Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Beranda blog

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Rumah Tangga

Beberapa bulan terakhir hati saya sedang berbunga-bunga..

Bukan karena penghasilan Google Adsense meningkat atau cuan investasi, tapi sebuah kesenangan yang belum saya rasakan seumur hidup, yaitu rencana menuju ke pernikahan.

Yaaa… sebulan yang lalu saya mulai melakukan ta’aruf dengan seorang akhwat. Keluarga saya dan keluarga calon sudah bertemu dan proses ta’aruf saat ini masih berjalan.

Karena di islam pacaran itu hanya berlaku setelah menikah, saya baru Nazhar (melihat langsung calon pasangan) pertama kali kerumahmnya bulan Agustus ini.

Dalam pertemuan perdana tersebut, kami banyak berbincang. Kebanyakan ngomongnya nostalgia kehidupan pesantren, karena kebetulan saya dan dia dulu SMP dan SMAnya mondok. Disitu saya rasa kami menemukan kecocokan.

Rencananya, jika semua berjalan lancar.. Saya akan mengkhitbah pada akhir tahun atau awal tahun 2020, insya Allah…

Nah…. selagi menunggu proses khitbah hingga ke akad dan walimah, saya sedang mempersiapkan semua perencanaan.

Mulai dari persiapan tunangan, biaya nikah hingga biaya setelah nikah sedang di pos-poskan terlebih dahulu.

Karena saya lumayan mengerti investasi, semua pos-pos keuangan yang saya butuhkan untuk membangun rumah tangga sudah dimasukkan dan dicicil dalam investasi saham dan reksa dana.

Merencanakan keuangan “keluarga Milenial” ala Saya

Sebagai seorang milenial yang peduli dengan kesehatan keuangan, saya sangat peduli dengan jumlah uang yang masuk maupun yang keluar.

Karena, kalau mengurus keuangan saja tidak bisa, bagaimana mau menguruh keluarga? Bener gak?

Yaa.. walaupun masa depan belum bisa ditebak bagaimana, kita sebagai manusia setidaknya punya rencana.

Kali ini saya mau coba berbagi isi kepala untuk persiapan berkeluarga, mungkin rencananya tidak sebagus para senior yang sudah berkeluarga, tapi kan gak salah juga kalau milenial awam seperti saya ikut coba buat perencanaan keuangan keluarga sejak dini.

Untuk pembagian rencana keuangan, bagi saya sudah terbagi jadi 3. Pertama jangka pendek, yaitu kebutuhan 1-2 tahun kedepan termasuk persiapan nikah. Kedua jangka menengah, yaitu 2-5 tahun kedepan untuk kebutuhan persalinan dan pendidikan anak tentunya. Ketiga adalah untuk jangka panjang, meliputi 5 tahun keatas yang didalamnya terdapat biaya untuk naik haji, punya rumah, dan kebutuhan jangka panjang lainnya.

Agar semua planning saya tersusun rapi, maka dibutuhkan sebuah aplikasi keuangan, dalam hal ini saya pakai aplikasi Money Lover untuk mencatat arus kas keuangan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 1

Nah untuk tahap awal goals keuangan jangka pendek saya adalah mempersiakan dana untuk pernikahan tahun depan. Lebih kurang yaa….. harus ada 50 Juta. Kalau lebih dari pada itu harus kerja keras lagi :D.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 2

Diluar dari biaya untuk pernikahan, ada 3 bagian investasi yang mulai saya terapkan dalam hidup dan akan berlanjut saat berkeluarganya nanti, yaitu:

Investasi keuangan

Saya punya prinsip agar bisa mendapatkan uang dengan mudah, yaitu dengan cara membuat mesin uang melalui blog dan investasi instumen pasar modal.

Karena saya bukan tipe orang yang konsumtif, gaji pekerjaan dan hasil dari blog biasa saya investasikan ke pasar modal dalam bentuk saham dan reksa dana.

Saham masih menjadi instumen favorit saya untuk mendapatkan uang lebih, karena lebih mudah mengaturnya.

Saham merupakan salah satu intrumen investasi yang akan saya jadikan sebagai salah satu sumber penghasilan untuk keluarga kelak.

Investasi pendidikan

Selain investasi keuangan, pendidikan menurut saya merupakan salah satu insturmen investasi yang wajib diperhatikan, khususnya untuk anak saya nanti.

Biaya pendidikan pada umumnya bisa terus naik setiap tahunnya, agar tidak pusing saya sudah mempercayai instumen resksa dana sebagai tempat menabung pendidikan anak mulai dari sekarang. Dengan proyeksi keuntungan 10% per-tahun, saya rasa reksa dana merupakan instumen investasi yang baik untuk persiapan pendidikan anak.

Contoh simulasinya bisa di lihat seperti dibawah ini. Dengan masa 10 tahun, berinvestasi 500 ribu setiap bulannya dengan estimasi return 10% per-tahun, maka akan menghasilkan uang hingga 102 juta rupiah. Jumlah yang ideal untuk pendidikan anak dimasa depan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 3

Reksa dana termasuk produk pasar modal yang aman, karena portofolio investasi dikelola oleh Manajer Investasi, jadi saya tidak perlu analisis seperti halnya investasi saham.

Investasi kesehatan

Terlepas dari investasi keuangan dan investasi pendidikan, ada sebuah investasi yang tidak kalah penting untuk masa dapan, yaitu investasi kesehatan.

Mulai lindungi diri sendiri dan keluarga sedini mungkin

Terkadang milenial ini terlalu terlena dengan dunia kerja mereka, salah satunya dengan melakukan hobi lembur sebagai bentuk gaya kerja milenial. Padahal kerja lembur itu resiko kesehatan yang didapat begitu besar dan berpotensi merusak tubuh.

Oleh karena itu, memiliki perlindungan dari asuransi kesehatan adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh keluarga milenial.

Pentingnya asuransi kesehatan untuk keluarga milenial terencana

Dari antara semua poin perencanaan keuangan diatas, hanya arusansi yang masih belum saya penuhi (jujur-jujuran saja). Pernah ada saya baca sebuah kalimat yang mengatakan “bila kamu mulai memperhatikan kesehatanmu, maka kamu berarti sudah tua” begitulah bunyinya.

Jadi bisa saya simpulkan tidak heran kalau banyak anak muda yang masih tidak peduli dengan asuransi karena beranggapan masih kuat dan masih sehat, sehingga tidak butuh asuransi.

Dengan berasuransi, berarti kamu telah melindungi diri dan aset kamu dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Saya masing ingat betul kejadian tahun 2015, dimana saat itu saya masuk rumah sakit karena masalah lambung. Tidak sampai rawat inap, tapi saya sempat 2 kali masuk rumah sakit.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 4

Sebelum saya tahu ternyata saya bermasalah lambung, sempat pernah periksa jantung dengan ECG, karena penyakit lambung ini ternyata membuat jantung berdebar.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 5
Periksa ke Dokter Jantung. BTW, itu gak tau deh kenapa gender saya di buat female -_-

Dengan status yang masih anak rantau saat 2015-2016, saya lumayan merasakan tekor keuangan yang luar biasa hingga juataan rupiah.

Setelah kejadian itu, saya sadar betul ternyata asuransi kesehatan sangat.. sangat… sangat.. perlu sekali!

Yaa… saya bilang sangat perlu sekali karena dengan asuransi kesehatan, biaya rumah sakit yang seharusnya tidak bikin sobek dompet bisa teratasi.

5 alasan kenapa harus berasuransi dibawah ini bisa jadi jawaban, bagi yang masih enggan memiliki asuransi kesehatan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 6

Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian serupa pada istri dan anak-anak saya kelak. Saya berkomitmen untuk langsung memberikan asuransi kesehatan sedini mungkin. sehingga orang tersayang bisa terproteksi tanpa takut kehabisan uang untuk biaya kesehatan.

Nah… buat kamu yang punya jalan yang sama sepertinya untuk mewujudkan keluarga milenial yang bahagia dan terlindungi, maka bisa memilih untuk berasuransi kesehatan bersama Sequis.

Sequis merupakan perusahan asuransi ternama di Indonesia yang kinerjanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, lebih dekat dengan Sequis dengan nonton video dibawah ini.

Untuk melindungi diri dan sekeluarga, produk asuransi Sequis Q Health Platinum Plus Rider bisa jadi pilihan yang tepat, karena dapat melindungi dari usia 1 bulan hingga 85 tahun.

Tidak hanya asuransi kesehatan, Sequis juga memiliki produk unggulan TelePro Beasiswa Berjangka,  membayar Premi selama 8 tahun untuk Masa Pertanggungan Asuransi hingga 18 tahun.

Investasi dapat meningkatkan kekayaan, pendidikan bisa membuat orang lebih berilmu.. Asuransi melindungi segalanya

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 7

Jika asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan anak bisa dimiliki oleh keluarga milenial, maka harmonisasi dalam rumah tangga akan baik, tak perlu lagi memikirkan masalah biaya yang berlebih tak terduga.

Jadi… pastikan kamu juga bangun keluarga milenial yang peduli investasi dan juga melindungi orang yang tersayang dengan asuransi kesehatan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 8

Jangan sampai deh… kejadian masuk dalam kategori “Keluarga tak terencana” seperti web series dibawah ini 😀

Tersembunyi! 3 Wisata Malang yang Indah ini Jarang Dikunjungi

Kota Malang sangat terkenal sekali dengan kota wisata. Maka dari itu tak jarang jika musim liburan tiba maka kota Malang akan banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika Kamu ingin menikmati wisata Malang tapi tidak ingin berkunjung ke tempat wisata yang ramai, maka berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata di Malang yang sepi dan jarang di kunjungi oleh wisatawan saat musim liburan tiba, padahal tempat wisata ini juga tak kalah Indahnya.

Ini 3 Wisata Malang yang asik dikunjungi

Sumber Maron

Tersembunyi! 3 Wisata Malang yang Indah ini Jarang Dikunjungi 9

Wisata di kota Malang yang jarang diketahui oleh banyak wisatawan yang pertama adalah Sumber Maron yang berlokasi di Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Selain bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah Kamu juga bisa menikmati sensasi river tubing dengan harga yang sangat terjangkau sekali di kantong.

Bahkan untuk harga tiket masuk di Sumber Maron ini sangatlah murah hanya sekitar kurang dari Rp10.000 untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak harganya akan lebih murah. Tapi jangan hanya menilai dari harga tiketnya saja, Kamu juga harus menilai dari keindahan alam yang disajikan oleh Sumber Maron ini karena menawarkan tempat wisata yang sangat indah dan mempesona bahkan tidak terlihat murahan sama sekali.

Air terjun di sumber maron ini tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 5 sampai 6 meter. Jika Kamu ingin merasakan sensasi river tubing maka Kamu hanya perlu untuk menyewa ban besar yang banyak disewakan di sekitar air terjun dengan harga yang terjangkau juga.

Tempat wisata Sumber Maron ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin berwisata hemat tapi tetap asik dan menyenangkan. 

Pulau Ismoyo

Tersembunyi! 3 Wisata Malang yang Indah ini Jarang Dikunjungi 10

Tempat wisata di kota Malang yang jarang dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Ismoyo. Pulau ini juga termasuk ke dalam 3 pulau terindah yang tidak berpenghuni di Pantai Balekambang, Malang. Pulau ismoyo terletak di Desa Srigonco, Bantur, Malang.

Di dalam Pulau Ismoyo juga terdapat sebuah pura umat hindu untuk menjalankan ibadahnya, nah pura tersebut diberi nama Pura Ismoyo Jati. Karena hal itulah Pantai Balekambang dan pulau ismoyo ini mendapat julukan sebagai Tanah Lot-nya orang Malang sebab adanya pura besar di sebuah pulau yang kecil dan tidak berpenghuni.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Wisata Malam di Kota Padang

Pura Ismoyo Jati ini juga memiliki karakteristik seperti pura-pura pada umumnya yang ada di Bali.

Untuk mencapai Pulau Ismoyo ini sudah disediakan jembatan penyebrangan, jadi tidak perlu lagi memakai perahu. Yang paling penting adalah keindahan alam di Pulau Ismoyo ini sangatlah indah dan eksotis sehingga Kamu tidak akan menyesal jika berkunjung ke pulau ini. Terlebih lagi jika Kamu mengunjungi Pura Ismoyo Jati.

Jadi jika berkunjung kesini, Kamu bisa menikmati pemandangan pulau, pantai dan juga pura, ditambah lagi jika Kamu menikmati sunset di pulau ini bersama dengan sahabat, pasangan ataupun keluarga.

Sumber Sirah

Tersembunyi! 3 Wisata Malang yang Indah ini Jarang Dikunjungi 11
Sumber foto: Travelingyuk.com

Destinasi wisata Malang yang jarang dikunjungi yang terakhir adalah wisata air Sumber Sirah yang berlokasi tepat di antara beberapa lembah. Lokasi yang lebih tepatnya lagi berada tepat di perbatasan antara dua kecamatan yaitu kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Kepanjen Utara, Bululawang.

Di Sumber Sirah ini banyak sekali terdapat tumbuhan kecil seperti ganggang hijau dan dihiasi dengan pasir hitamnya yang halus. Selain itu jika Kamu melihat tumbuhan-tumbuhan kecil berwarna hijau tersebut dari daratan maka tumbuhan tadi akan terlihat seperti sebuah permadani indah yang berwarna hijau yang dibentangkan di atas sungai.

Yang tak kalah seru lagi, Kamu juga bisa menyelam hingga ke dasar mata air. Mata air sumber sirah ini juga memiliki kedalam yang paling dalam sekitar 1,5 meter, jadi Kamu dapat menikmati pemandangan kehidupan bawah air yang sangat indah.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Malang yang jarang sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga jika Kamu ingin pergi ke tempat wisata di Malang yang masih sepi pengunjung dan juga dengan harga tiket yang terbilang murah, maka Kamu bisa pergi salah satu tempat wisata Malang yang sudah ada di atas tadi. 

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.

Berikut ini, lima jenis pinjaman tanpa bunga yang bisa jadi alternatif saat tengah terjepit perlu modal untuk usaha.

5 tempat pinjaman tanpa riba

pinjaman tanpa riba

Perbankan syariah

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pinjaman pada bank syariah. Dengan memanfaatkan fasilitas bank syariah, tidak akan dibebankan sistem bunga yang dapat berfluktuasi. Bank syariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Disamping itu, perbankan syariah juga menerapkan bagi risiko,

Berbeda dengan sistem konvensional yang mana pihak nasabah sepenuhnya memegang tanggung jawab apabila tidak dapat mengembalikan pinjaman. Sehingga melakukan pinjaman pada bank syariah halal dan lebih aman ketimbang melakukan pinjaman pada bank konvensional.

Pinjaman Online

Saat ini sudah berkembang lembaga keuangan baik bank maupun non bank yang memberikan pinjaman syariah online bebas bunga. Salah satu sistem pinjaman syariah secara online yang mulai terkenal adalah Peer to Peer (P2P) lending berbasis syariah. P2P lending ini akan mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman.

BACA JUGA: Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

Pemberi pinjaman mendapat untung bukan dari beban bunga melainkan atas biaya sewa atau manfaat atas barang jasa yang digunakan. Sudah cukup banyak P2P lending syariah yang berkembang di Indonesia sebut saja, Investree, Qazwa.id, Alamisharia.

Dari Orang terdekat

Meminjam pada orang terdekat seperti keluarga, teman dekat, sahabat, atau saudara tentu saja jadi cara termudah yang dapat dilakukan. Mereka akan mengerti kondisi kita dan tentu saja mau membantu. Hanya saja, saat menggunakan cara ini,

Uang yang mungkin mereka berikan biasanya terbatas karena mereka juga orang biasa biasa saja yang boleh jadi punya masalah finansial tidak jauh beda dengan kita. Paling penting, jangan sampai lupa atau malah sengaja tidak mengembalikannya karena akan menghilangkan kepercayaan atau bahkan memutus silaturahmi.

Pegadaian Syariah

Meskipun sama sama bisa menggadaikan barang sebagai jaminan untuk memperoleh dana pinjaman, ada perbedaan yang jelas antara pegadaian konvensional dengan syariah.

Pegadaian syariah tidak mengambil keuntungan dalam bentuk bunga yang dapat berlipat ganda ataupun bagi hasil, tetapi berupa upah jasa pemeliharaan atas barang jaminan yang digadaikan.

Gadai syariah umumnya menggunakan akad rahn yang artinya menahan harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan. Sehingga akad rahn juga dimaksudkan perjanjian untuk tolong menolong antar sesama.

Kartu kredit

Dengan menggunakan kartu kredit biasa, sebenarnya pinjaman tanpa riba yang kita dapatkan bisa saja tanpa bunga asalkan dibayar sebelum jatuh tempo. Hanya saja, peluang mengembalikan pinjaman dalam tempo singkat sangatlah kecil.

Agar lebih aman, bisa memakai kartu kredit syariah. Tidak perlu khawatir, seluruh peraturan kartu kredit syariah sudah tercakup dalam ketentuan umum fatwa DSN-MUI No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang kartu kredit syariah.

Kartu kredit syariah sendiri mulai ada di Indonesia sejak 2006 lalu. Dengan tidak mengaplikasikan sistem riba, pengguna kartu kredit diminta membayar iuran anggota sebagai imbalan izin untuk menggunakan kartu.

Besaran iuran tersebut disesuaikan pada bank syariah yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Tentu saja kartu kredit syariah juga hanya dapat digunakan untuk membeli barang jasa yang halal dan tidak mengandung riba.

Demikian lah beberapa informasi untuk Anda yang ingin mencari pinjaman tanpa riba & bunga, sehingga semua kegiatan yang dilakukan dengan uang pinjaman bisa mendapat berkah.

Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

pinjaman

Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan pinjaman dana tunai tidak mengherankan jika banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tawaran yang menarik. Pinjaman yang ditawarkan tersebut bisa tanpa agunan dan bisa menggunakan agunan yang di klaim dalam 1 hari bisa cair.

Memang proses peminjaman yang cepat dan mudah ini banyak diminati oleh masyarakat. Melihat peluang tersebut lantas ada oknum yang tidak bertanggung jawab menawarkan peminjaman abal-abal dengan proses yang mudah dan cepat, hanya dengan modal KTP saja Anda sudah bisa mendapatkan jaminan. Karena kemudahan lantas masyarakat yang merasa terdesak menggunakan jasanya.

4 Ciri Pinjaman Abal-Abal

Jika Anda sudah terjebak dalam pemberi pinjaman abal-abal, Anda akan sulit keluar dari lingkaran mereka. Hutang yang Anda bayarkan tidak berkurang justru bertambah semakin banyak. Agar Anda terhindar dari pemberi modal usaha abal-abal, simak beberapa ciri penyedia pinjaman modal abal-abal yang harus Anda ketahui:

pinjaman

Tidak butuh verifikasi

Ciri pertama adalah tidak membutuhkan verifikasi. Padahal untuk bisa mendapatkan pinjaman seperti yang diharapkan verifikasi ini sangat penting dan banyak dilakukan oleh para pemberi jaminan yang kredibel.  

Secara logis, orang yang akan memberikan pinjaman harus mengecek sosok yang akan diberikannya pinjaman tersebut karena memberikan pinjaman kepada orang yang salah akan memiliki dampak berupa macetnya cicilan, oleh sebab itu jika mereka menawarkan pinjaman tanpa memerlukan verifikasi Anda perlu curiga.

Tawaran Awal yang Menggiurkan

Pihak penyedia jasa pinjaman dana tunai abal-abal akan selalu berusaha menawarkan sesuatu hal yang menggiurkan dan terasa mustahil di pinjaman konvensional biasa. Misalnya saja adalah suku bunga kecil yang tidak biasa, jumlah cicilan yang kecil, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Seorang penipu akan selalu berusaha berbicara manis sebelum korban terjerat hutang yang besar kepadanya. Mereka akan terus memeras korban sampai korban tidak berdaya dan sulit untuk melunasi hutang-hutangnya.

Tidak Legal

Sebagus apapun produk pembiayaan yang ditawarkan kepada Anda, jangan pernah mau mengambilnya jika yang menawari pinjaman tersebut seorang personal atau perusahaan yang tidak memiliki legalitas. Legalitas ini sangat penting karena menunjukkan profesionalitas yang dimiliki dan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sudah memiliki badan hukum yang jelas.

Biaya Tambahan yang Besar

Ada baiknya Anda membaca surat perjanjian yang mengikat antara Anda dengan pemberi jaminan tersebut dengan detail dan cermat. Hal itu dikarenakan jika tidak cermat Anda bisa dikenakan  biaya tambahan yang besar yang mana sudah tercantum dalam surat perjanjian yang Anda tanda tangani. Anda harus membaca poin pertama sampai dengan poin terakhir, jika ada poin yang kurang jelas Anda bisa menanyakannya.

Agar tidak menyesal, Anda bisa mengajukan pinjaman ke CSUL Finance. CSUL merupakan perusahaan leasing dan juga solusi keuangan yang mana menawarkan berbagai macam produk pembiayaan yang selama ini sudah banyak dimanfaatkan oleh personal maupun perusahaan produktif.

Dengan mengajukan pinjaman ke CSUL, akan ada kelebihan yang didapatkan yaitu pelayanan yang berkualitas dan terbaik, gambaran kredit dan pembiayaan yang jelas, dan Anda bisa melakukan nego terhadap cicilan yang Anda tanggung setiap bulannya. Oleh sebab itu jangan pernah ragu mengajukan pinjaman modal usaha ke CSUL Finance sekarang juga dan rasakanlah manfaatnya.

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

investing

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi. Investing adalah kegiatan penanaman modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Dana yang sudah diinvestasikan diharapkan akan kembali membawa untung.

Namun, berinvestasi juga memiliki risiko kerugian. Banyak kesalahan-kesalahan para investor yang dapat kita jadikan pelajaran apabila akan melakukan investing Indonesia.

Berikut 6 kesalahan investing di Indonesia yang perlu di hindari investor:

investing

Sumber Dana Investasi

Sumber dana yang diinvestasikan sebaiknya bukan dana pinjaman atau dana yang digunakan sehari-hari sebab akan mengganggu perputaran yang seharusnya terjadi. Dana yang digelontorkan untuk investing adalah dana lebih yang belum atau tidak terpakai untuk kebutuhan.

Dengan begitu, apabila mengalami kerugian maka dana pokok tidak akan terganggu oleh dana investasi tersebut.

Pengambilan Risiko

Dalam investing Indonesia, prinsipnya adalah high risk, high return. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula keuntungannya. Kesalahan para investor yang kerap terjadi adalah tidak melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan langkah yang akan di ambil ke depannya.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Lagi Menunda Untuk Investasi Saham

Pengambilan risiko tinggi yang diharapkan mendapat keuntungan tinggi tidak akan tercapai apabila terjadi kesalahan perhitungan dan kurangnya penelitian atau riset.

Ragu-Ragu

Investing membutuhkan kepastian dan keakuratan dalam berhitung meski nilai barang yang diinvestasikan mengalami naik-turun. Namun, pasti ada pola yang dimiliki oleh masing-masing jenis investasi yang dapat dipelajari.

Apabila investor meragukan langkah namun tetap dijalankan, ini dapat membahayakan investor itu sendiri. Maka, sebaiknya investor melihat dari segala sisi untuk memastikan langkah yang akan diambil meski berisiko kecil sekalipun.

Harapan yang Tinggi

Memang dalam berinvestasi ada harapan-harapan yang diberikan untuk para investor, namun mereka tidak dapat percaya begitu saja dengan iming-iming yang diberikan. Sebab, bagaimanapun penghitungan dan persiapan apabila mengalami kerugian juga harus dipikirkan. Tidak selamanya berinvestasi itu untung, kadang juga bisa mengalami kegagalan.

Tidak Diversifikasi

Diversifikasi adalah menyebardana investasi ke beberapa tempat. Dengan diversifikasi, jika ada salah satu yang mengalami kerugian, investasi yang lain dapat menutup kerugian tersebut.

Tidak Mempercayakan Kepada Broker

Investing di Indonesia memang masih tergantung kepada broker. Para investor yang ingin berinvestasi mau tidak mau berhubungan dengan broker apabila ingin “main aman”. Mencari broker yang terpercaya memang tidak mudah, namun ketika sudah mendapatkan yang pas dan amanah, maka investor akan merelakan sebagian uangnya untuk membayar broker demi lancarnya kegiatan berinvestasi yang dilakukan.

Berinvestasi dengan aman dan nyaman adalah impian semua investor di Indonesia. maka pelajarilah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan sebisa mungkin dihindari agar tidak mengalami kerugian yang begitu besar.

Rajin-rajin juga memantau berita perkembangan tentang investing Indonesia agar tetap up to date dan tidak salah mengambil langkah dalam berinvestasi di dalam bidang apapun yang anda tekuni.

Nah… itu lah beberapa kesalahyan yang perlu di hindari dalam berinvestasi. Dengan begini, anda bisa mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan agar profit yang didapatkan bisa maksimal.

Tiket Pesawat Akhirnya Beneran Turun, Saatnya Rencanakan Liburan

Pesawat Batik Air dari samping

Beberapa bulan terakhir, dunia traveling tergoyahkan karena mahalnya tiket pesawat. Padahal, high season seperti tahun baru dan lebaran sudah usai.

Gara-gara mahalnya tiket pesawat, pengusaha yang begerak dibidang pariwisata mengeluh turunnya jumlah wisatawan yang liburan ke berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa kali pemerintah mencoba untuk menurunkan harga tiket pesawat dengan berbagai regulasi baru dan akhirnya tiket pesawat pun kini sudah turun.

Pesawat Batik Air baru
Batik AIr – BTJ

Yaa… walaupun hanya di hari tertentu dan destinasi tertentu, penurunan harga tiket pesawat ini layak di apresiasi.

Padahal, sebenarnya saya sudah janji ke teman-teman untuk liburan ke Jakarta awal tahun 2019 ini, tapi tidak jadi terkendala tiket pesawat yang mahal saat itu.

Untuk menutup kekecewaan, saya akhirnya liburan ke Medan bersama keluarga. Tentu bukan dengan pesawat, tapi dengan mobil. Karena jalannya santai, saat itu berangkat dari tempat tinggal di Banda Aceh singgah dulu ke Lhokseumawe semalam, sebelum akhirnya lanjut ke Medan.

Destinasi wajib pertama saya dan keluarga di Medan adalah mengunjungi Masjid Raya Al Mashun, yang letaknya tidak jauh dari Istana Maimun. Masjid ini sering sekali saya lihat di media, sehingga penasaran dengan kemegahaannya.

Masjid Raya Al-Mashun Medan
Masjid Raya Al-Mashun Medan

Ini adalah untuk pertama kalinya saya ke Kota Medan, karena biasanya hanya singgah saat terbang dengan pesawar di bandara Kuala Namu.

Namun, misi utama liburan ke Medan saat itu adalah untuk menyambung silaturrahmi dengan keluarga di Medan yang sudah lama sekali tidak di jumpai.

Untuk akomodasi, Gajahmada Hotel merupakan salah satu penginapan yang isinya kebanyakan orang Aceh yang berlibur ke Medan. Harga yang ekonomis, kamarnya juga nyaman

Rencakan liburan bersama Pegipegi

Nah, buat kamu yang bersyukur banget karena tiket pesawat sudah turun, tentu tidak mungkin melewati kesempan untuk kembali berlibur dengan pesawat.

Pegipegi bisa jadi referensi terbaik untuk cari tiket pesawat ke destinasi favorit kamu di Indonesia.

Tiket Pesawat Akhirnya Beneran Turun, Saatnya Rencanakan Liburan 12

Contohnya saja seperti saya yang begitu mudah pesan tiket pesawat dari Banda Aceh ke Medan denga harga yang kompetitif.

Ini yang bisa didapatkan jika tiket pesawat di Pegipegi

Tentu kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus pesan tiket pesawat di Pegipegi? Ini alasannya.

Tiket pesawat dan akomodasi dalam satu aplikasi

Di apliaksi Pegipegi, kamu bisa temukan tiket pesawat dan booking akomodasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan liburan kamu.

Selalu ada promo terbaru

Biar liburan lebih hemat, kamu juga bisa temukan berbagai promo menarik yang bisa kamu gunakan selama liburan bersama Pegipegi. Udah tiket pesawat turun, dapat promo lagi… mantap banget!

Dapatkan tips seputar liburan

Sudah tentukan destinasi liburan, tapi masih gabut mau ngapain aja nanti? Kamu bisa mencari ide liburan dengan membaca artikel “Travel Tips” yang ada di aplikasi Pegipegi.

Layanan CS 24 jam

Ketika mengalami masalah saat melakukan pemesanan tiket pesawa di Pegipegi, ada CS yang siap 24 jam untuk membantu kamu agar dapat mewujudkan liburan.

Nah… kalau tiket sudah turun dan pesan tiket pesawat sudah lebih mudah di Pegipegi, kini tingga cari uangnya saja, agar keinginan liburan bisa terwujud hehe

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade?

Xiaomi Mi Band 4

Xiaomi Mi Band 4 – Setahun yang lalu saya beli Xiaomi Mi Band 3 disalah satu marketplace. Saat itu belinya karena kepo dan terpikir untuk lebih menjaga kesehatan dengan tracking langkah kaki.

Setelah setahun pakai, ternyata punya gelang pintar itu asik juga, hitung-hitung bisa jaga kesehatan juga, karena fiturnya Mi Band 3 juga banyak dan sangat bermanfaat untuk saya.

Seperti biasa, Xiaomi merilis kembali versi terbaru dari Mi Band ini. yaitu Mi Band 4. Katanya Mi Band 4 ini banyak sekali dicari orang-orang. Bahkan dalam 8 hari, Xiaomi Mi Band 4 berhasil terjual sebanyak 1 juta unit.

Pertanyannya, kenapa begitu heboh dan laku keras?

Walaupun saya pengguna Xiaomi Mi Band 3, tapi tidak pernah update kalau ada produk baru dari Mi Band. Barulah saat menonton video di Youtube, saya mendapat kabar bahwa Mi Band 4 sudah diluncurkan, release data pada 16 Juni 2019.

Setelah melihat video unboxing dan review Xiaomi Mi Band 4, barulah saya tahu alasan kenapa Mi Band 4 kali ini begitu istimewa, yaitu karena kini layarnya sudah berwarna dan dilengkapi dengan sensor kesehatan terbaru.

BACA JUGA: REVIEW: Logitech K380, Keyboard Bluetooth Yang Serba Bisa

Saya rasa 2 kelebihan ini menjadi nilai tambah, sehingga orang-orang ingin membelinya. Bagi pengguna baru, saya rasa ini bagus sekali sebagai moment untuk membeli Xiaomi Mi Band 4.

Tapi timbul pertanyaan untuk pengguna Mi Band 3 seperti saya, “Apakah layak upgrade ke Mi Band 4?

Xiaomi Mi Band 4, spesifikasi dan harganya

Xiaomi Mi Band 4
Xiaomi Mi Band 4
ModelXiamo Mi Band 4
Rilis16 Juni 2019, China
Berat22,1 gram
Water Resistance5 ATM
Tipe LayarAMOLED
Ukuran Layar0.95″
Resolusi120 x 240 RGB
Colour Depth24bit
Kecerahan LayarSampai 400 nits (kecerahan maks), kecerahan dapat disesuaikan
Jenis layar sentuhLayar sentuh kapasitif sel
Perlindungan layar2.5D kaca tempered dengan lapisan anti-sidik jari
TombolTombol sentuh tunggal (bangun, kembali)
Jenis tali, lebarTali pergelangan tangan yang bisa dilepas
(Mi Smart Band 4 kompatibel dengan tali Mi Band 3), 18mm
Material taliPoliuretan termoplastik
Panjang tali tangan disesuaikan155-216mm
RAM, ROM512KB, 16MB
SensorAccelerometer 3-sumbu + giroskop 3-sumbu;
Sensor detak jantung PPG;
Sensor kedekatan kapasitif
Konektivitas nirkabelBT5.0 BLE
BateraiLiPo, 135mAh
Jenis Pengisian2Pin Pogo Pin
Waktu Pengisian≤ 2 jam
Waktu siagaHingga 20 hari
Tipe MotorRotor
Body materialPolycarbonate
AplikasiMi Fit
Persyaratan sistemAndroid 4.4, iOS 9.0 atau lebih tinggi

Desain

Tidak ada perubahan dari dimensi, Mi Band 4 ukurannya sama dengan Mi Band 3, sehingga kalau pakai strap Mi Band 3 ke Mi Band 4 tetap cocok.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade? 13
Xiaomi Mi Band 4 [strap hitam] VS Xiaomi Mi Band 3 [strap abu-abu]

Hanya saja Mi Band 4 layarnya datar, tidak lagi cekung seperti versi sebelumnya. Menurut saya pribadi sebenarnya lebih suka dengan layar yang cekung, agar terlihat beda.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade? 14
Xiaomi Mi Band 4 [strap hitam] VS Xiaomi Mi Band 3 [strap abu-abu]

Bagian menarik lainnya adalah bentuk tombol sentuh yang berbeda dari sebelumnya. Kini tombol sentuhnya sudah datang dengan layar.

Meskipun dimensinya sama, saya rasa ini cukup menarik. Karena bagi pengguna Mi Band 3 seperti saya bisa menggunakan strap yang sudah ada untuk dipasangkan ke Mi Band 4.

Fitur

Mi Band 4 memiliki fitur umum yang sama dengan versi sebelumnya, namun memiliki kualitas yang lebih baik di bagian hardware.

Mi Band 4 sudah menggunakan sensor 3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope; PPG heart rate sensor; Capacitive proximity sensor, sehingga akurasinya lebih tepat. Jika sebelumnya di Mi Band 3 kalau kita tidur langkahnya nambah sendiri, di Mi Band 4 tidak lagi.

Fungsi Olahraga6 mode latihan: Treadmill, olahraga, lari di luar ruangan, bersepeda, berjalan, berenang di kolam renang; Hitung langkah, jarak, dan kalori yang terbakar
Pemantauan kesehatanPemberitahuan penyelesaian latihan, penetapan tujuan, pemantauan tidur, pemantauan detak jantung, pemeriksaan detak jantung sepanjang hari, istirahat detak jantung, bagan detak jantung, peringatan siaga
Fitur lainnyaAlarm, sensor jarak, tampilan jam yang telah disetel sebelumnya, tampilan jam yang dapat disesuaikan, layar kunci, timer, stopwatch, alarm telepon dan notifikasi, masuk panggilan, pemberitahuan pesan, pemberitahuan kalender, pemberitahuan aplikasi, Prakiraan cuaca, Temukan ponsel saya, buka kunci ponsel, pemberitahuan acara, Mode malam, Jangan ganggu mode (bekerja bahkan tanpa ponsel), musik kontrol pada band, siaran Bluetooth, tampilan level baterai, berbeda cara pakai, pembaruan OTA

Disamping sensor kesehatan, ada fitur lain yang menarik dari Mi Band 4, yaitu fitur pengatur musik dan mengganti watch face.

Fitur pengatur musik sangat berguna untuk mengatur lagu yang kita ingin dengar melalui Mi Band selama aktifitas seperti olah raga atau jalan santai, sehingga tidak perlu lagi akses via smartphone.

Hal menarik lainnya dari Mi Band 4 adalah kemapuannya untuk berganti watch face atau tampilan jam pada gelang pintar, sehingga kita tidak mudah bosan dan dapat menentukan tema watch face tergantung dari kegiatan kita saat itu.

Hanya saja, sampai artikel ini di terbitkan, cara mengubah bahasa Mi Band 4 ke Bahasa Indonesia belum bisa dilakukan. Tapi biasanya akan ada update firmware agar Mi Band 4 bisa Bahasa Indonesia.

Harga Xiaomi Mi Band 4 dibandrol antara Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu rupiah. Kalau beli di toko online biasa harganya beda-beda.

Kelebihan Mi Band 4

  • Layar berwarna 24bit
  • Sensor kesehatan baru, sehingga tracking kesehatan lebih akurat
  • Dimensi sama dengan Mi Band 3, sehingga strap Mi Band 3 dapat digunakan pada Mi Band 4

Kekurangan Mi Band 4

  • Kebanyakan desain watch face kekanak-kanankan [semoga tersedia watch face keren di masa depan]

Layak upgrade ke Xiaomi Mi Band 4?

Yes… layak banget untuk di upgrade.

Bukan karena faktor layarnya aja yang udah berlayar, sensor yang makin akuran saya rasa menjadi alasana kenapa penggunaka Mi Band 1, Mi Band 2, dan Mi Band 4 layak untuk upgrade ke Mi Band 4.

Awalnya saya juga ragu upgare atau gak, tapi setelah lihat review sana-sini, ternyata wajib upgrade.

Nah, buat yang galau upgrade, semoga artikel ini bisa membantu Kamu untuk mengambil keputusan apakan beli Mi Band baru, atau tetap stay dengan Mi Band yang sudah dimiliki saat ini. Terima kasih

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

pegadaian syariah banda aceh

Pegadaian – Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.

Alasan saya beli emas saat itu adalah karena kondisi global yang sedang tidak menentu. Akibat perang dagang jilid 2 antara AS-China dan kebetulan juga saat itu sedang ada promo THR dari Tokopedia.

Tapi alasan lainnya yang membuat saya ingin membeli emas batangan adalah ingin melihat langsung bentuk emas asli.

Karena seumur hidup belum pernah lihat emas. Dengan 3 alasan tersebut, saya rasa layak untuk membeli emas batangan pada saat itu.

Bagi Anda yang belum tahu cerita saya beli emas batangan di Tokopedia. Baca artikel Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000. Saya membeli emas 10 gram pada 17 Mei 2019 lalu.

Perang dagang yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir tentu membuat harga emas naik. Ini karena investor lebih memilih untuk mengamankan aset pada emas yang dijuluki dengan safe haven.

Apalagi investasi emas sifatnya menguntungkan, karena cenderung naik. Menurut analis, harga emas di prediksi dalam pola uptren di tahun 2019 ini. Tidak heran orang berbondong-bondong beli emas.

Berkat perang dagang tersebut, emas Antam berhasil naik ke titik tertingginya ke 700 ribuan per-gram.

Tetapi, sepertinya harga emas akan segera terkoreksi. Mengingat pertemuan petinggi AS dan China pada KTT G20 Osaka Jepang pasa 29 Juli, ternyata memberikan titik terang pada perang dagang yang sedang berlangsung.

Donald Trump memutuskan untuk mencabut daftar hitam Huawei dan kini bisa berbisnis lagi dengan perusahaan di AS.

Atas dasar itu, saya menjual emas Antam 10 Gram tersebut ke Pegadaian pasa 1 Juli 2019.

Akhirnya jual emas Antam ke Pegadaian

Pada saat saya beli emas 17 Mei silam, harga emas Antam masih Rp 665,000. Sekarang sudah Rp 699,000, terus turun sejak 30 Juli 2019 berdasarkan chart situs LogamMulia.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 15

Seingat saya, saat mau jual emas akhir Mei harganya Rp 6 jutaan untuk 10 Gram. Tetapi, saya masih bersabar saat itu hingga akhirnya sekarang harga jualnya di Rp 6,397,000 pada 1 Juli 2019.

Saya bergerak dari rumah ke Pegadaian Syariah Banda Aceh.

Sesampai di Pengadian saya langsung di layani CS untuk melakukan proses penjualan. KTP dibutuhkan untuk penjualan emas antam [saya juga serahkan kwitansi pembelian emas sebagai pelengkap].

Emas Batangan
Emas antam yang mau di jual ke Pegadaian

Sambil menunggu proses penjualan yang memakan waktu 30 menit, saya melihat sekeliling kantor Pegadaian Syariah Banda Aceh. Ada kotak Galeri 24 di sebelah saya.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 16

Isinya berupa perhiasan seperti cincin dan dan emas batangan yang bisa di beli nasabah Pegadaian.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 17
Jual perhiasan emas juga ternyata

Tapi, karena saya tidak ada niat beli perhiasan emas tersebut, saya tidak tanya lebih banyak tentang Galeri 24 tersebut. Intinya Galeri 24 ini menjual perhiasan cantik yang bisa di beli konsumen.

Lanjut lagi….

Setelah menunggu lama, akhirnya uang dari hasil penjualan emas saya cair dalam bentuk cash. Pihak Pegadaian juga memberikan selembaran bukti pembelian buyback emas.

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian 18
Bukti pembayaran buyback dari Pegadaian

Eeeemmm…. Kalau dihitung secara kasat mata, sebenarnya saya tidak untung banyak dari investasi emas ini. Karena dulu beli di Tokopedia harganya Rp 6,380,921 termasuk ongkir dan saya jual di harga Rp 6.397.000.

Rp 6,397,000 – Rp 6,380,921 = Rp 16,079

Tapi terlepas dari pada itu, secara teknikal saya untung besar. Karena sebelumnya sudah dapat CASHBACK sebesar Rp 500,000 dari Tokopedia. Kalau ditotal keuntungan saya adalah Rp 516,079.

Ini menjadi pengalaman terbaik saya dalam investasi emas, mungkin lebih tepatnya swing trading emas, karena beli untuk 2 bulan. Akhirnya saya bisa lihat emas batangan secara langsung.

Perlu diketahui juga, bahwa Pegadaian juga punya program tabungan emas yang tersedia dalam aplikasi digital dan juga tersedia dalam aplikasi Tokopedia.

Anda yang ingin berinvestasi emas dapat melakukannya secara digital, tanpa harus beli batangan seperti yang saya lakukan.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan kemudahan investasi emas untuk Anda. Punya pengalaman menarik seputar investasi emas? Berbagi di kolom komentar yuk!