Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Saham 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Lagi Menunda Untuk Investasi Saham

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Lagi Menunda Untuk Investasi Saham

Siapapun bisa mulai berinvestasi saham, mulai dari pelajar hingga pensiunan

Pilihan Editor

100% Siap Jalankan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Untuk Ekonomi Aceh Lebih Baik

Pada 31 Desember 2018 silam, pemerintah Aceh resmi menerapkan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS), sebagai trobosan...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Belajar Membuat Perencanaan Keuangan Di Usia Muda Dan Pentingnya Berasuransi

Usia muda merupakan usia keemasan dalam hidup manusia. Saat muda kita dapat melakukan apapun tanpa harus merasa takut gagal, baik dalam karir ataupun sekedar...

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Lagi Menunda Untuk Investasi Saham

Siapapun bisa mulai berinvestasi saham, mulai dari pelajar hingga pensiunan

1. Modal investasi saham mulai dari Rp.5,000

Apa yang ada di benak orang awal saat mendengar investasi saham? Pasti ada yang berpikir bahwa investasi saham hanyalah untuk orang kaya, itu salah besar. Investasi saham dapat dilakukan oleh siapapun baik yang kaya maupun yang masih dapat uang saku dari orang tua.

- Iklan -

Mungkin Anda berpikir bahwa akan dihantui oleh besarnya setoran awal saat mulai berinvestasi. Tapi fakta kini banyak sekuritas yang memberikan kemudahan untuk calon investor saham agar dapat membuka akun efek hanya dengan modal yang kecil.

Contohnya saja Anda dapat berinvestasi saham melalui IndoPremier. Sekuritas yang satu ini memberikan kemudahan pada calon nasabahnya untuk berinvestasi tanpa membebani setoran awal, Anda bebas untuk mulai berinvestasi berapa pun bahkan Rp.5,000 (1 lot saham harga 50 rupiah). Tapi ingat, anda juga tidak boleh membeli saham yang harganya Rp 50, karena saat itu biasa sedang tidur dan cenderung tidak liquid. Sekurang-kurangnya anda mulai berinvestasi baiknya Rp 100.000.

Jadi, buang jauh-jauh pikiran anda yang mengatakan investasi saham itu mahal.

2. Siapapun bisa berinvestasi saham tanpa harus punya NPWP

Modal investasinya saja sudah murah, tentu yang dapat menjadi investor bisa siapa saja. Jaman sekarang, untuk menjadi seorang investor hanya butuh KTP saja.

Siapa yang sudah mulai memiliki KTP? Itu adalah mereka yang sudah beranjak umur 17 tahun. Ini artinya, mereka yang masih sekolah duduk dibangku SMA sudah bisa mendaftar menjadi investor saham.

Pada umumnya, calon investor saham diberikan syarat untuk memilik KTP dan NPWP, tapi hanya syarat memiliki KTP yang wajib. Bila anda tidak memiliki NPWP tidak perlu khawatir, anda tetap bisa mendaftarkan diri sebagai investor saham dengan melengkapi diri dengan “Surat Pernyataan Tidak Memiliki NPWP”.

Surat pernyataan itu nantinya sudah di sediakan oleh sekuritas terkait tempat anda mendaftar.

Jadi, bagi siswa SMA, Mahasiswa, Freelance, Ibu Rumah Tangga dan pekerjaan lainnya yang tidak membutuhkan NPWP tetap bisa menjadi investor saham.

3. Mudahnya buka akun saham di sekuritas secara online

Untuk menjadi investor saham, pada umumnya anda akan mengunjungi sekuritas yang ada di daerah domisili anda. Lalu, bagaimana bila di daerah anda ternyata tidak ada sekuritasnya? Apakah masih bisa mendaftar? Tentu bisa.

Saat ini sudah banyak sekuritas yang memberikan fasilitas pendaftaran online tanpa harus repot-repot ke sekuritas langsung. Hanya saja, pendaftaran ini tidak sepraktis belanja online yang tinggal klik, klik dan klik.

Sesuai dengan aturan tentang investasi saham, walaupun anda melakukan pendaftaran online, maka data-data tersebut harus tetap di bubuhi materai dan tanda tangan calon investor.

Oleh karena itu, saat anda melakukan pendaftaran online, maka setelah menyelesaikan semua form secara online, maka nanti data tersebut akan dikirikan ke email anda. Saat data sudah sampai di email, yang anda lakukan adalah mencetak semua dokumen tersebut, lalu lengkapi dengan paraf, tanda tangan dan materai di tempat yang sudah disediakan.

Langkah terakhir, setelah melengkapi dokumen formulir online tersebut dengan tanda tangan dan materai, maka yang anda lakukan selanjutnya adalah memasukannya kedalam berkas dokumen bersamaan dengan foto kopi KTP, foto kopi halaman depan tabungan dan foto kopi NPWP (jika ada). Kirimkan berkas tersebut ke alamat sekuritas yang sudah dikirimkan ke email.

Sangat mudah bukan?

4. Belajar investasi kini bisa lebih mudah di Sekolah Pasar Modal

Sudah mendaftar akun di sekuritas dan modalnya juga sudah ada, tapi tidak tahu cara investasinya? Tenang saja.

Kini belajar investasi lebih mudah karena ada Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan langsung oleh BEI. Di SPM anda akan diajarkan dari awal mulai dari pengertian investasi saham hingga praktik langsung cara membeli saham langsung dari ahlinya.

Bila anda berniat untuk mengikuti SPM, cukup mendaftar di situs resminya dengan memilih kota, serta jadwalnya ke https://sekolahpasarmodal.idx.co.id. Saat ini SPM sudah tersebar di 28 Kota di seluruh Indonesia, lihat lebih lengkapi kantor cabang BEI.

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Lagi Menunda Untuk Investasi Saham 1Khusus anda yang ingin ikut SPM, sebaiknya tidak perlu mendaftar sekuritas dulu. Karena saat mengikuti SPM, anda akan didaftarkan langsung ke sekuritas penyelenggara dengan modal hanya Rp 100.000 (uang tersebut akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM/SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham)).

5. Mentor investasi saham ada banyak

Masih kurang setelah ikut SPM? Anda juga bisa minta bantuan untuk memahami investasi saham dengan bergabung ke group-group saham. Group saham itu banyak sekali, ada yang berbentuk situs seperti stockbit.com, ada group Facebook juga, hingga group WA.

Anda bisa dengan mudah mencari group-group tersebut di Google, saya yakin mereka dapat membantu anda.

Baca Juga: Ingin Nambah Teman Dan Ilmu Saham? Yuk Gabung Ke Komunitas-Komunitas Saham Ini

Kalau pun mau belajar mandiri juga bisa membeli buku-buku tentang saham. Saya sangat merekomendasi anda untuk membeli buku-buku Ellen May.

Untuk cara pintasnya, anda juga bisa langsung bertanya kepada saya tentang investasi saham melalui email ke: halo@irfan.id. Dengan senang hati saya akan membantu anda untuk mulai berinvestasi saham sesuai kemampuan yang saya miliki.

Bagaimana, sudah tidak ada lagi alasan untuk menunda investasi saham, bukan? Ayo mulai daftarkan diri anda di sekuritas terdekat.

 

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

100% Siap Jalankan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Untuk Ekonomi Aceh Lebih Baik

Pada 31 Desember 2018 silam, pemerintah Aceh resmi menerapkan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS), sebagai trobosan...

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Beberapa bulan terakhir hati saya sedang berbunga-bunga..Bukan karena penghasilan Google Adsense meningkat atau cuan investasi, tapi sebuah...

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.Berikut...

Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan pinjaman dana tunai tidak mengherankan jika banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tawaran...

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi....

3 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu