BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan AMP untuk kenyamanan pengguna mobile.

Agar terus dapat memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan kini kembali melakukan pembaharuan baru, setelah yang terakhir kali dilaksanakan pada Mei 2018 lalu dengan kode v5.4.1.

Pembaharuan kali ini bisa dibilang sebagai inovasi terbesar yang pernah dilakukan di blog irfan+ selama 2 tahun terakhir. Melalui pembahuran v6.0, irfan+ akan melangkah lebih jauh lain dari sebelumnya.

Untuk itu, pada artikel kali ini saya coba untuk menjabarkan major update yang terdapat pada irfan+ v6.0.

1. Perubahan tema dan arah tujuan blog

2 tahun yang lalu blog irfan+ hadir untuk memberikan edukasi investasi kepada para calon investor. Melalui tagline “A Lifestyle and Investing Blog“, blog irfan+ telah menerbitkan puluhan artikel investasi yang telah dibaca lebih dari 500,000+ kali.

Seiring berkembangnya konten diblog ini, saya berniat untuk merubah sedikit fokus blog ini, yang awalnya hanya menyajikan artikel investasi, kini juga menyedikan artikel hiburan dan lainnya.

Perubahan ini tentu tidak mengurangi porsi artikel saham yang saya tulis, tapi lebih kepada keseimbangan. Oleh karena itu, saya memakai tagline baru untuk memulai arah baru blog, yaitu “About Life and Work Balance“.

About Life and Work Balance adalah upaya saya untuk menyeimbangkan artikel di blog irfan+, karena hidup tidak selalu soal kerja dan uang, butuh sedikit di hiburan dan istirahat sejenak untuk meringangkan kepala.

Yang paling baru dari halaman awal blog irfan+ adalah hadirnya greenman sebagai maskot.

Greenman yang sedang berpose ala yoga mencoba untuk membuah banyak hal menjadi seimbang, antara kerja dan hiburan. Maskot ini menjadi gambaran arti dari tagline baru blog irfan+.

Logo baru sudah tentu, ini bertujuan untuk memberikan pandangan baru. Sebenarnya tidak ada yang berubah dari logo sekarang dengan logo lama, hanya saja ada penambahan + pada akhirnya.

Tujuan penambahan plus adalah untuk memberikan pandangan baru dan brand baru agar tidak sama dengan nama asli saya.

Dengan perubahan tema dan tagline ini, blog irfan+ menghadirkan kategori baru, yaitu Hiburan.

2. Halaman awal blog lebih fresh

Saya paling hobi mendesain ulang halaman awal blog. Tujuannya agar saya tidak mudah bosan untuk menulis dan ini juga sarana sebagai penyempurnaan UI blog.

Feed artikel dibuat lebih kompleks dengan menggabungkan tiga tap, Artikel Acak, Terpopuler, dan Artikel terbaru.

Funsi feed terbaru ini lebih flexible, karena pengguna dapat melihat artikel terpopuler dan terbaru secara bersamaan. Dengan hanya scroll down, pengguna dapat merasakan fitue infinity scroll.

3. New layout design

Perubahan yang paling terasa selanjutnya dari blog irfan+ adalah layout.

Terima kasih atas pembaharuan terbaru dari tema Newspaper, kini blog irfan+ dapat menerapkan desain layout yang lebih fresh.

Tidak hanya layout artikel, hampir semua jenis layout seperti fitur pencari, tanggal, kategori, tag, date dan banyak layoutnya juga diubah guna memberikan pengalaman terbaru bagi pembaca blog irfan+.

Layout artikel baru sesuai kebutuhan

Bagi kamu pembaca setia tentu tidak asing lagi dengan gaya layout dibawah ini.

Ya, layout diatas adalah gaya jamannya blog irfan+.

Untuk memenuhi keubutuhan dan variasi layout, blog irfan+ menghadirkan beberapa jenis layout yang dipakai dalam artikel.

  1. Layout general
  2. Layout review
  3. Layout foto

Layout artikel umum

Layout artikel foto

Layout kategori, date, search dan tag

Tak hanya layout artikel, layout kategori dan kawan-kawannya juga ikut diupdate untuk memberikan nuansa terbaru.

Halaman kategori

4. New font familly…. Apercu

Untuk memberikan rasa yang baru di blog irfan+, kini telah hadir font baru.

Apercu Family akan menggantikan peran Roboto Familiy yang telah menjadi font utama irfan+ selama 2 tahun terakhir.

Aperçu was started in December 2009, and was trialled & tested throughout a number of design commissions into 2010. The conceit behind Aperçu was to create a synopsis or amalgamation of classic realist typefaces: Johnston, Gill Sans, Neuzeit & Franklin Gothic. Becoming, a sum of parts, building upon its initial reference points to create an extensive and usable family.

 

Lihat changelog irfan+

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

269FansSuka
53PengikutMengikuti
208PengikutMengikuti

4 KOMENTAR

    • Hahaha ini artikel asik-asik aja… biar ada yang dipublish dikit.

      butuh formalitas untuk menciptakan blog profesional (apaan sih :D)

  1. Bakalan makin betah deh ini berkunjung ke blog ini. Saya juga punya ‘Big Update’ setelah empat tahunan di WordPress (gratisan), melirik Github Pages yang lebih.. menantang dan low distraction. Hehehe. Terus nulis ya! Tulisan Bung Irfan di blog ini bermanfaat sekali lho soalnya. 😀

    • Terima kasih Bung Arie atas feedback-nya, jadi semangat ngeblog terus ni.

      Kalau saya ke github cuma untuk ambil code doang hehehe.. maklum, user, bukan dev.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

#BuatKamu, Internet Untuk Semua

Siapa sih yang gak punya sosok inspiratif di dunia ini? Pasti semua punya dong! Coba saya tebak... Kebanyakan kita pasti memilik orang tua dan keluarga sebagai...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...