Search engine optimization atau biasa disebut SEO adalah proses mempengaruhi visibilitas situs atau blog sehingga lebih baik di mesin pencatian, seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencarian lainnya. Dengan SEO sebuah situs akan diuntungkan dengan jumlah visitor yang telur berdatangan, bagaimana tidak bila situs atau blog berada di halaman pertama Google sudah pasti diproritaskan oleh banyak orang. Karena sangat kecil kemungkina bagi seseorang untuk membuka halaman google lebih dari 2-3 halaman.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tips dan trik yang saya gunakan cara meningkatkan SEO blog sehingga ditempatkan dihalaman yang lebih baik lagi oleh google dan mesin pencarian lainnya.

Blog saya ini sendiri lumayanlah di mesin pencarian google, bila kamu mengetik “cara membukan aku BNI Sekuritas”, “Indramayu Kota budaya” “cara membuka akun Mandiri Sekuritas” akan muncul dihalaman pertama atau kedua google, lumyan lah buat blog yang masih berumur 7 bulan.

Oleh karena itu, saya ingin sedikit berbagi belajar SEO agar blog dihalaman pertama google dengan kaca pencarian unik. Namun tips dan trik SEO yang ingin saya bagikan tidak secara teknikal dan lebih ringan dan basic saja, jadi tidak susah untuk di aplikasikan. Berikut ini adalah cara meningkatkan SEO blog:

1. Tulisan unik dan berkarakter

Memiliki tulisan unik dan berkarakter merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah blog. Sebelum kamu memulai membuat blog atau situs sebaiknya berpikir matang-matang topi apa yang ingin kamu ambil sebagai bahan utama blog, misalnya seperti membuat blog tutorial, membuat blog traveling, membuat blog tentang masak, atau membuat blog lainnya yang sesuai dengan bidang kamu.

Ini dimaksudkan agar tulisan blog/situs yang kamu unik dan memiliki karakter yang disenangi google. Google sangat mencintai blog/situs yang fokus dan mengangkat topik atau tulisan yang unik. Dengan karakter inilah kamu akan diprioritaskan oleh google bila memiliki bobot artikel yang bernilai.

Blog saya ini lebih tergolong freestyle, jadi saya tidak terpaku untuk menulis topik tertentu namun lebih kepada sesuka suasana hati, kandang nulis tentang saham dan investasi, nulis tentang traveling juga, nulis tentang kpop juga (biar traffic kece haha) nulis untuk ikutan lomba.

Jadi intinya buatlah blogmu seunik meungkin dan memiliki arah yang jelas dalam penulisan agar hati mbah google senang dan menampatkan blog/situs kamu dihalaman pertama.

2. Keyword, memanfaatkan Google Adwords

Keyword atau artinya kata kunci merukapakan kata yang tidak asilng lagi didengar oleh para blogger. Kata kunci ini sangat penting dalam basic SEO karena inilah yang menentukan tulisan yang kamu tulis akan di baca orang atau tidak.

Nah.. untuk hal ini, kamu tidah perlu pusing untuk berpikit kata kunci apa yang sering dipakai oleh orang-orang untuk mencari keperluan mereka, karena kamu akan menggunakan Google Adwords secara gratis.

Misalnya saya kasih contoh kata kunci ‘baju batik’

Cara menggunakan Google Adwords gak susah-suah banget kok, ikuti proses berikut

  • Masuk adwords melalui akun gmail kamu.
  • Lihat menu utama, setelah itu pilih Tools>Keyword Planner
  • Kemudian pilih Search for new keyword and ad group ideas
  • Masukkan kata kunci ‘baju batik’ (tanpa tanda petik dua)
  • Lalu tentukan pilihan dengan mengisi kolom Targeting: Indonesia, Indonesian. Bisa disesuaikan dengan isi blog, kalaum banyak bahasa inggris boleh target secara global.
  • Klik Get ideas.

screencapture-adwords-google-ko-keywordplanner-home-1476845035988

Seperti yang kamu liat ditas bahwa kata kunci dengan ‘model baju batik’ paling banyak di cari oleh orang-orang. Dengan begini kamu dapat memasukkan 2-3 keyword tentang baju batik yang paling banyak dicari orang Gunakan seperlunya saja, karena terlalu banyak keyword jgua tidak bagus.

3. Meta judul dan deskripsi.

Meta judul dan deskripsi bisa dibilang yang laing ampuh untuk menempatkan blog di halaman pertama google. Karena bisanya bila orang mencari kata yang relevan dengan tulisan kita, artikel tersebut akan muncul dan keywordnya bersangkutan akan di bold oleh google.

seo

Seperti contoh diatas yang telah saya melingkari dan memberi tanda mana yang disebut Meta judul dan meta deskripsi.

4. Plugin SEO

Untuk melengkapi dan mempermudah dalam menulisan meta judul atau deskripsi kamu dapat menggunakan plugin SEO, ini berlaku untuk blog pengguna WordPress. Untuk plugin SEO yang paling populer dan sering digunakan blogger saat ini adalah SEO Yoast Plugin, dan All in SEO Pack Plugin. Namun yang menjadi catatan adalah kedua plugin ini tidak bisa berjalan bersamaan, jadi harus pilih salah satu plugin saja. Plugin yang saya gunakan adalah SEO Yoast seperti dibawah ini.

seo-bni

5. Permalink

Permalink adalah url blog. Default permalink biasanya (contoh) https://irfan.id/?p=123 sebaiknya diganti menjadi settingan /%postname%/ atau seperti blog saya /%category%/%postname%.html seperti ini: https://irfan.id/stock-market/cara-mendaftar-dan-trading-saham-melalui-bni-securities.html

Dengan begini, google akan mudah mengenal link yang berkaitan langsung dengan kata kunci yang dicari.

6. Optimasi gambar

7. Search Engine Submission

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.