Google Tag Manager mungkin bukanlah hal yang tabu lagi bagi mereka yang menekuni dunia marketing digital ataupun perusahaan jualan online. Karena Google Tag Manager merupakan salah satu produk Google yang digunakan untuk mempermudah para analysis pemasaran perusahaan untuk mengelola seluruh produk Google atau produk pihat ketiga lainnya, sebut saja Facebook Ads.

Jujur saja, saya sendiri baru kenal Google Tag Manager hari ini sesaat sebelum menulis artikel ini. Baru dengar juga ada produk Google yang seperti ini. Karena rasa penasaran, saya coba belajar tentang Google Tag Manager ini untuk saya implementasikan sendiri dan berbagi kepada yang lainnya agar juga dapat menggunakan Google Tag Manager.

Setelah keliling Google, akhirnya saya menemukan sebuah playlist video Youtube milik Measure School, yang menjelaskan secara detail apa sebenarnya Google Tag Manager dalam 7 video atau 7 bab pembahasan. Berikut ini video tersebut yang tersedia hanya dalam bahasa inggris.

Tetapi saya tidak memaksa kamu untuk menonton video diatas, jadi kamu bisa memilih ingin belajar tentang GTM melalui video atau membaca artikel yang saya buat. karena artikel ini sendiri akan memberikan kesimpulan dari apa yang ada dijelaskan dalam video diatas dalam bahasa indonesia.

Oke, mari pelajari lebih dalam tentang Google Tag Manager

Apa itu Google Tag Manager?

Sebelum saya menjelaskan apa itu GTM lebih dalam, kamu harus mengubah mindset terlebih dahulu. Tag yang dimaksud disini bukanlan Tag yang terdapat pada Blogger atau WordPress, melainkan Tag sebuah code yang biasa diberikan Google atau pihak ketiga lainnya untuk di tempel pada HTML website.

Google Tag Manager adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh Google pada tahun 2013 lalu yang bertujuan untuk mempermudah tim pemasaran sebuah perusahaan untuk dalam mengelola produk Google yang dipakai dan produk pihak ketiga lainnya dalam satu akun. Google Tag Manager ini sangat baik digunakan untuk perusahaan online dan perusahaan komersial lainnya guna melacak aktifitas klik penggunanya.

6 KOMENTAR

  1. saya masih belum mengerti dengan google TAG manager, terus fungsi SEO nya apa? dan penggunaan ya apa? tolong di buat lebih detail mas artikel nya

    • web untuk: blog
      ios: untuk aplikasi ios
      android: untuk aplikasi android
      amp: untuk blog yang support amp

      jika kamu mau daftar buat blog kamu, pilih web, kemudian daftar lagi pilih amp (dengan mendaftarkan url beranda (home) amp kamu)

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.