Tak terasa berlalu sudah masa-masa sulit saat kuliah dan kini saya secara resmi menjadi seorang sarjana S1. Pendidikan yang saya tempuh adalah fakultas bisnis dengan mengambil jurusan administrasi bisnis di salah satu universitas swasta ternama di Indonesia, President University.

Baru sekitar July 2017 lalu saya wisuda dan akhirnya bertitle Muhammad Irfan ,B.B.A. dengan kepanjangan gelar Bechelor of Business Administration atau dalam bahasa indonesian ,S.A.B. Saya dapat menggunakan kedua gelar tersebut baik dalam bahasa inggris atau bahasa indonesia karena ijazahnya memang ada dua bahasa. Tapi, tetap lebih prefer yang bahasa inggris.

Ijazah bahasa inggris

Keberhasilan ini adalah berkat kuasa Allah SWT yang memberikan saya kemudahan untuk mewujudkan cita-cita kedua orang tua saya untuk meraih gelar S1. tak lupa pula ini juga berkat teman-teman saya semua semasa kuliah dulu yang memberikan dukungan hingga saya lulus.

Jujur saja, sebenarnya saya tidak terlalu eurofia saat mendapatkan gelar ini, karena sebenarnya pertualangan yang sesungguhnya adalah setelah lulus S1.

Saya paham betul bahwa gelar sarja bukanlah segalanya, karena yang mentukan kesuksesan adalah dari usaha setelah tali di topi saat wisuda di geser.

Sehingga kini timbul pertanyaan dalam diri saya. Now what?

Kemana saya akan melangkah setelah ini?

Mengenai spekulasi masa depan saya memiliki banyak opsi. Selain menyandang gelar Bisnis, sebenarnya saya juga menguasai beberapa keahlian yang saya pelajari secara otodidik yaitu, desain, developing web dan beberapa ilmu dalam investasi.

Akibat banyaknya keahlian dan ketertarikan saya pada bidang pekerjaan membuat saya bingung ingin bekerja dimana. Disatu sisi saya ingin bekerja sesuai bidang saya sebagai business development karena saya suka sekali dalam membuat trobosan baru dalam perusahaan. disisi lainnya saya juga suka desain grafis dan web design yang memberikan saya kemudahan untuk melakukan perkerjaan seorang IT untuk membuat pesanan dalam bentuk apapun dan dilain sisinya lagi saya juga suka dengan dunia investasi khususnya saham dan reksa dana yang memberikan saya peluang untuk bekerja di perusahaan investasi.

itulah sebabnya dari sejak saya lulu bulan july lalu sampa saat artikel ini diterbitkan, saya belum menentukan perkerjaan impian saya.

Namun, melihat umur yang semakin tua dan 2018 akan datang dalam beberapa hari kedepan, saya kana menuliskan beberapa target saya untuk 2018, berikut ulasannya.

  1. Ingin kuliah S2 MBA

walaupun sedikit malas dan tidak tertarik lagi, lubuk hati saya yang paling kecil masih berbisik kepada saya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang S2 MBA.

Oleh karena itu, saya sudah punya sasarannya setelah berpikir keras sebulan terakhir. Saya berencana ingin mengambil kuliah di Korea Selatan (akibat efek kpop) dengan jalur beasiswa KGSP atau LPDP yang akan dibukan Februari 2018. Jadi, saat ini saya sedang mempersiapkan diri untuk mengambil tes TOEFL dan lebih serius belajar bahasa korea setelah fakum belajar 3 bulan.

2. Mengembangkan startup yang sudah terbengkalai bertahun-tahun

Fokus saya pada 2018 juga memasukkan startup pariwisata yang saya bangun dulu untuk lebih dikembangkan dengan membuat sebuat bada usaha dalam bentuk CV atau PT nantinya dar lebih serius.

3. Bekerja di perusahaan sekuritas

Kecintaan saya pada dunia investasi kini mulai mendalam setelah sebelumnya bekerja di Mandiri Investasi pada tahun 2016 lalu. Saya rencananya akan fokus pada investasi berbasis syariah mengingat saat ini banyak komunitas yang mengenjot implementasi investasi dengan sistem syariah yang dianggap lebih baik dunia akhirat.

4. Jadi PNS

Jadi PNS adalah pilihat terakhir saya, mengingat wakil presiden kita Pak JK juga mengingatkan kalau bisa lulusan sekarang jangan melulu pikir jadi PNS.

Tapi menurut saya tidak ada salahnya untuk melirik peluang jadi PNS, mengingat keluarga besar saya punya track record PNS semua.

5. Jadi Pengusaha

Menempatkan jadi pengusaha di urutasn terakhir wishlist saya bukanlah sebuah kehendak, tapi ini lebih rasional, karena yang bisnis yang ingin saya jalankan adalah bisnis yang supply dan demand kuat, merupakan produk yang selalu dicari orang masyarakat.

Maka oleh karena itu pada sidang akhir kuliah dulu saya memilih mengambil tugas akhir business plan dengan bisnis foks ayam pertelur yang menjadikan sidang saya tersebut bernilai A.

skripsi kebanggan karena dapan nilai A.. hehehe

Bisnis ayam pertelur yang saya buat membutuhkan modal yang besar hingga 500 juta, sehingga tidak mungkin untuk diwujudkan sekarang. Tapi, saya bertekat kelak bisnis ini akan saya buat dengan menunggu tabungan besar dulu.

Nahh.. itulah sekitarnya beberapa program yang ingin saya jalankan saat 2018 kelak, semoga salah satunya ada yang nyangkut.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.