Lover.

Money Lover, Aplikasi pengatur keuangan

Saya rasa Money Lover ini tidak asing lagi dengan teman-teman yang biasa catat keuangan via aplikasi smartphone, pasalnya sudah diunduh sebanyak 5 Juta lebih. Hanya saya saja yang baru tahu kehebatan aplikasi ini sebagai personal asisten yang bisa mencatatkan keuangan.

aplikasi Money Lover

Fitur yang ditawarakan Money Lover

Sebagai aplikasi pencatat keuangan, Money Lover bisa dikatakan aplikasi yang lengkap karena dilengkapi fitur yang dibutuhkan, seperti:

  • Pencatat keuangan masuk dan keluar
  • Melacak piutang dan mencatat hutang
  • Dilengkapi grafik keuangan
  • Bisa menghubungkan akun rekening bank dengan Money Lover (Fitur Premium)
  • Scan kwitansi
  • Membuat pengeluaran berkala untuk tagihan bulanan
  • Membuat anggaran untuk mencapai target
  • Membuat tabungan khusus yang bisa ditargetkan
  • Data keuangan bisa di export ke CSV atau Excel

Untuk memaksimalkan Money Lover, opsi untuk membeli akun premium menurut saya cukup layak, karena bisa membuat dompet lebih banyak.

Saya pribadi sangat puasa dengan fitur premium, dimana saya bisa menambahkan pilihan dompet lebih banyak. Jika akun free hanya bisa satu dompet saja, di premium kita bisa buat banyak dompet, sehingga saya pun memasukkan semua sumber dan alokasi dana dalam dompet Money Lover.

Review: Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan Yang Saya Pakai 41

Pemasukan dan pengeluaran juga sangat mudah dicatat, dengan menempatkan transaksi sesuai kategorinya. Misalnya seperti gambar dibawah, saya beli pakaian secara online maka semua transaksi belanja online pakaian akan dijadikan satu ketegori.

Review: Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan Yang Saya Pakai 42

Begitu juga dengan pemasukan yang bisa dikategorikan. Saya membuat sebuah kategori khusus transaksi yang itu “Blog Irfan.id” untuk melacak semua pemasukan blog dari kerja sama brand dan penghasilan Adsense.

BACA JUGA: 1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Payout Kedua (Update 27/11/18)

Yang paling keren dari Money Lover adalah kemampuannya untuk menambahkan jadwal penerimaan uang. Ini bisa jadi pengingat bagi saya. Pasalnya kadang bisa lupa kalau ada kerja sama yang membutuhkan pencairan dana hingga 2-3 minggu. Jadi, saya bisa masukkan record untuk pemasukan dimasa depan.

Review: Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan Yang Saya Pakai 43

Sebenarnya masih banyak lagi fitur keren yang bisa di jajal dari Money Lover, tapi tidak saya uraikan semua… terlalu panjang artikel ini nantinya.

Tapi yang jelas, keuangan bisa lebih tertata degan aplikasi Money Lover. Jadi, pastikan kamu mencobanya di smartphone.

Nah, buat kamu yang belum peduli dengan mengatur keuangan, segeralah bertaubat dan lakukan penataan keuangan yang baik. Asal tahu saja, mengatur keuangan pribadi itu harus dilakukan sedini mungkin, khususnya saat sudah memiliki penghasilan sendiri agar ketikan sudah berkeluarga kelak, tidak binggung untuk mengatur keuangan keluarga karena sudah tahu mana pengeluangan pokok dan mana pengeluaran gaya hidup yang bisa dikurangi.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan mulailah mengatur keuangan secara bijak sedini mungkin.

Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000

6
Emas Batangan

Apakah kamu pelanggan setia yang sering belanja online di Tokopedia? Tentu kamu sudah tahu kalau Tokopedia tanggal 17 Mei lalu bagi-bagi THR berupa kupon dengan total 2 Juta rupiah yang telah dipecah menjadi beberapa kupon.

Sebagai pengguna setia Tokopedia tentu saya tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini agar mendapatkan THR dari Tokopedia. Dari event THR yang diselenggarakan, kira-kira saya berhasil mendapatkan CASHBACK dari kupon THR sebesar Rp 600an. Tidak besar sampai 2 Juta, karena saya belanja sesuai kebutuhan saja.

tokopedia

Menariknya, Cashback sebesar Rp 500rb saya dapatkan dari satu transaksi saja, yaitu dengan membeli Emas di Tokopedia.

BACA JUGA: Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19)

Sebenarnya saya tidak ada niat untuk beli emas, hanya saja saat itu saya berpikir untuk ambil cashback saja.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum beli emas batangan

Tidak semua orang pernah merasakan beli emas, salah satunya saya yang baru pertama kali beli emas batangan. Oleh karena itu, saya mencoba untuk mencari hal-hal yang harus diperhatikan ketika baru pertama kali beli emas batangan.

  1. Harga Emas selalu berubah. Harga emas sama dengan komoditas lainnya, yang harganya terus berubah mengikuti pergerakan emas global. Karena saya beli emas milik Antam, hanya harga Antam harian yang jadi patokan harga emas. Harga emas Antam berubah harga sekitar jam 8 pagi.
  2. Beli emas batangan kena pajak. Sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45% (untuk pemegang NPWP dan 0,9% untuk non NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.
  3. Dibeli mahal, dijual murah. Harga beli jual emas termasuk memiliki selisih yang besar. Jika beli emas 1 Gram harga Rp 662,000, maka harga jual emas 1 Gram adalah Rp 587,000. Inilah alasan kenapa emas itu sebaiknya dijadikan investasi jangka panjang, setidaknya 3 tahun keatas.
  4. Pastikan hanya membeli emas di tempat terjamin. Saat membeli emas, pastikan kamu hanya membeli emas ditempat terjamin dan terpercaya, misalnya membeli emas milik Antam atau UBS di Butik Antam, Pegadaian, Mall atau toko yang menjual emas bermerek Antam dan UBS. Jika membeli emas dari toko online, lihat review dan jumlah pembelinya harus positif.
  5. Beli emas batangan dari merek terpercaya di Indonesia. Menurut MoneySmart, ada 4 perusahaan penerbit emas dalam bentuk fisik, yaitu: UBS, Antam, King Halim, dan HWT. Demi kenyamanan, pastikan Anda hanya membeli emas batangan dari merek diatas.

Jika sudah mengerti semua ketentuan diatas, maka investasi emas sudah bisa dilakukan.

Pengalaman beli emas batangan di Tokopedia, dapat CASHBACK Rp 500,000 🙂

Demi memanfaatkan kupon THR dari Tokopedia, saya memutar otak agar membeli sebuah barang yang saya butuhkan, tapi bisa dijual lagi kedepannya. Karena incaran sebenarnya adalah untuk mendapatkan Cashback Rp 500,000.

Untuk mendapatkan Cashback tersebut, saya harus membeli produk di toko yang menggunakan “Power Badge” atau “Official Store” dengan cashback sebesar 10% maksimal Rp 500,000.

Otomatis, saya harus membeli produk senilai 5 Juta rupiah agar bisa dapat cashback maksimal. Awalnya opsi pembelian saya adalah Samsung Tab terbaru yang harganya sekitar 5 jutaan, tapi mengingat harganya yang cenderung turun jika dijual kembali. Sampai akhirnya saya terpikir untuk membeli emas batangan.

Emas batangan yang cocok dengan nilai 5 jutaan adalah emas dengan berat 10 Gram, yaitu Rp 6 jutaan.

Setelah mencari informasi seputar emas, saya pun akhirnya membeli emas pertama saya.

Tak butuh waktu lama, dalam waktu beberapa hari emas batangan 10 Gram pesanan saya sampai dirumah.

Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000 48

Ngomong-ngomong emas yang saya beli adalah cetakan Antam edisi 2019, sehingga tampilannya berbeda dari sebelumnya yang hanya dimasukkan dalam kantong bening. Kini cetakan emas Antam sudah menggunakan press pastik yang solid, sehingga emas tidak lecet.

Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000 49
Emas Antam 10 Gram cetakan 2019
Jenis ProdukEmas Batangan
ManufacturePT Antam Tbk
Berat10 Gram
HargaRp 6,320,000 (17 Mei 2019)

Berkat cashback ini, saya bisa membeli emas 10 Gram dengan lebih murah, dari Rp 6,320,000 menjadi Rp 5,820,000. Cashback sebesar Rp 500,000 di convert ke OVO Points.

Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000 51
Cashback langsung masuk ke OVO Points

Meski keaslian dan sertifikat emas Antam tidak perlu diragukan lagi, tidak ada salahnya untuk kamu yang penasaran dengan identitas emas yang dimiliki dengan mengecek langsung dengan aplikasi CertiEye yang tersedia di Google Play.

Membeli emas adalah salah satu cara untuk berinvestasi. Dengan harga yang cenderung terus naik membuat investasi emas sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

Ini adalah pengamalan pertama saya membeli emas batangan, kamu sudah pernah beli emas?