Kpop

Dunia Kpop sudah tekenal lebih dari puluhan tahun sejak pertama kali booming oleh Girlband generasi pertama SES dan generasi ke-2 Girls Generation. Pada saat itu pula para penggemar kpop pun terus meluas dan menjamur di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Namun, faktanya menjadi Kpopers itu ternyata tidaklah mudah, ada beberapa rintangan dan tantangan yang harus dilewati agar termasuk dalam golongan kpopers yang hakiki. Berikut adalah beberapa poin yang membuat jadi Kpopers itu tidaklah mudah:

1. Uang Bakalan Habis Buat Beli Album dan Goods Atau Tiket Konser

Bukan rahasia lagai kalau penggemar Kpop itu akan menghabiskan uang hingga jutaan rupiah untuk membeli dan mengkoleksi album-album dan aksesoris asli dari Boyband atau Girlband yang di sukainnya. Gak usah ngemongin beli “Year Season Greating”, beli album aja udah 200ribuan.

#GG #snsd #girlsgeneration

A post shared by Muhammad Irfan (@irfansaflawi) on

Belum lagi kalau ada kontes tour world wide yang memungkinkan mereka datang langsung ke Indonesia misalnya. Untuk membeli tiket yang paling nyaman bisa menghabiskan 1,5juta.

2. Tidak Mengerti Bahasa Korea (Wajib Belajar Bahasa Korea)

Apa lagi yang satu ini, belajar bahasa inggris di sekolah ada udah malas-malasan, bahasa korea apa kabar?

Lirik-lirik dan sapaan pada idola yang menggunakan bahasa mereka sendiri mengharuskan penggemar untuk mengerti bahasa korea, kalau tidak.. Yaaa gak ngerti apa-apa yang mereka katakan.

Jadi, gak heran kenapa les-les bahasa korea mungkin juga dipenuhi oleh para penggemar kpop yang mencoba belajar bahasa korea agar mereka mengerti apa yang idolanya katakan.

Syukurnya saya tidak terlalu polos dalam bahasa korea. Pengalaman lebih dari 6 tahun dalam dunia kpop membuat saya mengerti beberapa kata dan kalimat dalam bahasa korea, plus saya juga jadi bisa baca hangul juga. Yaaa.. lumayan lah buat nambah bahasa baru yang dapat dikuasai.

3. Bisa Bahasa Inggris Adalah Hal Yang Wajib

Gak mampu belajar bahasa korea? setidaknya kamu harus bisa bahasa inggris agar bisa menjadi fans di jalur yang benar. Karena untuk bisa menjadi kpopers yang baik dan benar adalah dengan mahir berbahasa inggris agar dapat bergabung dalam forum kpop internasional.

Setidaknya kalau bisa bahasa inggris kamu bisa menerima informasi terbaru tentang kpop langsung dari sumber terpercaya seperti Soompi, Koreanboo atau Allkpop. Karena kalau nunggu yang bahasa indonesia, pasti lama karena tidak banyak juga yang mau translate ke bahasa indonesia, kecuali fans hardcore.

Salah satu forum kpop internasional yang saya daftar adalah OneHallyu, lumayan biar bisa berinteraksi dengan kpopers secara global.

4. Disk Space Gadget Bakalan Penuh Dengan Foto, MV dan Reality Show Idola

Percaya atau tidak, disk space para kpopers pasti akan penuh dengan dunia kpop hingga berpuluh-puluh GB. Pada umumnya biasa kpopers akan menyimpan file-file seperti MV dan Reality Show yang ada biasnya agar bisa di tonton berkali-kali.

Belum lagi kalau di cek galeri kpopers biasanya akan ada banyak foto biasnya. Malahan ada juga yang pasang DP, Wallpeper dan Screen lock dengan foto artik Kpop.

5. Nunggu Bias Comeback Seperti Nunggu Gajian

Comeback adalah istilah yang biasa dipakai dalam dunia Kpop untuk menguatakan kembalinya sang idola dengan album terbarunya. Pada umumnya comeback sebuah group akan terjadi 3 kali setahun bagi rookie group yang sedang mencari popularitas, 2 kali setahun bagi yang usia groupnya antara 3-5 tahun, 1 tahun sekali bagi group yang berusia 5- 7 tahun, dan ada group yang gak bisa ditebak kapan comebacknya (biasa para group lagend).Nah… comeback inilah yang biasa dinanti-nantikan para fans seperti nunggu gajian, agar dapat mendengarkan lagu terbaru dan membeli aksesoris-aksesoris baru milik idolanya.

6. Setiap Hari Kepoin Berita Gosip Seputar Kpop Biar Kekinian

Semua kpopers pasti mempunyai referensi masing-masing untuk kepoin berita-berita hangat dari Korea. Tidak sedikit kpopers yang kerjaanya ngefollow situs berita kpop seperti Soompi, Koreanboo dan Allkpop agar selalu update berika artis Kpop.

Ketika yang lain sibuk ngurusin masalah peran dunia, para kpopers hanya peduli semua tentang idolanya.

7. Lelahnya Menghadapi Haters

Saya rasa bukan hanya di dunia Kpop, semua jenis musik pun pasti ada pembencinya atau disebut haters. Haters ini kerjaanya cuma menjelek-jelekkan sebuat group dan kamu sebagai fansnya tentu tidak akan terima bila ada haters yang memojokkan idola kamu. Dengan sigap kamu pasti akan membela idola kamu hingga menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari hanya untuk meladeni perkataan dari sang haters.

8. Mudah Masuk Tapi Susah Keluar

Ada yang suka Kpop karena pengaruh teman? Selamat, kamu termasuk orang yang mudah untuk suka Kpop. Tapi perlu diingat, untuk keluar dari dunia Kpop itu tidak mudah. Saya adalah termasuk orang gagal move on yang ingin keluar dari dunia Kpop.

Karena bagaimana manapun semua kita akan tumbuh dewasa dan ada hal lain yang lebih penting untuk diurus ketimbang mikirin bias. Jadi, kalau yang sudah terlanjur suka Kpop mungkin akan bertahan dalam waktu yang lama sampai biasnya bubar atau kerena hal lainnya.

Butuh tutorial agar bisa pensiun fangirling? baca disini

Kira-kira itulah hal-hal yang bakal dialami oleh Kpopers dan membuat menjadi Kpopers itu bukanlah hal yang mudah. Apakah kamu termasuk Kpopers juga?

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.