Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Beranda blog

Info Harga Laptop Lenovo Thinkpad, Solusi Komputasi Bisnis yang Handal

0
Thinkpad X1 Extreme

Lenovo Thinkpad – Berbagai produk laptop kini hadir dengan spesifikasi yang beragam. Tips bagi Anda yang hendak membeli laptop, sesuaikan dengan kebutuhan komputasi keseharian Anda. Jangan sampai untuk kebutuhan yang padat, laptop yang dibeli hanya memiliki spesifikasi standar. Apalagi untuk keperluan bisnis, maka harus didukung oleh laptop dengan spesifikasi yang sesuai.

Nah, salah satu merek laptop yang dapat Anda pilih adalah Lenovo. Sejak merilis laptop seri Yoga pada tahun 2018 lalu, kini Lenovo hadir dengan laptop khusus bisnis yaitu Thinkpad dengan seri Thinkpad X1 Extreme. Tahukah Anda, spesifikasi komponen digunakan pada seri ini tidak pernah digunakan sebelumnya pada Thinkpad X1 Series. Jadi, bisa bayangkan bukan bagaimana performanya? Yuk simak ulasan berikut lengkap dengan ​harga laptop Lenovo Thinkpad​.

 Spesifikasi Lenovo Thinkpad X1 Extreme

 Nah, sebelum mengetahui ​harga laptop Lenovo Thinkpad ini, perhatikan dulu spesifikasinya. Dengan menerapkan berbagai komponen berperforma tinggi, tentunya laptop ini hadir untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang tinggi dalam berbagai skenario.

lenovo Thinkpad

Didukung oleh prosesor intel core i7 seri 8850H dengan teknologi vPro, laptop Thinkpad X1 Extreme ini bekerja lebih tangguh dengan konfigurasi yang tinggi. Prosesor hasil arsitektur dari Coffee Lake ini memiliki 12 thread di dalamnya             sehingga mumpuni untuk mengatasi masalah komputasi tingkat masif sekalipun. Bahkan, pada seri-seri selanjutnya akan hadir Lenovo Thinkpad X1 Extreme dengan prosesor yang lebih canggih yaitu intel core i9.

Tak hanya tangguh dalam hal performa prosesor, dilihat dari tampilan pun Lenovo Thinkpad X1 Extreme ini ditunjang oleh kartu grafis terbaru dari Geforce GTX 1050 Ti 4GB GDDR5 tepatnya, versi Max Q. Nah, adanya kartu grafis karya NVIDIA ini, tentunya pengguna dapat bekerja dengan serius bahkan juga available untuk memainkan beberapa jenis game.

Kapasitas memori RAM yang disematkan pada laptop Lenovo Thinkpad X1 Extreme DDR4 sampai 64 GB dengan kecepatan 2666 MHz. Artinya, laptop ini mampu menangani berbagai aplikasi modern bahkan dengan kebutuhan memori RAM besar sekalipun. Terdapat dua slot M.2 Pcie dengan dukungan kapasitas mencapai 2 TB sehingga meningkatkan performa sistem menjadi lebih optimal. Bahkan untuk         loading data berukuran besar dapat diatasi dalam waktu yang singkat. 

Daya baterai pada laptop Lenovo Thinkpad X1 Extreme ini mampu bertahan dalam waktu 14 jam. Berbanding terbalik dengan proses pengisian baterai yang berlangsung sebentar yaitu satu jam saja. Kemampuan tersebut tentu tidak terlepas dari adanya teknologi Rapid Charge yang disematkan. Menurut vendor Lenovo itu sendiri, kapasitas baterai 80% tersebut setara dengan pemakaian baterai selama 12 jam. 

 Tak mau kalah dengan spesifikasi komponen didalamnya, tentunya ​harga laptop Lenovo Thinkpad ​ini dapat Anda lihat dari desain yang ditampilkan. Laptop Lenovo Thinkpad X1 Extreme ini menawarkan desain bodi yang klasik khas seri Thinkpad. Terbuat dari bahan carbon fibre membangun bodi housing layar lebih menawan. Ukuran bodi laptop ini memiliki panjang 36,18 dan lebar 24,57. Layar laptop ini pun dilengkapi dengan full HD non touch dan 4k touchscreen. Dengan berat hanya 1,8 kg dan desain yang tipis, pengguna dapat lebih mudah membawanya kemanapun.

 Nah, ​harga laptop Lenovo Thinkpad ​di atas dapat Anda miliki dengan harga 30.8 juta rupiah. Tak perlu bingung untuk mendapatkannya karena Anda dapat membelinya di toko online terpercaya seperti Bukalapak​. ​Dapatkan pula info ​harga laptop HP Pavilion terbaru dan lainnya hanya di situs tersebut ya!

Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang?

4
marketplace reksa dana
marketplace reksa dana

Marketplace Reksa Dana – Saat ini dunia investasi terus berkembang dari segi teknologi, terutama di instrumen reksa dana. Sudah banyak perusahaan berbentuk marketplace yang turut menjual produk-produk reksa dana milik Manajer Investasi yang menawarkan berbagai fitur teknologi baru dalam investasi reksa dana.

Marketplace reksa dana berbentuk Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), sehingga fungsinya hanya menjual produk reksa dana Manajer Investasi.

Dulu awal pertama kali saya kenal reksa dana tahun 2015, Bareksa adalah satu-satunya marketplace yang ada pada saat itu (yang saya tahu). Tapi kini di tahun 2019, sudah ada banyak marketplace reksa dana seperti Tanamduit, Ajaib, Bibit dan masih ada beberapa lagi yang tidak begitu saya kenal.

BACA JUGA: Mengenal Reksa Dana, Keuntungan, Dan Resikonya

Dengan hadirnya banyak marketplace reksa dana, tentu Anda para investor reksa dana bertanya-tanya, “Dimana tempat terbaik untuk membeli reksa dana?”

Sampai artikel ini ditulis, saya tidak tahu marketplace reksa dana mana yang cocok dengan Anda, sampai akhirnya saya membandingkan antara Bareksa, Tanamduit, Ajaib dan Bibit.

Secara garis besar, menurut saya keempat marketplace ini memiliki ciri khas masing-masing, sehingga investor cukup berinvestasi di marketplace yang sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Yuk, ketahui lebih dalam perbedaan antara Bareksa, Tanamduit, Ajaib dan Bibit.

Membandingkan marketplace reksa dana terbaik

Pertama-tama, sebelum kita masuk perbandingannya, saya ingin tegaskan bawah artikel ini bukan iklan, sehingga murni dari pengalaman saya mencoba di keempat platform.

Berikut ini adalah tabel perbedaan keempat marketplace.

BarekaTanamduitAjaibBibit
Diluncurkan 17 Februari 2013Februari 20184 Januari 201915 Januari 2019
Nama perusahaanPT Bareksa Portal Investasi
PT. Star Mercato CapitalePT Takjub Teknologi IndonesiaPT Bibit Tumbuh Bersama
Jumlah Produk reksa dana19039346
Modal awal investasiRp 50,000Rp 10,000Rp 400,000Rp 10,000
Produk reksa dana syariah
AdaAdaTidak AdaAda
Produk lainnyaObligasi – Umrah – Fund AcademyObligasi
Fitur– Simulasi reksa dana
– Langganan data berbayar
– Artikel
– Login dengan sidik jari
– Edukasi via Video
– LIVE CHAT via Whatapp
– Artikel
– Gratis konsultasi
– Referral
– LIVE CHAT,
– Robo Advisor
– Artikel
– Referral
Aplikasi AndroidAdaAda
AdaAda
Aplikasi iOSAdaAdaTidak TersediaAda

Bareksa

Bareksa adalah cinta pertama saya dengan reksa dana. Ya, Bareksa adalah tempat dimana saya pertama kali kenal apa itu reksa dana dan melakukan investasi di reksa dana secara online tahun 2015 silam.

Diantara banyaknya marketplace reksa dana online, Bareksa bisa dikatakan yang paling tua, karena lebih duluan eksis dan juga merupakan satu-satunya marketplace reksa dana online yang memiliki lebih dari 100 produk reksa dana yang dapat dibeli dalam satu platform.

bareksa website aplikasi

Tidak hanya reksa dana, terdapat juga produk unggulan lainnya. Seperti paket analysis reksa dana, tabungan umrah, fund academy hingga yang paling baru juga mulai menjual produk obligasi pemerintah.

BACA JUGA: Cara Membeli Reksa Dana Di Bareksa Melalui Website Dan Aplikasi (Update 25/4/18)

Untuk yang ingin serius dalam reksa dana, Bareksa menyediakan paket layanan data yang didalamnya terdapat data historis reksa dana, saham dan obligasi, alat investasi, simulator reksa dana, evaluator, P/E band, matriks saham, dll

Bisa dibilang sebagai platform investasi yang lengkap, karena memberikan banyak pilihan investasi reksa dana dengan modal yang terjangkau.

Tanamduit

Tanamduit merupakan platform reksa dana online yang bisa dikatakan sama saja dengan Bareksa, karena sama-sama menawarkan reksa dana dan obligasi. Hanya saja, Tanamduit lebih mudah digunakan karena dalam memilih produk reksa dana, sudah dikategorikan sesuai dengan profil resiko, mulai dari Resiko Rendah, Resiko Menengah dan Resiko Tinggi.

Dengan dikategorikan seperti ini, nasabah bisa dengan mudah memilih reksa dana yang mereka inginkan tanpa repot sortir 4 jenis reksa dana yang bisa membingungkan investor reksa dana pemula.

tanamduit
tanamduit

Tanamduit juga menyediakan produk obligasi pemerintah yang bisa langsung dibeli salama masa penawarannya.

Yang paling saya suka dari Tanamduit, untuk loginnya sudah bisa menggunakan sidik jari, sehingga tidak perlu isi user dan password lagi.

Ajaib

Ajaib merupakan pemain baru sebagai platform investasi reksa dana online yang diluncurkan Februari 2019 silam.

Berbeda dengan Bereksa dan Tanamduit yang mengharuskan investor memilih reksa dana mereka sendiri, di Ajaib justru investor akan direkomendasikan produk investasi reksa dana yang cocok sesuai dengan profil resiko dan data pribadi lainnya.

Dengan teknologi yang mempelajari profil resiko nasabah yang didukung teori Harry Markowitz – 1990 Nobel Prize in Economics Focus: “Modern Portfolio Theory”, Ajaib akan mengalokasikan dana investasi ketiga jenis reksa dana, yaitu reksa dana saham, pendapatan tetap dan pasar uang.

ajaib

Menurut saya, Ajaib ini di peruntukan untuk investor pemula yang benar-benar serius ingin berinvestasi, karena minimal pembelian reksa dana online adalah Rp 400,000.

Bibit

Sebenarnya Bibit merupakan platform yang sudah lama berdiri pada 2017 lalu. Tapi karena diakusisi oleh perusahaan yang menaugi Stockbit, Bibit diperkenalkan kembali pada 15 Januari 2019 silam.

Sama halnya dengan Ajaib, Bibit menggunakan prinsip modern portfolio teori dari Harry Markowitz untuk mendapatkan alokasi optimal investor, sehingga investor tidak perlu lagi repot untuk memilih produk reksa dana mana yang harus mereka beli, karena semua akan dilakukan oleh robot pintar yang terdapat dalam aplikasi Bibit.

Bibit mengedepankan pada produk desain, visual dan user experience yang membuat investor lebih mudah dalam menggunakannya.

Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang? 1

Hebatnya lagi, pembukaan akun hanya membutuhkan waktu rata-rata 30 menit dan dapat langsung membeli produk reksa dana.

Bibit juga memberikan opsi investasi reksa dana syariah untuk nasabah yang nyaman dengan produk reksa dana syariah.

Saya sempat chating langsung dengan insider Bibit dan insider ini membocorkan bahwa dalam waktu dekat Bibit akan ada fitur baru berupa kemudahan pembayaran reksa dana, yaitu gratis biaya transfer dan instan tanpa perlu bukti konfirmasi.

Apa Marketplace reksa dana online terbaik?

Kita telah sampai pada poin terakhir dari artikel ini, yaitu untuk menentukan manakah platform reksa dana online terbaik?

Saya sudah punya jawabannya.

Setelah saya mencoba keempat platform investasi diatas, ada 2 platform yang sangat bagus menurut saya.

Karena keempat platform sama-sama menjual produk reksa dana, maka tentu secara umum keempat-empat sama. Tapi jika dikategorikan, Bareksa akan lebih cocok jika di adu dengan Tanamduit, sedangkan Ajaib cocok dibandingkan dengan Bibit.

BACA JUGA: Mengenal 4 Jenis Reksa Dana, Mana Yang Paling Cocok Dengan Anda?

Bareksa dan Tananduit masih menggunakan cara tradisional untuk menghubungkan investor dengan produk reksa dana. Meskipun pendaftaran dan pembeliannya sudah online tanpa pengiriman berkas fisik, tapi pemilihan reksa dana harus dilakukan sendiri oleh investor.

Investor memilih sendiri produk reksa dana yang ingin mereka beli di Bareksa dan Tanamduit.

Berbeda dengan Ajaib dan Bibit, telah menggunakan teknologi terbaru untuk memudahkan investor membeli reksa dana online.

Dari sisi keamanan, Tanamduit adalah marketplace yang paling aman, karena setiap kali masuk aplikasi harus login, sedangkan yang lainnya layaknya aplikasi social media biasa.

Bareksa VS Tanamduit

Dari segi jumlah produk yang dijual, jelas Tanamduit kalah jumlah dari Bareksa. Tapi untuk UI dan UX, Tanamduit lebih unggul, karena Tanamduit lebih mudah digunakan baik di desktop maupun aplikasi mobile.

Bareksa cocok untuk mereka yang sudah mengerti dan terbiasa investasi reksa dana. Produk yang ditawarkan sangat bervariasi dengan fitur-fitur menarik yang memudahkan investasi. Banyaknya jumlah produk reksa dana yang ditawarkan memberikan nilai lebih untuk Bareksa.

Tanamduit cocok untuk mereka yang sudah mengerti reksa dana, tapi tidak ingin repot memberi reksa dana, karena jumlah reksa dana yang tergolong masih sedikit. UI dan UX yang bagus menjadi nilai lebih untuk Tanamduit.

Dari perbandingan keduanya, saya pribadi memilih keduanya, karena kelebihan dan kekurangan keduanya saling melengkapi.

Ajaib VS Bibit

Kedua start-up ini secara garis besar hampir-hampir mirip, karena menggunakan metode yang sama dalam memberikan rekomendasi investasi untuk investor, yaitu dengan metode “Modern Portfolio Theory” milik Harry Markowitz.

Hanya saja, bedanya terdapat pada produk yang ditawarkan, layanan dan setoran awalnya.

Ajaib hanya menyediakan 3 produk reksa dana saja untuk saat ini, sehingga untuk pilihan reksa dana masih minim. Tapi menurut insider, produknya akan ditambah dalam waktu dekat.

Setoran awal yang dianjurkan oleh Ajaib juga lumayan besar, yaitu Rp 400,000. Tapi menurut saya ini masuk akal, karena menunjukkan keseriusan investor dalam berinvestasi.

Sedangkan di Bibit,